Membuat Gorengan untuk Buka Puasa Lebih Sehat dari Dagangan Kaki Lima

Simpan ke bagian favorit

Wina|Mei 21, 2018

Pasti berbuka puasa itu tidak jauh dari yang namanya gorengan. Deg-degan nggak sih kalau setiap hari ketemu dengan gorengan? Tapi di sisi lain doyan banget makan gorengan untuk buka puasa. Jadi bagaimana baiknya? Selain mengurangi semampunya, ada sih cara lain teman-teman. Jalan tengahnya adalah membuat gorengan dengan cara lebih sehat. Yuk kita bahas bersama!

Buka puasa dan gorengan hangat itu bagaikan film dengan good ending. Seharian tidak makan dan minum, selera makan pas lagi tinggi-tingginya, dan di depan kamu ada beragam gorengan hangat dan renyah. Susah memang menahan diri dihadapkan pada kondisi seperti itu!

Soal gorengan yang lebih sehat, ternyata ada banyak cara membuatnya – dari pemilihan bahan hingga cara menggorengnya. Sebetulnya semua bisa banget dilakukan asalkan kita meniatkannya dan memanfaatkan apa saja yang tersedia di dapur kita.

Kreasikan resep-resep baru dengan bahan berkualitas

gorengan untuk buka puasa
Kreasikan gorengan kamu dengan bahan-bahan baru dan cocolan saus yang unik. (Foto: Shutterstock)

Gorengan sebetulnya tidak harus lagi yang model itu-itu lagi. Misalkan masih mau tetap membuat bakwan, tahu isi, atau pisang goreng – kita bisa juga kreatif dengan paduan bumbu tambahan dan adanya saus seperti sour cream atau Greek yogurt dengan bubuhan daun peterseli misalnya. Atau kreasikan sesuka hatimu!

Tapi berikut ini aku contohkan beberapa kombinasi resep gorengan kekinian yang bisa kamu coba. Soal bumbu atau penyedapnya, bisa kamu atur sendiri sesuai selera. Tambahkan misalnya paprika bubuk, cabai bubuk, herba seperti thyme atau basil, dan pastinya garam serta merica secukupnya.

  • Gorengan zucchini dan jagung
  • Gorengan kembang kol dengan brokoli
  • Gorengan bayam atau kale
  • Bakwan jagung dan cabai jalapeno
  • Bakwan brokoli dengan keju Cheddar
  • Gorengan apel dengan kayu manis

Alternatif sehat penggunaan tepung terigu

Untuk gorengan, adonan tepung terigu memiliki fungsi penting sebagai binding agent atau yang menyatukan semua bahan lainnya agar mudah digoreng dan menyerap minyak. Tapi sayangnya tepung terigu sedikit nilai nutrisinya dan beresiko bila dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gangguan metabolisme.

Alternatif sehatnya kita bisa menggunakan tepung yang terbuat dari kacang chickpea atau tepung kacang badam misalnya. Nah, ketersediaan bahan-bahan ini bisa kamu cek di toko-toko yang menjual bahan makanan organik yang sekarang mulai menjamur di Indonesia. Untuk bahan lokalnya, kamu bisa juga menggunakan tepung beras maupun tepung jagung.

Gunakan minyak zaitun

Selain titik didihnya yang tinggi hingga mencapai lebih dari 200C dan kaya dengan omega 9, kualitas minyak zaitun memang lebih baik dari banyak minyak goreng lainnya. Meski lebih mahal – terlebih saat dipakai untuk membuat gorengan, tapi minyak zaitun adalah salah satu cara untuk menjadikan gorengan lebih sehat.

Ternyata minyak yang dipakai pada gorengan gaya modern juga tidak perlu terlalu banyak. Tapi misalnya kamu ingin menggoreng dengan cara klasik, bisa gunakan deep fryer agar lebih merata hasilnya. Tapi dicatat juga ya teman-teman, deep fryer dan minyak zaitun akan membuat kantung jebol. Yang terbaik tentu adalah menyesuaikan juga dengan budget kamu juga.

Meskipun namanya gorengan untuk buka puasa, tapi alternatif sehatnya bisa juga dengan memanggangnya loh teman-teman. Hanya kekurangannya adalah kita tidak akan mendapatkan kerenyahan yang muncul karena proses penggorengan.

Gunakan cara ini agar gorengan lebih renyah

gorengan untuk buka puasa
Teknik membuat tempura bisa jadi inspirasi agar gorengan lebih renyah dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Meski telah cukup lama tersaji, biasanya tempura tetap renyah dan enak untuk dinikmati. Rahasianya adalah orang Jepang biasanya menggunakan air es yang dicampurkan dengan adonan tepungnya. Begitupun dengan orang Inggris yang menggunakan air soda untuk adonan fish and chips-nya yang terkenal.

Selain dengan cara ini, kamu juga bisa coba mencampurkan soda kue ke dalam adonan tepung. Selain menjadikan gorengan lebih renyah, kadar minyak yang terserap juga lebih sedikit.

Setelah matang jangan lupa tiriskan

Setelah bermandikan minyak, jangan langsung buru-buru disajikan ya teman-teman. Memang enak sih ketika disantap panas-panas, tapi sabar dan biarkan gorengan beristirahat sejenak. Minyak akan sedikit-sedikit menanggalkan permukaan gorengan dengan cara ditiriskan.

Ingin lebih menyeluruh? Bisa juga kamu menempelkan setiap gorengan dengan tisu dapur yang tebal sehingga minyak lebih banyak yang terserap. Agak repot sih memang, tapi begitulah agar gorengan yang tersaji bisa lebih menyehatkan.

Selamat mencoba gorengan untuk buka puasa yang lebih sehat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.