Jenis Masakan


5 Masakan Daging Sapi Untuk Inspirasi Menu Tanggal Muda

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Juli 20, 2019

Masakan daging sapi seperti iga bakar, sup buntut, oseng mercon, sup iga, dan lainnya memang selalu pas dijadikan sebagai menu mewah saat baru gajian. Kali ini tim MAHI ingin menghadirkan beberapa inspirasi menu sekaligus resep masakan daging. Tak perlu sampai takut bikin kantong bolong dan cocok untuk tanggal muda.

Sengaja kami pilihkan resep-resep masakan yang mudah dibuat demi mempermudah kamu berkarya di dapur. Yuk, kita simak enam resep masakan daging sapi berikut ini!

1. Resep tumis daging sapi saus bawang

Salah satu masakan daging sapi yang paling mudah dibuat adalah tumis daging. Untuk cita rasa yang lezat tapi tidak terlalu pekat, kamu bisa menyajikan tumis daging sapi dengan saus bawang. Bagian daging yang cocok diolah pada resep ini adalah has dalam.

Daging has dalam yang empuk dan tanpa lemak sangat mudah diiris tipis. Dua bumbu inti untuk sajian ini adalah jus lemon dan bawang bombay. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Sapi untuk menambah cita rasa sapi yang pekat!

2. Resep sup bola daging sapi

Inilah resep berbahan dasar daging sapi yang patut juga untuk dicoba di rumah. Sajian ini bisa menggunakan daging bagian has luar atau bagian paha depan yang memiliki kandungan lemak sekitar 20%-50%. Bukan soal perkara harus selalu sehat, lemak daging bisa dimanfaatkan demi menambah cita rasa gurih. Kamu juga bisa menggunakan daging cincang siap olah yang banyak dijual di supermarket.

Masakan daging sapi berupa sup bola.
Sup bola daging jadi alternatif masakan daging sapi untuk keluarga di rumah. (Foto: Shutterstock)

Resep sup bola daging sapi bisa jadi pilihan menu yang cocok untuk semua anggota keluarga. Caranya relatif mudah. Untuk kuah sup yang lezat, kamu bisa membuat kaldu dari daging sapi bagian sandung lamur dan padukan dengan Royco Kaldu Sapi. Paduan sup dan daging bakso ini akan membuat suasana berkumpul semakin hangat.

3. Resep sup kimlo daging sapi

Sup kimlo yang sering kita temukan di meja prasmanan acara pernikahan ini bisa banget dibuat sendiri di rumah. Masakan daging sapi ini berbeda dengan sup bola daging karena kamu tidak harus menggunakan daging giling. Kamu bisa menggunakan daging sapi bagian has luar untuk mendapatkan cita rasa gurih dari lemaknya. Bahan yang khas terdapat pada hidangan ini adalah kembang tahu dan bunga sedap malam.

4. Masakan daging sapi iga bakar

Baru saja belanja daging sapi bagian iga? Inilah bagian favorit banyak orang karena dagingnya gurih, berlemak, dan teksturnya yang ‘menantang’. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah resep Iga Bakar a la Si Jangkung, yang merupakan kuliner Bandung yang populer.

Iga bakar dengan kentang goreng.
Iga bakar tradisional bisa dikreasikan dengan gaya Barat. (Foto: MAHI)

Bumbu masakan ini sangat minimalis. Resep iga bakar ini hanya perlu menambahkan tambahan minyak samin dan Bango Kecap Manis untuk rasa manis dan gurih yang pas.

5. Resep perkedel daging

Jika kamu punya sisa daging sapi cincang dan kentang, olah menjadi perkedel daging lengkap dengan sausnya. Hidangan ini bisa kamu simpan di freezer atau kulkas sebagai persediaan lauk pendamping. Cocok sebagai menu pelengkap, baik saat makan siang maupun makan malam.

Untuk memasak perkedel daging, kita bisa mencincang daging terlebih dahulu. Cacah daging sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Agak sedikit kasar menarik untuk memberikan tekstur tersendiri. Sebagai penyempurna sajian, kita juga bisa membuat saus pelengkap.


Demikian lima resep masakan daging yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa tambahkan sayuran sebagai menu pelengkap, agar tubuh tetap ternutrisi dengan gizi seimbang. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.