Resep Cap Cay Goreng Jawa, Dari Dapur Peranakan dengan Cita Rasa Khas Jawa

Simpan ke bagian favorit

Selipkan menu cap cay goreng ke dalam rencana menu mingguan kamu. Kaya sayuran dan bikin kebutuhan serat kamu terpenuhi. Coba yuk resepnya!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Januari 15, 2020

Cap cay goreng Jawa atau yang juga populer dengan sebutan Cap Jae memang sangat populer kalau kamu mampir di kedai bakmi Jawa. Kehadiran menu makanan rumahan yang ditumis dalam wajan atau wok ini terinspirasi dari peranakan Cina di tanah Yogyakarta.

Ada yang menyebut, cap cay dalam peranakan Cina berarti 10 sayuran. Dalam hidangannya, harus ada sepuluh macam sayur yang diracik bersama. Namun, ada pula yang mengartikan cap cay sebagai “aneka sayuran”. Jadi, tak perlu ada sepuluh jenis sayuran, tapi cukup masukkan beberapa jenis sayuran di dalamnya.

Perbedaan Cay Cay Goreng Versi Jawa

Meski terinspirasi dari peranakan Cina, Cap cay tidak populer di Tiongkok. Olahan ini memang dikenalkan oleh keturunan Cina di Indonesia. Tak heran, jika cap cay kemungkinan dikreasikan oleh bangsa kita dan menjadi sajian yang berbeda-beda. Misalnya saja capcay goreng Jawa ini.

Kalau cap cay versi Cina sangat kental dengan cita rasa bawang putih, maka cap cay versi Jawa memberi sentuhan yang khas, yakni dengan kecap manis. Cap cay goreng ini biasanya dijajakan bersama aneka hidangan lain seperti bakmi godok, nasi goreng, magelangan, dan rica jawa.

Populer di Yogyakarta, cap cay juga terdiri dari aneka sayuran dan disajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng. Sayuran tumis versi Jawa ini hampir tidak berkuah atau cenderung hanya basah saja.

Memilih Cap Cay Goreng Sebagai Menu Makanan Rumahan

Meski tak sedikit warung tenda yang menjual cap cay, sajian ini sebenarnya tak sulit untuk dibuat sendiri di rumah. Untukmu yang sedang belajar memasak dan sedang mengumpulkan daftar menu makanan rumahan lezat, cap cay goreng bisa jadi pilihan tepat.

Agar rasanya lebih mantap, berikut adalah trik mengolah cap cay dari tim MAHI.

1. Pilih Sayuran yang Segar.

Pilih sayuran segar seperti wortel, sawi, kembang kol, dan jagung muda sebagai bahan-bahannya. Kalau suka, kamu juga bisa menambahkan variasi jamur-jamuran ke dalamnya.

2. Variasikan Proteinnya

Bukan hanya itu, kamu pun bisa memvariasikan bahan proteinnya, misalnya dengan potongan daging sapi has dalam, udang, ikan, atau cumi. Nah, pastikan daging-dagingan itu matang sempurna. Masing-masing protein hewani ini punya berbeda waktu matangnya. Misalnya saja cumi yang justru tidak bisa terlalu lama diolah karena teksturnya bisa jadi keras dan alot seperti karet. Beda lagi dengan daging sapi yang mungkin membutuhkan waktu agar lebih empuk.

3. Cuci Bersih Sayuran

Cuci bersih sayuran dengan air mengalir demi memastikan tidak adanya kotoran yang tertinggal. Tiriskan dalam saringan atau colander untuk supaya kandungan air sisa mencuci tak ikut serta ke dalam tumisan. Jadikan cap cay goreng ini sebagai sayuran andalan harian sekaligus untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu.

4. Atur Api Besar dan Api Sedang

Ingin sayuran dalam cap cay gorengmu tetap renyah? Mengatur api kompor jadi kuncinya. Hindari menyalakan api kecil, karena akan membuat sayuran menjadi lebih lembek. Gunakan api sedang saat memasak sayuran seperti jagung, wortel, dan kembang kol. Gunakan api besar, ketika memasukkan brokoli, kol, dan sawi hijau agar sayuran tersebut cepat matang tapi masih renyah.

5. Gunakan Maizena

Poin terakhir khusus untukmu yang ingin membuat capcay tumis atau capcay kuah. Agar kuahnya kental, kamu bisa larutkan sedikit air maizena ke dalam olahan. Takarannya sekitar 2 sendok makan, tergantung porsi cap cay yang kamu buat.

Nah, dengan tips di atas, menu makanan rumahan jadi seperti menu restoran! Yuk kita coba resep berikut ini!

 

 

Bahan-bahan

Bahan

  • 100 g fillet daging ayam, potong kotak 2 cm
  • 100 g wortel, potong serong
  • 50 g kembang kol
  • 50 g jagung muda, potong serong
  • 2 batang sawi hijau, potong 2 cm
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm saus tomat botolan
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 4 sdm air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
  • 1 sdm bawang goreng

Cara membuat

Bumbu halus ditumis di atas wajan
1

Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan fillet daging ayam, masak hingga berubah warna.​

Variasi sayuran cap cay goreng.
2

Tambahkan wortel, jagung muda, kol, dan caisim. Aduk rata.​

Kecap bango dituangkan di atas irisan sayuran dalam wajan.
3

Masukkan Bango Kecap Manis, air, saus tomat, dan merica.​

Royco ditaburkan di atas capcay goreng dalam wajan.
4

Tambahkan Royco Kaldu Ayam, masak hingga matang dan kuah mengental.​

Capcay goreng tersaji dalam piring dengan kecap Bango di belakangnya.
5

Angkat, taburi bawang merah goreng, dan sajikan.​

Sehat dan cepat dimasaknya, pastinya kamu tergiur dengan masakan legendaris yang satu ini, bukan? Yuk, bergegas ke dapur setelah belanja bahan-bahannya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.