Jenis Masakan


5 Resep Tumis yang Nikmat dan Cepat untuk Menu Pelengkap

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Februari 5, 2020

Tak lengkap rasanya jika makan siang tanpa sayuran. Tak hanya kaya nutrisi, menu pelengkap sayuran juga menjadi penyempurna rasa di lidah. Semakin kaya dimensi teksturnya, semakin nikmat tentunya. Dari sekian banyak menu, resep tumis sayur jadi salah satu racikan paling sederhana.

Sayuran yang relatif cepat matang cocok untuk ditumis, mulai dari buncis, kangkung, bayam, hingga pare. Untukmu yang bingung membuat tumis apa hari ini, berikut rekomendasi resep dari tim MAHI yang bisa dicoba!

1. Tumis Kacang Panjang

Tumis kacang panjang kecap tengah dinikmati.
Nikmati tumis kacang panjang dengan hidangan rumahan kesukaan lainnya! (Foto: MAHI)

Jika ingin alternatif sayuran kaya vitamin A selain wortel, maka kacang panjang adalah jawabannya. Menu paling mudah diolah adalah tumis kacang panjang. Kita hanya membutuhkan sedikit bumbu untuk memperkaya rasanya, seperti bawang putih, lengkuas, daun salam, dan cabai merah.

Tumisan ini bisa jadi menu pelengkap ragam makanan, mulai dari ayam goreng hingga sajian seafood. Dihidangkan bersama nasi hangat, sempurna rasanya. Simak resep oseng kacang panjang yang mudah diikuti ini!

2. Resep Tumis Kangkung

Kenikmatan tumis kangkung juga tak boleh kita lewatkan. Mulai dari hidangan ikan bakar, ayam penyet, hingga udang asam manis, cocok dilengkapi dengan oseng atau cah kangkung. Harga kangkung pun relatif terjangkau, sehingga tak berat meski sering-sering menghidangkannya.

Kangkung mengandung protein, serat, dan sitosterol yang merupakan anti inflamasi atau peradangan. Namun, kangkung tidak disarankan untuk penderita asam urat karena mengandung cukup banyak purin. Nah, untuk beragam resep tumisan kangkung yang mudah, kunjungi saja laman Masak Apa Hari Ini. Yuk, kita coba!

3. Tumis Buncis

Tumis buncis tak kalah praktis untuk dibuat. Sayuran kaya protein, serat, dan vitamin C ini bisa jadi pilihan untukmu yang menginginkan makanan bernutrisi. Buncis juga bisa disimpan cukup lama di kulkas, berbeda dengan kangkung atau bayam yang cepat layu.

Untuk memperkaya rasanya, kita bisa tambahkan protein lain baik hewani ataupun nabati. Misalnya resep oseng buncis dengan tahu tempe ini. Kita bisa memasaknya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Siapa bilang masakan praktis tak punya rasa yang lezat?

4. Tumis Pare

Semangkuk tumis pare teri sebagai lauk nikmat dan tidak pahit untuk makan siang.
Kini oseng pare teri yang nikmat tanpa rasa pahit bisa dibuat di rumah. (Foto: Shutterstock)

Untukmu yang menginginkan sajian yang tak biasa, tumis pare bisa kita coba. Menu sayuran yang sering disajikan di Tatar Parahyangan ini memiliki rasa yang pahit tapi sedap. Agar rasa pahitnya bisa berkurang, kita bisa memilih pare yang berukuran sedang atau agak kecil. Pare yang berukuran besar cenderung lebih pahit.

Sebelum diolah, kita bisa merebus pare dengan daun jambu biji untuk menetralisir rasa pahitnya. Agar semakin mantap, padukan pare dengan ikan teri. Simak cara membuat oseng pare dan sajikan dengan nasi hangat.

5. Tumis Genjer

Meski tak sepopuler kangkung atau baya, tanaman genjer punya nutrisi yang tak kalah kaya. Genjer mengandung berbagai mineral seperti kalsium dan fosfor. Genjer juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Agar rasanya tidak pahit, sebaiknya pilih genjer yang masih muda. Tandanya adalah bunganya yang masih menguncup. Rendam genjer dengan air panas sebelum kita masak. Sempurnakan rasanya dengan tambahan taoco. Simak cara membuat tumisan genjer taoco untuk hidangan berbeda hari ini.

Lima resep tumis di atas bisa diolah dalam waktu sekitar 30 menit saja. Pilih sayuran yang disukai keluargamu, sajikan bersama nasi hangat dan sambal. Sudah terbayang lezatnya? Yuk, kita ke dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.