4 Resep Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha | Masak Apa Hari Ini?

4 Resep Olahan Daging Sapi yang Bakal Meriahkan Idul Adha Tahun Ini

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 15, 2021

Beragam masakan daging kerap mewarnai meja makan saat merayakan hadirnya Idul Adha. Inilah momen yang dinantikan setiap tahunnya, karena yang merayakannya memiliki kesempatan besar untuk berbagi. Di antara yang dimasak saat Idul Adha adalah berbagai olahan daging sapi yang lezat, layak tampil di meja makan rumah sendiri ataupun untuk dibagikan pada tetangga, keluarga, serta mereka yang membutuhkan.

Apa saja resep yang layak tampil tahun ini? Simak bersama ide-idenya, yuk!

1. Gulai iga sapi kuah merah, olahan daging sapi penuh cita rasa

Ingin yang berbeda di Lebaran tahun ini? Yuk, bikin resep Gulai Iga Sapi Kuah Merah ini! Kalau biasanya daging iga dijadikan sebagai hidangan sup atau disajikan lewat menu iga bakar, kali ini lemak gurih khas daging sapi bagian iga dimasak dengan bumbu rempah dipadukan dengan Bango Bumbu Tongseng Khas Solo.

Bumbu dasar tongseng merupakan bumbu yang gule khas Jawa yang cenderung ‘enteng’. Artinya tidak pekat layaknya gulai yang memiliki kandungan rempah di dalamnya. Agar daging iga bersantan lebih kaya, gunakan Bango Bumbu Tongseng Khas Solo. Campur dengan cabai merah giling agar kuah lebih merah dan aromatik. Kebayang, kan, sedapnya?

Inilah resep gulai iga sapi kuah merah!

2. Sate sapi bumbu ketumbar, menu panggangan yang selalu dinanti

Saat perayaan Idul Adha di depan mata, resep olahan daging sapi berupa sate adalah jawabannya. Berbeda dengan sate lainnya, sate yang kali ini menggunakan lembutnya daging sapi yang kemudian dibalur dengan harum semerbak rempah ketumbar a la Nusantara. Hasilnya adalah hidangan utama yang membuat semua mata menoleh ke meja.

Buat kamu yang terbiasa dengan bumbu kacang seperti sate Ponorogo atau bumbu kacang seperti sate asem dan sate daging bumbu kelapa, mungkin sate yang satu ini akan membuatmu sedikit kaget. Resep sate sapi bumbu ketumbar sangatlah simpel, karena semuanya bisa kamu temukan di dalam dapur. Mulai dari air asam Jawa, ketumbar, hingga legitnya Bango Kecap Manis sebagai penyedap rasa. Namun jangan salah, dibalik kesimpelan ketumbar, terdapat karakter yang membuatnya menjadi primadona di meja makan.

Coba resep sate sapi bumbu ketumbar di sini!

3. Soto sapi santan, begitu lezat dan memanjakan lidah

Resep Soto Sapi Santan disajikan dalam mangkuk tanah liat.
Resep Soto Sapi Santan untuk makan siang enak minggu ini. (Foto: Shutterstock)

Beberapa jenis soto disajikan dengan berbagai macam lauk seperti jeroan, telur puyuh, gorengan, dan perkedel. Soto juga selalu disertakan bersama beberapa bahan pelengkap seperti sambal rawit, kerupuk, kecap manis, dan irisan jeruk nipis. Sebagai bahan utama, resep soto di Indonesia biasa diolah dari bahan hewani seperti soto sapi, soto ayam, dan soto udang.

Soto olahan daging sapi biasanya banyak diolah dari daging sandung lamur, jeroan, atau bagian daging yang banyak mengandung lemak. Kali ini aku mengajak kamu mengolah daging sapi bagian sengkel supaya kandungan lemaknya tak terlalu banyak. Supaya air tak menyusut banyak dalam proses memasak, gunakan api kecil dan biarkan hingga daging empuk.

Simak cara membuat soto sapi santan di sini!

4. Semur daging sapi, resep klasik yang cocok untuk segala suasana

Layaknya rendang, semur juga memiliki banyak kombinasi dengan protein yang berbeda-beda. Tapi sayang kalau kali ini kita tidak memasak dengan menggunakan daging sapi karena yang satu ini adalah yang paling ikonik. Seperti yang kita ketahui, resep semur daging sapi adalah yang paling terkenal dari seluruh keluarga semur. Cara membuat resep semur daging sapi juga masih sebelas dua belas dengan yang lainnya.

Agar bumbu semur daging meresap dengan baik, maka pemilihan daging sapi juga haruslah tepat. Meskipun daging has dalam tidak ada lemak, justru bumbu sulit untuk bisa meresap secara maksimal. Aku menyarankan kamu untuk memilih daging dari bagian paha atau sebaiknya has luar. Selain itu memang daging bagian sirloin ini biasanya memiliki karakter rasa yang lebih sedap dan juicy.

Inilah resep semur daging sapi kecap yang lezat!

Sudah siap merayakan Idul Adha dengan resep-resep olahan daging sapi yang lezat ini? Selamat berbelanja dan masak-masak seru di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.