Resep Mie Ayam Jamur, Kesukaan Seluruh Keluarga

Mie ayam jamur, satu pilihan dari masa ke masa yang tidak pernah dilewatkan - khususnya untuk makan siang. Ayo kita coba bersama resep mie ayam berikut ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Wina|April 20, 2018

Dari pagi hingga sore, sepertinya pesona mie ayam tidak pernah pudar. Dari gerobak kaki lima hingga warung dan restoran tidak pernah luput menyajikan satu masakan kesukaan orang Indonesia ini – bahkan hingga makan malam! Supaya kamu bisa membuatnya sendiri, ada satu resep mie ayam harus dipelajari nih!

Berbagai alasan dilontarkan mulai dari soal kebersihan ataupun kualitas bahan. Memang betul, apa-apa yang kita buat sendiri di rumah dapat dipertanggungjawabkan sendiri kebersihan serta kualitasnya. Kita bisa membuat mie sendiri ataupun memilih sayur, daging, dan jamur yang lebih bermutu untuk makanan rakyat yang satu ini. Selebihnya tingga resep mie ayam saja yang kurang bukan?

Yuk, kita belanja pagi dulu, membeli bumbu, dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk makan siang hari ini. Dijamin keluarga di rumah juga pasti menanti-nanti kreasi terbarumu di dapur yang melibatkan racikan seru mie, ayam, dan jamur ini. Selamat memasak!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk
Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • 400 g dada ayam tanpa tulang, potong kotak kecil
  • 250 g jamur kancing
  • 6 siung bawang putih, cincang
  • 6 lembar daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm kecap asin
  • 200 ml air
  • ½ sdt minyak wijen
  • 2 sdm minyak sayur

Bahan pelengkap

  • 400 g mie telur, rebus
  • 100 g sayur sawi, potong-potong
  • 50 g taoge Jepang

Bahan kuah

Cara membuat

1

Cara membuat saus ayam jamur: Potong daging ayam menjadi kotak-kotak. Jika ingin lebih sehat, kamu bisa pilih bagian dada dan buang kulitnya.

2

Panaskan wajan dan tuangkan minyak sayur secukupnya. Tumis daun bawang dan bawang putih yang telah diiris hingga kecoklatan. Lalu, masukkan dan tumis potongan ayam. Tambahkan 2 sdm kecap asin dan minyak wijen.

3

Tumis ayam bersama jamur dan tambahkan air kurang lebih sebanyak 200 ml. Masak dengan api kecil, tambahkan 3 sdm Bango Kecap Manis, dan biarkan meresap selama 7-10 menit. Saus ayam jamur siap digunakan.

4

Siapkan mie telur segar masing-masing 100 gram per porsi. Rebus mi selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Angkat dan tiriskan.

5

Cara membuat kuah: Panaskan air dan campur dengan Royco Kaldu Ayam ke dalam satu panci. Masukkan daun bawang yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam air.

6

Tambahkan sayur pelengkap: Rebus sayur sawi selama beberapa detik dan tiriskan. Rendam taoge Jepang yang sudah dibersihkan di dalam air panas selama beberapa saat, lalu tiriskan. Sayur pelengkap siap disajikan sebagai pelengkap mie yamin jamur.

Akhirnya satu masakan yang biasanya kita nikmati di warung ataupun restoran kini bisa juga dibuat sendiri di dapur rumah. Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.