4 Resep Camilan Olahan Tepung Aci Khas Sunda - MAHI

4 Resep Camilan Olahan Tepung Aci Khas Sunda, Dijamin Mantap Euy!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Januari 29, 2021

Jangan heran jika Jawa Barat dianggap layaknya surga bagi para pencinta kuliner. Di tangan para warga tataran Sunda yang cenderung apik serta kreatif, bahan-bahan sederhana seperti tepung aci pun dapat disulap menjadi aneka jajanan gurih dan lezat.

Tepung aci (nama lain tepung tapioka atau kanji) merupakan tepung pati hasil ekstraksi dari singkong. Bahan dapur multiguna ini banyak dijual di warung-warung atau supermarket terdekat dengan harga yang amat terjangkau. Dengan resep yang sederhana sekalipun, kita bisa membuat camilan lezat dan gurih dari tepung aci.

Yuk, intip berbagai ide camilan sedap khas Sunda di sini!

1. Cilok goang, olahan tepung aci berpadu dengan sambal segar

Sedang ngidam jajanan yang ekstra pedas? Barangkali cilok goang asal Tasikmalaya ini bisa jadi solusinya. Memiliki arti “aci dicolok”, pemilihan nama unik ini didasarkan pada kebiasaan para pedagang cilok yang menyertakan tusuk bambu sebagai alat makan pada setiap porsinya. Menu kekinian satu ini berbentuk bulat-bulat kecil yang kemudian dikukus hingga matang. Cilok pun lalu disajikan dengan baluran sambal goang, yaitu sambal dadakan yang segar dan sederhana.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak resep cilok goang!

2. Cimol, sensasi renyah dalam tiap gigitan

Kepanjangan dari cimol adalah “aci digemol”, yang dalam bahasa Sunda berarti dibentuk bulat-bulat kecil. Meski sama-sama dibentuk bulat, yang membedakan cimol dengan cilok adalah proses memasak cimol yang digoreng dengan teknik deep-fry. Jadi, alih-alih lembut seperti cilok, hasil akhir dari cimol pun akan terasa renyah.

Cimol biasanya dihidangkan dengan berbagai variasi rasa bumbu bubuk seperti bubuk cabai, balado, atau keju. Namun, kita bisa juga, kok, memasangkannya dengan sambal kecap. Renyahnya cimol yang bercampur dengan manis gurih dari cabai rawit dan Bango Kecap Manis akan menciptakan sensasi baru yang tak kalah sedapnya.

Yuk, kita coba resep cimol a la MAHI!

3. Cireng, teman setia ngopi sore

Merupakan kependekan dari “aci digoreng”, cireng adalah salah satu kreasi tepung aci yang paling sering dijumpai di Jawa Barat dan sekitarnya. Cireng memiliki bentuk bulat pipih dengan ukuran yang agak besar. Keistimewaan makanan ini terletak pada dualitas teksturnya yang renyah di luar dan begitu kenyal di dalam. Cireng umumnya dijual pada gerobak keliling beserta risol, bakwan, dan gorengan lainnya, atau dihidangkan terpisah dengan bumbu saus apa pun sesuai keinginanmu.

Tenang saja, kita tak perlu kelamaan menunggu gerobak gorengan untuk menikmati cireng hangat nan lezat. Pelajari resep cireng crispy saus pedas manis selengkapnya!

4. Baso aci kuah, sensasi pedasnya bikin seuhah!

Dengan rasa pedas yang menggugah selera, baso aci kuah merupakan kreasi jajanan berbahan aci yang paling kekinian dan ramai dicari orang. Tidak hanya orang Sunda, masyarakat di kota-kota lain pun begitu menikmati jajanan satu ini.

Layaknya bakso, adonan tepung aci pada resep ini dibentuk bulat dan disajikan dengan kuah campuran Royco Kaldu Ayam. Untuk menambah sensasi rasa segar, kita dapat menambahkan jeruk limau beserta sambal atau cabai bubuk. Bila perlu, sediakan pula pilus cikur (pilus dengan rasa kencur) untuk menambah ragam tesktur dalam kuah.

Lebih lengkapnya, simak resep baso aci kuah di sini!

Itu dia 4 resep jajanan berbahan dasar tepung aci khas Jawa Barat yang populer dan wajib dicicipi. Meski situasi saat ini kurang mendukung untuk keluar rumah, untuk yang sedang isoman juga tetap bisa kok menikmati aneka jajanan ini melalui resep-resep sedap dari Masak Apa Hari Ini. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.