Jenis Masakan


Masak Apa Hari Ini? Ini 5 Resep Pilihan untuk Para Pemula di Dapur

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Mei 7, 2020

Masak apa hari ini? Pertanyaan itu seringkali muncul di pagi hari, apalagi jika kita masih pemula di dapur. Padahal, ada banyak lho menu yang bisa dicoba. Bahkan, satu bahan masakan bisa kita olah ke dalam ragam sajian. Misalnya saja tahu. Darinya kita bisa membuat tahu isi, semur tahu, tumis tauge tahu, dan masih banyak lagi!

Nah, agar tidak bingung masak apa hari ini, tim MAHI berbagi resep-resep praktis yang cocok dicoba oleh pemula. Resep-resep berikut tidak butuh waktu lama lho untuk membuatnya. Penasaran apa saja itu? Yuk, kita ke dapur!

1. Tumis tempe kecap, jawaban atas pertanyaan “Masak apa hari ini?”

Kita mulai dengan bahan makanan yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Ya, tempe jadi salah satu makanan Indonesia yang bisa kita temui di pasar tradisional, supermarket, bahkan tukang sayur depan rumah.

Dari sekian banyak resep tempe, kamu bisa mencoba resep tumis tempe kecap yang praktis tapi punya rasa yang lezat. Tahapan membuatnya terbagi dua, yakni kita goreng dulu tempenya baru setelah itu kita tumis dengan bumbu kecap yang nikmat. Lihat resep lengkap tumis tempe di sini, ya!

2. Semur ayam, yang paling populer di Indonesia

Jika kamu ingin makanan rumahan yang terbuat dari daging ayam, kamu bisa mencoba menu semur ayam. Hidangan ini tak terlalu sulit dibuat, kok! Kita hanya perlu menumis ayam dengan bumbu semur lalu memasaknya hingga matang.

Sama dengan tumis tempe sebelumnya, kita pakai Bango Kecap Manis untuk mendapatkan manis yang pas serta warna cokelat kekuningan yang menggugah selera. Simak resep lengkap semur ayam yang mudah diikuti ini.

3. Ayam popcorn, camilan gaya baru

Kamu ingin olahan ayam yang lebih simple dan garing? Kita rekomendasikan resep ayam popcorn satu ini. Seperti namanya, kita akan membuat ayam goreng tepung versi ukuran kecil-kecil sehingga bisa dimakan sekali santap layaknya popcorn.

Ayam yang kita gunakan bisa fillet bagian dada ayam atau paha atas. Jika kamu ingin lebih minim lemak, gunakan bagian dada ayam, ya. Tapi memang, bagian dada cenderung lebih kering dibandingkan bagian paha. Santap bersama saus mayones pedas!

4. Bihun orak arik, mudah untuk diikuti

Hasil masak resep bihun siap dinikmati.
Mudahnya memasak resep bihun yang satu ini! (Foto: MAHI)

Menu berikutnya yang bisa dicoba oleh pemula adalah bihun orak arik. Bihun goreng memang jadi salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya bihun hadir dalam sajian nasi uduk khas Betawi. Rasanya asin gurih, cocok dijadikan menu pendamping.

Langkah membuat bihun orak arik ini terdiri dari dua bagian. Pertama kita rebus terlebih dahulu bihunnya, baru setelah itu kita tumis beserta bumbu dan telur. Kamu juga bisa menambahkan topping lain sesuai selera, seperti udang hingga suir ayam.

5. Nasi goreng teri Medan, pilihan aman kapan saja

Menu praktis tapi jadi comfort zone bagi orang Indonesia adalah nasi goreng. Racikan nasi dan bumbu yang dioseng ini memang punya rasa yang khas. Selain itu, nasi goreng juga cukup fleksibel untuk kita kreasikan dengan ragam topping.

Salah satu resep yang wajib kamu coba adalah nasi goreng teri Medan. Rasa asin gurih dari teri Medan ini memberikan rasa ekstra lezat dalam sajian nasi goreng. Sajikan nasi goreng teri ini bersama telur ceplok, kerupuk, serta potongan tomat dan timun agar makin mantap.

Demikian lima resep praktis yang bisa kamu coba di rumah. Tak perlu lagi bingung masak apa hari ini, tinggal klik pilihan resep di MAHI, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.