6 Resep Makanan Khas Bali Populer - MAHI

6 Resep Makanan Khas Bali Paling Populer yang Bisa Kamu Coba

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Februari 27, 2021

Bali tidak hanya populer karena destinasi wistanya, tetapi juga terkenal karena kulinernya yang bervariasi. Sebagian besar makanan khas Bali kaya akan rempah-rempah, sehingga memiliki cita rasa yang begitu kuat. Benar-benar satu surga kuliner khususnya bagi pencinta makanan pedas.

Di masa penuh keterbatasan ini, tentunya traveling tidaklah sebebas dahulu. Wajar bila banyak di antara kita yang mungkin kangen berlibur ke sana. Nah, kamu tidak perlu menunggu lama untuk menikmat makanan khas Bali. Kali ini ada banyak resep yang kami rekomendasikan untuk dicoba.

Yuk, simak apa saja pilihannya!

1. Ayam Betutu, makanan khas Bali kaya rasa

Menikmati Ayam Betutu dengan tangan.
Ayam Betutu, satu resep yang menjadikan kuliner Bali semakin khas. (Foto: MAHI)

Ayam betutu menjadi salah satu makanan khas Bali yang sangat populer. Ayam betutu menggunakan banyak rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit yang akan memperkaya rasa hidangan ini. Selain itu, proses pemasakannya yang berlangsung selama dua kali membuat bumbu sangat meresap. Tekstur daging ayam sangat empuk dan cita rasa yang kaya telah menanti saat selesai dimasak.

Penasaran untuk mencobanya di rumah? Yuk, cek resep ayam betutu berikut ini! Jangan lupa untuk menyantapnya bersama nasi hangat, plecing kangkung, dan sambal matah, ya!

2. Ayam Sambal Matah, pedas dan menyegarkan

Sambal matah khas karena bahan-bahannya yang diiris. Rasanya jelas pedas, namun menyegarkan – sangat cocok disajikan dengan macam-macam makanan, termasuk ayam goreng! Gurihnya ayam goreng yang sudah dibumbui, disiram dengan sambal matah yang segar menjadikannya semakin spesial. Ditambah dengan proses penyajiannya yang sederhana, cocok kamu jadikan menu sehari-hari.

Yuk, simak resep ayam sambal matah yang spesial ini!

3. Telur Bumbu Bali, sederhana namun penuh kesan

Jika kamu biasa menyantap nasi ayam bumbu Bali dan merindukan cita rasanya, kamu dapat menjadikan telur bumbu Bali sebagai alternatif masakanmu. Resep telur bumbu Bali ini sangat lezat dan mudah untuk dibuat. Kenikmatan semakin terasa ketika bumbu meresap dan disantap dengan makanan khas Bali lainnya.

Bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang dibutuhkan? Yuk, cek resep telur bumbu Bali berikut ini!

4. Ayam Suwir Bumbu Bali, enak disantap dengan nasi hangat

Ayam suwir bumbu Bali tengah dinikmati.
Menikmati ayam suwir bumbu Bali harus bersama-sama juga dengan nasi Bali. (Foto: MAHI)

Saat menikmati nasi campur Bali, ayam suwir tidak pernah absen jadi makanan pendampingnya. Yang spesial tentu perpaduan bumbu seperti cabai, terasi, santan, dan asam jawa. Bahkan disantap dengan nasi hangat saja sejuta rasanya! Proses memasaknya yang tidak ribet, bisa kamu praktikkan di rumah kapan saja.

Buat kamu yang rindu dengan campur Bali, langsung coba resep membuat ayam suwir bumbu Bali ini, ya!

5. Ayam Pelalah Bali, rasanya malah makin bikin kangen

Berkunjung ke Bali tidak lengkap jika tidak menyicipi ayam pelalah. Proses pengolahannya mengharuskan ayam disuwir terlebih dahulu sebelum diolah bersama dengan bumbu rempah-rempah. Mengingatkan tentang ayam suwir namun punya banyak perbedaan. Rasa sambalnya yang pedas, gurih, dan segar tidak akan buat menyesal menghidangkan ayam pelalah sebagai menu makan siangmu!

Penasaran dengan rasanya? Cek resep ayam pelalah berikut ini, yuk!

6. Sate Lilit, paling wajib coba saat ke Bali

Satu lagi makanan khas Bali yang menjadi favorit semua orang, yaitu sate lilit. Rasa gurih dari daging ikan, ditambah dengan bumbu-bumbunya yang khas. Dililitkan pada batang serai sehingga ketika dibakar, aroma dari sate lilit akan semakin sedap. Dijamin menggoda selera saat dimakan. Jangan lupa untuk mencocolnya dengan sambal matah supaya makin nikmat!

Untuk membuatnya sendiri ternyata sangat mudah, coba ikuti resep sate lilit berikut ini dan praktikkan sekarang juga!

Nah, itulah 6 resep makanan khas Bali yang bisa kamu coba di rumah. Sekarang, tidak perlu lagi menunggu liburan ke Bali untuk menyicipinya. Langsung saja ke dapur dan praktikkan resepnya. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.