5 Makanan Khas Medan Spesial untuk Makan Malam - MAHI

Ayo, Coba 4 Makanan Khas Medan yang Spesial dari Masak Apa Hari Ini!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|April 27, 2021

Berkunjung ke kota besar yang satu ini rasanya kurang kalau tidak kulineran. Maklum, begitu banyak makanan khas Medan yang sepertinya bisa dicoba. Sayangnya, sulit bagi banyak orang untuk bisa melancong di masa seperti ini, sehingga salah satu caranya adalah memasak hidangan-hidangan khas kota ini di rumah.

Kali ini ada empat resep yang bisa kita coba dari Masak Apa Hari Ini. Penasaran apa saja resepnya dan apa yang bisa kita buat untuk buka puasa? Simak bersama, yuk!

1. Resep Soto Medan, kaya rasa dan kaya rempah

Semangkuk Soto Medan ditemani potongan lontong.
Soto Medan tersaji hangat saat weekend adalah kenikmatan tiada tara. (Foto: Shutterstock)

Sebagai pencinta kuliner Indonesia terutama soto, pernahkah mencoba soto Medan? Soto berbahan daging ayam kampung dengan kuah santan berempah ini sangat unik dan kaya rasa. Di kota asalnya, soto ini merupakan hidangan ikonik dan wajib coba bagi mereka yang sedang mengunjungi salah satu kota tersibuk di pulau Sumatera tersebut.

Rahasia kelezatan soto Medan ini selain karena menggunakan daging ayam kampung , udang, dan bumbu rempah, yaitu berkat sentuhan Royco Kaldu Ayam di dalam kaldunya. Karakter cita rasa soto ini juga sangat kental dengan ciri khas masakan setempat. Apalagi kalau karena bersantan dan menggunakan bumbu yang membuat rasanya medok.

Berikut adalah resep soto Medan!

2. Resep Kwetiau Goreng Medan, cita rasa mantap dari pulau Sumatra

Panganan kaki lima malam hari di Indonesia biasanya bertarung antara nasi goreng, capcay, mie, ataupun kwetiau. Mana yang jadi favoritmu? Kali ini, ada kwetiau goreng khas Medan yang punya topping lengkap, tapi tidak sulit untuk membuatnya.

Yang menjadi penentu keunikannya adalah penggunaan telur bebek dan bahan pelengkap lainnya yang menjadikan rasanya terasa otentik. Misalnya saja kehadiran kucai, minyak wijen, serta tentunya bakso ikan serta udang. Gunakan kwetiau basah dan siapkan telur orak arik yang menggunakan telur bebek tadi. Selebihnya tumis-tumis saja dengan cara yang sudah kita kenal. Masukkan semua bahan, tambahkan kucai dan taoge di saat-saat terakhir. Selesai sudah, deh!

Simak resep kwetiau goreng khas Medan di sini!

3. Resep Semur Medan, variasi semur wajib coba

Semur Medan disajikan menggunakan wajan di atas meja kayu.
Sudah pernah mencoba Semur Medan? Yuk, segera kita coba resepnya! (Foto: Shutterstock)

Menghadirkan Semur Medan di meja makan rumah adalah ide yang cemerlang untuk akhir pekan ini. Pastikan keluarga tercinta untuk menikmati resep semur daging istimewa yang satu ini. Serunya lagi, membuatnya juga ternyata begitu mudah.

Siapkan terlebih dahulu daging sapi sengkel dan goreng sejenak. Selanjutnya tumis bawang merah dan tambahkan tomat yang telah diparut. Setelahnya masukkan daging, cengkih dan kayu manis. Selebihnya, bumbui dengan Bango Kecap Manis, garam, dan lada. Tuangkan santan sedikit demi sedikit dan masak hingga daging terbalut kuah sepenuhnya dan matang.

Inilah resep semur Medan untuk dicoba!

4. Resep Kari Bihun, makanan khas Medan paling populer

Orang bilang belum lengkap berwisata ke kota Medan kalau belum menikmati yang namanya Kari Bihun. Inilah masakan tradisional yang bisa dibilang terdiri dari begitu banyak elemen yang menjadikan cita rasanya begitu kaya. Nah, apa sajakah yang menjadikan Kari Bihun ini begitu menarik?

Selain menggunakan bihun dan juga daging ayam, terdapat beragam rempah yang menjadikan kuah dari masakan ini begitu lezat. Terdapat penggunaan bahan-bahan seperti bunga lawang, kapulaga, kayu manis, hingga cengkih. Kesemuanya ini akan berpadu dengan tumisan bumbu halus dan dedaunan aromatik. Kemudian, kuah ini akan dipadukan dengan santan sehingga semuanya menjadi paripurna. Sungguh harmonis!

Yuk, coba masak resep kari bihun ini!

Seru kan berpetualang ke Medan? Banyak hidangan yang berbeda dengan negeri-negeri lainnya di Indonesia. Untuk makan siang, makan malam, ataupun buka puasa serta sarapan dan sahur, kota ini punya semuanya. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.