Resep Ayam Saus Mentega Penggugah Selera Makan

Resep ayam saus mentega adalah satu masakan yang cepat dibuatnya dan hasilnya dijamin enak. Ayo disimak videonya dan segera bersiap masak hari ini!

1jam
2 Porsi
Mudah
Wina|Mei 30, 2018

Selalu ada pertanyaan menarik untuk resep apapun yang berhubungan dengan mentega. Biasanya pertanyaan itu dimulai dari apa beda mentega dan margarin. Benarkah ada bedanya? Aku yakin rata-rata akan menjawab dengan nada serupa — yaitu bahwa di antara keduanya tidak ada perbedaan. Padahal, dari nama resep ayam saus mentega saja sudah spesifik apa yang bakal dipakai.

Awalnya aku berpikir kalau keduanya tidak berbeda dan hal ini ternyata salah besar, teman-teman. Nah, jadi apa bedanya, dong? Meskipun tujuan masaknya mirip, tapi perbedaan keduanya sangat mendasar — yaitu asal-usulnya.

Mentega, atau disebut butter dalam Bahasa Inggris, berasal dari susu sapi atau krim — meskipun susu dari berbagai hewan lainnya seperti kambing, kerbau, atau bahkan yak juga bisa dibuat menjadi mentega. Selain warnanya yang biasanya sedikit lebih gelap dibandingkan margarin, mentega memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Sementara lawannya alih-alih menggunakan susu hewan, bahan dasarnya justru adalah minyak nabati. Selain itu margarin juga mengandung garam, air, dan terkadang ada kandungan susunya juga. Bicara soal rasa, mentega jauh lebih sedap daripada margarin. Begitupun tentu secara harga, mentega pastinya lebih mahal.

Singkat kata, selain karena namanya, aku sarankan penggunaan mentega agar hasilnya jauh lebih memuaskan. Memang ongkos belanja sedikit lebih mahal, tapi dengan berinvestasi di mentega yang bagus justru kualitas makanan di rumah akan meningkat juga. Ini berbicara tidak hanya ketika kita memasak ayam goreng mentega ini saja, tapi juga untuk berbagai masakan lainnya. Maka tidak heran kalau ada peribahasa, “Everything is better with butter.”

Resep ayam goreng mentega ini begitu mudah adanya. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menggoreng ayamnya terlebih dahulu hingga renyah kemudian memasak saus menteganya. Terakhir, keduanya ini hanya perlu disatukan saja agar semua bumbu dan saus meresap. Jangan lupa tentunya — kecap manis!

Tidak perlu terlalu lama memasaknya, tapi hasilnya kamu akan mendapatkan ayam goreng yang terbumbui dengan baik dan tidak perlu dimarinasi secara tradisional seperti biasanya. Mudah bukan resep ayam saus mentega yang satu ini? Jangan lupa coba resep-resep yang lain ya!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk

Bahan utama

  • 300 g dada ayam, potong 6 bagian
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • minyak sayur

Bahan saus mentega

  • 3 sdm mentega
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 1 sdt kecap asin
  • ¼ sdt lada putih bubuk

Cara membuat

resep ayam saus mentega
1

Dalam mangkuk, lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis. Lalu, tambahkan bawang putih dan garam. Aduk hingga  rata dan diamkan selama 10 menit.

resep ayam saus mentega
2

Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng ayam sampai matang dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

resep ayam saus mentega
3

Selanjutnya, tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum dan sedikit layu.

resep ayam saus mentega
4

Tambahkan mentega, Kecap Manis Bango, kecap Inggris, kecap asin, dan lada putih bubuk. Aduk hingga tercampur rata.

resep ayam saus mentega
5

Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan yang berisi saus mentega, lalu aduk rata dan masak hingga bumbu meresap.

resep ayam saus mentega
6

Ayam saus mentega siap untuk disajikan. Tambahkan lagi Kecap Manis Bango sesuai selera.

Apapun yang kita masak di dapur sendiri berasal dari jerih payah dan niat tulus kita untuk menghidangkan makanan, baik untuk diri sendiri maupun seluruh keluarga. Ini sebabnya masakan yang dimasak ibu kita dulu terasa lebih nikmat dibandingkan beli di restoran.

Resep ayam goreng mentega ini bisa menjadi resep jagoanmu saat ini, dan kelak menjadi sebuah resep kesukaan sang anak penerus tradisi masak kita di dapur. Yuk, kita belanja bahan-bahannya!