Cara Melelehkan Keju Mozzarella pada Makanan Berikut Ini Bikin Ngiler

Simpan ke bagian favorit

Wina|September 28, 2018

Sebagai pengikut tren kuliner yang kekinian, kamu pasti tahu masakan apa saja yang sedang jadi buah bibir. Salah satu dari tren yang sempat viral misalnya topping di atas jenis makanan yang tidak biasa, selain itu cara melelehkan keju mozzarella yang unik dijadikan atraksi yang ditawarkan di sejumlah restoran.

Mozzarella adalah salah satu jenis keju asal Italia dari susu sapi atau susu kerbau yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong (mozzare artinya dipotong). Di pasaran keju mozzarella tersedia dalam keadaan segar dengan warna putih atau putih kekuningan. Keju yang segar dikemas dengan direndam air garam dengan ukuran yang bervariasi. Sementara keju mozzarella dengan umur simpan lebih panjang hadir dengan tekstur padat dan lebih keras. Dikemas dengan dibungkus plastik vakum, keju ini biasanya hadir dengan warna putih atau kuning pucat.

cara melelehkan keju mozzarella
Proses pembuatan keju mozzarella segar. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Karena disukai banyak orang dan mudah dipadukan dengan hidangan apapun, inovasi keju mozzarella tak hanya sebatas sebagai bahan topping pizzaa atau bahan tambahan pasta. Semua hidangan bahkan diberi sentuhan mozzarella berkat sensasi lelehnya yang bikin ngiler.

Ingin tahu caranya agar bisa melelehkan sendiri keju mozzarella di rumah? Kami sarankan agar memiliki terlebih dahulu alat yang bernama blow torch, namun ada juga kok alternatifnya.

Berikut adalah cara melelehkan keju mozzarella:

  1. Gunakan blow torch, bakar hingga meju mozzarella meleleh. Hindari membakar dengan jarak terlalu dekat dari keju mozzarella agar tak lekas menghitam.
  2. Jika tak ada blow torch, gunakan oven panas. Panggang menggunakan api atas hingga keju meleleh.
  3. Untuk daging gulung mozzarella, panaskan keju dalam wajan antilengket. Gunakan bantuan penjepit dan gunting untuk melilit dan menggunting daging dan keju dengan mudah.

Ngomong-ngomong soal penggunaan keju mozzarella pada makanan kekinian, pastinya kamu sudah tak asing dengan makanan-makanan berikut ini, bukan?

Martabak Telur Daging

Kamu pasti ingat dengan tampilan martabak telur dengan potongan keju mozzarella di atas martabak? Cara melelehkan keju mozzarella pada hidangan ini adalah menggunakan blow torchYummy! 

Iga Sapi dengan Mozzarella

Yang ini sempat viral di sosial media dan restoran yang menyediakannya selalu kebanjiran pelanggan. Iga sapi bakar a la Korea dengan keju mozzarella yang dilelehkan dalam hotplate lalu dililit ke daging iga.

Fun fact: Pernah bertanya-tanya mengapa orang Korea Selatan begitu tergila-gila dengan keju? Pasalnya ketika dahulu selesai Perang Korea, Amerika Serikat mengirimkan banyak pasokan keju untuk memenuhi kebutuhan makan warga Korea Selatan yang kelaparan. Hasilnya, keju banyak digunakan pada berbagai masakan Korea Selatan hingga sekarang dan tidak hanya terbatas pada iga sapi ini saja.

Mozzarella Stick

Yang ini sangat populer di banyak akun video masak. Mozzarella dipotong-potong memanjang, lalu dibalur dengan tepung telur dan tepung roti. Digoreng dan kemudian dinikmati dengan saus sebagai menu camilan ataupun pembuka. Pastinya cocok juga sebagai makanan saat tengah menonton film bersama keluarga!

cara melelehkan keju mozzarella
Mozzarella stik ini sempat ramai dibuat cara memasasknya lewat video. (Foto: Shutterstock)

Ayam Geprek Mozzarella

Ini yang terasa sangat Indonesia. Ayam geprek pedas diberi topping keju mozzarella, kemudian dilelehkan. Cita rasa pedas, gurih, dan creamy beradu harmonis dengan tekstur ayam goreng tepung yang krispi.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.