Cara Membuat Kaldu Ayam Sedap dari Nol

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Mei 7, 2018

Kalau ada satu hal paling penting di dapur yang bakal selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu — itulah air kaldu. Berdasarkan pengalaman teman-teman yang setiap hari memasak, pasti ada saja masakan yang membutuhkan air kaldu, terutama kaldu ayam. Supaya pondasi keterampilan masakmu makin kuat, kali ini kita sama-sama pelajari saja cara membuat kaldu ayam.

Memang yang namanya kaldu ayam jaman now nggak pakai ribet lagi untuk dibuat. Adanya produk berkualitas seperti Royco Kaldu Ayam menjadikan semuanya lebih praktis dan cepat. Lumayan lho untuk menghemat waktu dan tenaga yang kita kerahkan di dapur. Nah, sebelum kamu menggunakan jalan pintas Royco Kaldu Ayamada baiknya kamu juga perlu tahu cara membuat kaldu ayam dari nol.

Pembuatan kaldu tidak hanya bermodalkan ayam berkualitas, karena perlu juga ditambahi dengan berbagai bumbu dan sayuran — semuanya sebenarnya tergantung ketersediaan dan kesabaran kita untuk mengolah bahan-bahan tersebut. Setelah matang, stok kaldu bisa kita simpan di kulkas dan dapat dipakai kapan saja. Tahu sendiri kan kalau masakan Indonesia sering membutuhkan kaldu, misalnya Bubur Ayam atau Sup Ayam Bening.

Sekarang simak saja cara yang mudah untuk membuat kaldu ayam dari nol, di dapurmu sendiri.

1. Pilih bagian ayam sesuai dana dan selera

cara membuat kaldu ayam
Sayap adalah salah satu bagian ayam yang cocok sekali dijadikan kaldu. (Foto: Shutterstock)

Bagian ayam mana yang akan kita rebus menjadi kaldu biasanya tidak jadi masalah, bahkan bagi mereka yang sudah sering masak sekalipun. Ada yang memilih bagian paling murah, ada yang menggunakan ceker ayam, atau bahkan dada ayam.

Meski begitu, hasilnya tentu akan berbeda. Kaldu yang dihasilkan dari dada ayam akan menghasilkan rasa ayam yang intens sekaligus lebih bersih dibandingkan bagian ayam lainnya — biarpun secara bobot, rasa kuahnya masih terasa lebih ringan daripada kalau menggunakan sayap atau paha.

Jadi, selain menggunakan dada ayam, kami sarankan kamu untuk mencoba juga menggunakan sayap karena bobotnya lebih intens dibandingkan dada dan rasanya lebih seimbang. Dari segi harga, sayap ayam juga lebih ramah di kantong alias lebih murah dari dada ayam.

2. Masukkan sayuran aromatik

cara membuat kaldu ayam
Selain ayam, tambahkan sayuran agar kaldu lebih wangi dan tentunya lezat. (Foto: Shutterstock)

Terkadang ada saja saatnya kita menemukan rasa kaldu yang sedikit amis. Wajar, mengingat kalau makan ayam atau ikan di restoran saja kadang kita menemukan hal-hal seperti ini. Salah satu cara untuk menjadikan kaldu wangi dan juga menjadi lebih lezat adalah dengan menambahkan sayuran aromatik.

Nah, bahan-bahan yang kita tambahkan sebenarnya tidak perlu macam-macam, kok. Cukup masukkan beberapa potongan bawang bombay, daun bawang, dan wortel. Tambahan aroma bisa juga didapatkan dari jahe, peterseli atau serai, dan daun jeruk. Kalau kamu ingin menambahkan daun seledri, usahakan jangan terlalu banyak karena ini bisa menjadikan aromanya terlalu kuat.

3. Masak dengan api kecil

Beragam masakan saja akan menjadi lebih nikmat hasilnya bila dimasak lebih lama dengan api kecil. Begitupun dengan kaldu — usahakan kamu memasaknya selama cukup lama dalam keadaan panci tertutup. Mengingat penggunaan kaldu ayam ini akan bermanfaat dalam jangka cukup panjang, sedikit tambahan beban listrik atau gas tentu sebanding, bukan?

Lama memasaknya kurang lebih bisa sekitar 2 jam. Jangan terlalu sebentar atau pun terlalu lama. Kuncinya adalah selalu mencicipi dari waktu ke waktu hingga kamu mendapatkan rasa maksimal yang kamu inginkan.

4. Cara menyimpan kaldu ayam

Karena banyaknya variasi cara membuat kaldu ayam, banyak juga yang berpendapat kalau ayam sebaiknya direbus atau dipanggang terlebih dahulu agar kaldu nanti menjadi lebih bersih. Sebetulnya tidak harus demikian, karena pada saat memasaknya, kita masih bisa menyaring lemak-lemak ayam yang mengapung.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan lada butiran untuk tambahan rasa yang lebih mantap. Bumbu-bumbu lain sebetulnya opsional, karena rasa dari kaldu itu sendiri sebetulnya sudah cukup kaya. Setelah kaldu ayam jadi, kamu bisa menyimpannya dalam suhu normal kulkas jika ingin digunakan dalam dua atau tiga hari ke depan. Tapi, kalau kamu ingin menggunakannya lebih lama lagi, sebaiknya simpan di dalam freezer, supaya kaldu bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan.

Kira-kira ini yang bisa Tim MAHI bagikan seputar cara membuat kaldu ayam yang cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Kalau kamu ada saran-saran atau gaya membuat kaldu yang berbeda, jangan lupa share ke kami, ya. Siapa tahu kamu juga punya tips lain yang bisa kami coba di lain waktu. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.