Resep Pizza Rumahan untuk Diet Rendah Kalori - MAHI

Resep Pizza Rumahan Mudah dan Lezat untuk Diet Rendah Kalori

Simpan ke bagian favorit

Tahukah kamu kalau ternyata ada resep pizza rumahan yang enak dan cocok untuk diet rendah kalori? MAHI punya resepnya untuk kamu coba berikut ini!

1jam 30mnt
2 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 8, 2022

Mungkin kamu adalah salah satu tipe yang sering menikmati pizza di restoran ataupun memesan melalui layanan delivery. Enak dan beragam, sih, tapi karena topping, saus, dan kejunya begitu berlimpah, bisa jadi rasanya malah bikin badan kurang sehat. Adakah resep pizza rumahan yang sehat, lezat, dan cocok disantap oleh kamu yang sedang diet rendah kalori? Jawabannya tentu ada, dan kamu bisa membuatnya hari ini juga karena bahan-bahannya umum tersedia di rumah!

Istimewanya Resep Pizza Rumahan untuk Diet

Ada banyak keunggulan yang bisa kamu nikmati dari resep pizza rumahan yang satu ini. Karena tidak menggunakan tepung terigu untuk adonan pizza-nya, maka resep ini menjadi gluten-free. Caranya? Dengan mengganti tepung dengan kembang kol! Percaya atau tidak, sayuran yang satu ini bisa diolah menjadi “roti pizza”, bahkan tak hanya itu karena kembang kol juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Contohnya adalah cauliflower rice sempat populer di kalangan vegetarian. Kemudian, keju yang digunakan juga adalah jenis ricotta yang secara hitungan kalori lebih rendah dari mozzarella. Dibuat dari ampas susu untuk pembuatan keju, ricotta malah jadi favorit untuk digunakan pada beragam masakan Italia, selain untuk pizza tentunya. Rasanya lebih segar, tidak terlalu asin ataupun berlemak.

Kemudian dari sisi pembuatannya juga tidak menggunakan oven. Dengan menggunakan baking paper yang diletakkan di atas wajan antilengket, kulit pizza dari kembang kol ini bisa dipanggang. Setelah menjadi padat, maka kulit pizza diberikan berbagai macam topping lezat dan sehat, lalu kemudian kembali dipanggang di atas wajan. Jadi untuk kamu yang belum memiliki oven, resep pizza rumahan yang satu ini friendly banget untuk dicoba!

Koleksi Resep Pizza Lainnya dari Masak Apa Hari Ini

Ngomong-ngomong kalau suatu waktu nanti sudah selesai dengan diet rendah kalorinya, kamu juga bisa mencoba resep pizza lainnya dari Masak Apa Hari Ini. Yang namanya pizza, rasanya tidak lengkap kalau tidak mencoba berbagai macam kombinasi saus dan juga topping-nya, ‘kan? Misalnya saja ada resep pizza keju bayam dengan tambahan jamur. Lalu, ada juga resep pizza tahu dengan bawang bombay dan paprika merah serta hijau. Terakhir tak lupa, ada resep pizza tradisional Indonesia yaitu pizza mie! Semuanya cocok banget untuk acara kumpul dan nonton bareng!

Bagaimana dengan kreasi yang sempat viral di sosial media ini? Seru untuk dicoba, dong, pastinya! Selamat memasak!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
  • 750 g kembang kol, siangi
  • 2 putih telur
  • 1 sdm keju ricotta
  • 1 sdt oregano kering
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica hitam
  • 1 lembar baking paper
  • 70 g filet dada ayam rebus, iris tipis
  • 70 g jamur kancing, iris
  • 50 g paprika hijau, iris memanjang
  • 3 buah tomat ceri, iris melintang

Saus olesan pizza

  • 4 sdm keju ricotta

Cara membuat

1

Gunting baking paper dengan ukuran diameter melebihi ukuran wajan 1-2 cm. Sisihkan.

2

Cincang halus kembang kol menggunakan chopper. Sangrai di atas api kecil dalam wajan antilengket untuk mengurangi kandungan airnya. Siapkan kain tipis, letakkan kembang kol di atasnya. Peras hingga kandungan airnya berkurang. Pindahkan kembang kol ke dalam mangkuk.

3

Aduk rata kembang kol bersama putih telur, keju ricotta, oregano, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, dan merica.

4

Tuang ke dalam wajan antilengket yang sudah dialasi baking paper, ratakan menggunakan telapak tangan atau spatula karet hingga melebar dan mengisi dasar wajan.

5

Masak di atas api kecil selama 25-30 menit atau hingga matang. Matikan api.

6

Olesi permukaan pizza kembang kol dengan saus Beri, dada ayam, jamur, paprika, dan tomat ke atasnya secara merata. Tambahkan Jawara Saus Sambal Hot. Tutup wajan, panggang kembali hingga matang selama 7-10 menit. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.