5 Fakta Tentang Nasi Kapau yang Membedakannya dengan Nasi Padang

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|November 19, 2018

Tahukah kamu bahwa nasi kapau adalah hidangan yang berasal dari sebuah nagari atau desa bernama Kapau yang terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat?

Kabupaten Agam menaungi salah satu pusat perdagangan tersibuk di Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi. Daerah ini dikenal sebagai tempat dimana kamu bisa bereksplorasi kuliner Minang sepuasnya. Kalau kamu mengunjungi daerah ini, mampirlah ke Pasar Bawah yang terkenal sebagai pusat penjualan nasi campur asal Kapau ini.

Jika kamu mengunjungi kedainya, kamu pasti akan segera menemukan perbedaan antara nasi kapau dengan nasi padang. Dimulai dari cara menyajikannya, susunan lauknya, hingga tata letak si pedagang dengan meja makan untuk pengunjung. Ingin tahu lebih banyak?

Centong yang panjang juga jadi ciri khas pedagang Nasi Kapau.
Salah satu kedai nasi kapai populer di Sumatera Barat. (Foto: Shutterstock)

Ciri-ciri khas Nasi Kapau

Seperti yang tadi kuceritakan, nasi kapau berasal dari sebuah desa bernama Kapau, Tilatang Kamang, kabupaten Agam. Sementara rumah makan Padang tentunya berasal dari ibu kota Sumatera Barat.

Kedua, kalau kamu perhatikan tata letak lauk yang disajikan, maka variasi lauk kapau biasanya dijejerkan di hadapan penjual. Meja lauk pun lebih rendah dari si penjual sehingga pedagang lebih mudah untuk menjangkaunya. Bedanya dengan nasi Padang? Ragam lauk dan sayur ditumpuk rapi di meja etalase.

Selanjutnya, letak penyajian bagi konsumen nasi asal Kapau dan nasi Padang juga menjelaskan kebutuhan makan yang praktis bagi si pengunjung. Di kedai nasi kapau, meja dan kursi pengunjung dibuat menempel berhadapan dengan meja saji lauk atau berhadapan dengan penjual. Makan di nasi kapau biasanya identik dengan makan praktis dan cepat. Sementara di rumah makan padang, kamu bisa duduk manis di kursi pengunjung menanti pramusaji yang datang dengan variasi lauk yang banyak. Di sini juga kamu bisa makan dengan santai sambil ngobrol dengan teman makan.

Variasi jenis gulai yang lebih banyak juga merupakan salah satu ciri khas kedai Kapau. Misalnya saja gulai kepala ikan, gulai tambusu, gulai ayam, gulai jariang (jengkol), gulai gajeboh atau sandung lamur, gulai itiak, dan gulai otak.

Nasi Kapau diidentikkan dengan sayur gulai nangka. Yang membedakannya dengan nasi Padang adalah kehadiran rebung di dalam gulai nangka. Selain itu potongan gulai sayuran di kedai kapau biasanya lebih besar. Misalnya saja pada kol, tidak dipotong-potong, melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.

gulai ayam khas Minang yang jadi menu khas nasi kapau
Ciri khas dari masakan ayam Sumbar adalah tanpa kulit. (Foto: Shutterstock)

Sebagai inspirasi bereksplorasi dengan masakan Minang, yuk, coba beberapa resep masakan khas tanah rendang ini. Misalnya saja dengan membuat Resep Soto Padang dan Resep Telur Dadar Padang ini. Masih kurang? Banyak resep-resep khas Minang lainnya seperti Ayam Pop, Telur Balado, ataupun Dendeng Balado. Tapi yang pasti, jangan lupa untuk menyempatkan berlibur ke negeri lahirnya berbagai masakan hebat ini suatu waktu nanti!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.