Resep Semur Ayam Kecap - MAHI

Resep Semur Ayam Kecap, Makanan Rumahan yang Wajib Kamu Kuasai

Simpan ke bagian favorit

Resep semur ayam kecap, menu makanan rumahan wajib jutaan rumah tangga di Indonesia. Yuk, jangan sampai ketinggalan untuk ikuti cara membuatnya berikut ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Dilla|Januari 4, 2019

Resep semur ayam kecap adalah pilihan nomor satu ketika sedang rindu-rindunya makanan rumahan dan diri kita siap untuk memasak. Pasti teringat betapa lezatnya ketika ini tersaji di kampung halaman. Ah, bawaannya ingin segera memasak!

Istimewanya resep semur ayam kecap

Apalagi ketika berada di perantauan dan terlebih lagi zaman now. berbagai bumbu dan rempah semakin mudah didapatkan. Ayam sebagai protein paling mudah didapat juga pastinya cocok dimasak dalam bentuk semur. Intinya, tidak ada alasan lagi deh untuk tidak memasak!

Untuk resep yang ini, ada beberapa rempah tambahan yang aku masukkan agar cita rasanya semakin Indonesia. Adalah kehadiran pala dan cengkih yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Pastikan untuk tidak kelewatan menambahkan dua bumbu penting ini, ya. Untuk daging ayamnya, sengaja aku pilihkan yang tanpa kulit. Kadang-kadang ada yang kurang suka ketika masakan ayam berkuah masih terlihat kulitnya, namun pertimbangannya kali ini adalah untuk mengurangi lemaknya. Untuk yang ingin rasa lebih gurih, jangan malu-malu untuk mengikutsertakannya, ya.

Makan di rumah dengan resep semur lainnya

Makin seru makan di rumah dengan koleksi resep-resep semur lainnya. Kali ini ada beberapa resep yang ingin juga kubagikan di sini. Simak saja berikut ini.

1. Semur daging Betawi

Marinasi daging sapi dengan bumbu halus dan bumbu iris hingga tercampur dengan rata. Lalu tambahkan daun salam, serai, kayu manis, kapulaga, bunga peka, biji pala, dan cengkeh, lengkuas, dan kecap manis. Setelah daging menjadi empuk, masukkan kentang yang sudah digoreng, lalu masak hingga semua matang. Nah, resep yang satu ini tak kalah lezatnya karena menggunakan daging sapi dan banyak rempah yang khas Betawi banget!

Resep lengkap semur daging Betawi.

2. Semur tahu

Untuk resep ini aku khusus menambahkan telur agar isinya lebih lengkap dan bernutrisi. Biasanya masakan yang mengandung tahu memang cocok dipadukan dengan telur. Contohnya seperti gudeg hingga ketupat sayur ataupun nasi uduk. Selain nutrisinya, penambahan protein telur juga masih menjadikan harganya tetap terjangkau.

Resep lengkap semur tahu.

3. Semur jengkol pedas

Salah satu yang mungkin cukup menantang dari mengolah jengkol adalah membersihkannya. Idealnya kamu mempersiapkan jengkol beberapa hari sebelum memasaknya. Cuci dalam air bersih selama 3 hari dan setiap hari perlu diganti dengan yang baru. Setelahnya rebus dalam air panas selama 15 menit kemudian tiriskan. Memarkan dan jengkol siap untuk diolah lebih lanjut menjadi semur.

Resep lengkap semur jengkol.

Jadi yuk kita segera berbelanja kebutuhan untuk memasak hari ini dan menyiapkan yang istimewa untuk keluarga tercinta saat makan siang, malam, ataupun untuk sarapan di esok hari. Semoga sukses memasaknya ya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 800 g daging ayam tanpa kulit, potong 8 bagian
  • 1 L air
  • 5 butir cengkih
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah cabai rawit merah, iris
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri

Cara membuat

Memasak daging ayam untuk resep semur ayam kecap.
1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging ayam, masak selama 5 menit hingga berubah warna.

Menambahkan bumbu untuk resep semur ayam kecap.
2

Tuang air, cengkih, dan pala. Masak hingga semua tercampur rata.

Menambahkan kecap untuk resep semur ayam kecap.
3

Masukkan Bango Kecap Manis, garam, merica, cabai, dan tomat. Masak hingga matang. Angkat. Sajikan.

Resep semur ayam kecap selesai dimasak dan tersaji.
4

Sajikan semur selagi hangat.

Jamuan makanan rumahan hari ini pasti semakin seru dengan kehadiran semur ayam kecap, bukan? Selamat menikmatinya bersama keluarga tercinta!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.