Resep Tumisan Capcay Jamur Shimeji - Masak Apa Hari Ini?

Resep Tumisan Capcay Jamur Shimeji, Lengkap dengan Sayur Melimpah

Simpan ke bagian favorit

Menu tumisan sehat yang satu ini adalah variasi baru dari capcay yang sudah lama kita kenal. Yuk, kita ke dapur dan memasak dengan resep ini!

30mnt
3 Porsi
Mudah
Tim MAHI|Oktober 13, 2018

Resep capcay mungkin saja sudah lazim, tapi sahabat MAHI Lina Tjoandra yang jago masak menjadikannya lebih istimewa. Inilah dia resep capcay jamur shimeji yang dijamin akan jadi incaran seluruh keluarga hari ini.

Capcay lezat dengan jamur shimeji

Lina menciptakan satu versi capcay yang tidak menggunakan sayuran pada umumnya selain wortel. Tambahan berupa jamur shimeji ia lengkapi lagi dengan bahan-bahan spesial lainnya seperti tahu Jepang serta tentunya udang. Tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam serta Bango Kecap Manis maka lengkap sudah santap malam sehat untuk keluarga hari ini. Kalau kurang, jangan ragu mencoba resep-resep lain dari MAHI.

Kembali MAHI akan menampilkan berbagai macam resep menarik dari teman-teman influencers yang begitu berbakat dalam memasak. Pastikan untuk selalu mampir di situs MAHI untuk resep istimewa lainnya setiap dua hari dari sahabat-sahabat yang jago memasak ini.

Aneka resep mudah berbahan sayur

Ingin tahu inspirasi resep mudah sayuran lainnya? Lengkapi saja kekayaan resep di rumah selain resep capcay ini dengan masakan-masakan sebagai berikut.

1. Sayur daun kelor bening

Sayur bening adalah salah satu menu sayur yang paling praktis karena proses masaknya mudah dan cepat. Keberadaan daun kelor yang khasiatnya untuk kesehatan begitu bermacam-macam ini rupanya berlimpah di Indonesia. Jadikan sayur daun kelor bening sebagai sajian lezat berikutnya di rumah.

Resep lengkap sayur daun kelor bening.

2. Tumis cuciwis

Tekstur yang renyah menjadikan cuciwis paling cocok untuk ditumis. Alasannya adalah agar kerenyahannya tetap terjaga. Cara mengolahnya adalah dengan memotong bagian pangkalnya terlebih dahulu dan buang daun-daun yang sudah tidak segar atau dimakan ulat. Setelah dicuci bersih, maka cuciwis siap untuk dimasak. Jadikan daging ayam dan jamur sebagai pendampingnya, alih-alih hanya ditumis dengan bawang putih saja. Bahkan kalau ingin lebih mewah, kita bisam menggunakan daging sapi, udang, cumi, ataupun ikan. Variasikan dengan macam-macam jamur seperti shimeji atau shiitake agar semakin istimewa.

Resep lengkap tumis cuciwis.

3. Tumis buncis tempe

Yang satu ini cocok untuk kita yang ingin super simpel memasak di akhir pekan. Tidak ada yang bisa mengalahkan paduan lezat tumisan buncis serta tempe. Kriuk renyah dengan lezatnya tempe manis dari kecap akan memeriahkan sajian makan pagi hingga malam.

Resep lengkap tumis buncis tempe.

Sementara itu, selamat mencoba resep sayuran lainnya dan selamat bersenang-senang di dapur!

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g jamur shimeji, potong dua
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 100 g buncis, potong
  • 2 buah tahu Jepang, potong dan goreng
  • 200 g udang kupas
  • 1 batang bawang daun, iris serong
  • 7 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tiram
  • gula
  • garam
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan
  • minyak sayur

Cara membuat

1

Tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan udang dan bakso. Aduk sampai udang berubah warna.

 

2

Beri sedikit air, masukkan wortel, kemudian buncis serta jamur shimeji. Bumbui saus tiram, Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Ayam, gula, garam. Masak sampai hampir matang.

 

3

Masukkan larutan maizena dan aduk-aduk hingga mulai mengental.

 

4

Masukkan daun bawang dan tahu Jepang goreng. Masak sampai matang dan sajikan.

Sehat sekaligus berisi dan rasanya mewah. Sesuatu yang bisa lebih dinikmati karena peranan penting dari jamur shimeji sendiri. Sedap!


Resep ini pernah dimuat di: www.instagram.com/p/BlKqW9elTKI/?hl=en&taken-by=lina.tjoandra

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.