Jenis Masakan


Maksimalkan Fungsi Freezer Kulkas untuk Mengawetkan Makanan Dengan Cara Ini

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juni 18, 2019

Freezer kulkas merupakan salah satu aset terpenting di dapur kita. Apalagi kalau kita termasuk yang senang berlama-lama di dapur untuk menyajikan hidangan enak bagi keluarga. Sudah sejauh mana kita memaksimalkan fungsi dan mengenal freezer kulkas? Tak hanya menjaga makanan tetap beku seperti es krim, freezer juga berfungsi mengawetkan berbagai jenis macam makanan. Apa saja yang wajib kita tahu tentang salah satu bagian penting dalam kulkas rumahmu?

Yuk, simak beberapa info penting ini!

1. Suhu freezer kulkas ideal

Suhu ideal freezer kulkas di angka -22C.
Suhu ideal freezer kulkas berada di angka minimal -18C. (Foto: Shutterstock)

Berapakah suhu ideal di dalam freezer? Apa perbedaan antara freezer dan chiller? Suhu dalam freezer kulkas bisa mencapai hingga lebih dari –20°C untuk kulkas profesional. Bakteri akan menjadi non aktif ketika di bawah suhu –18°C. Berbeda dengan chiller, bagian kulkas yang satu ini biasanya memiliki suhu –4°C sampai 6°C. Maka semakin rendah suhu, semakin sulit bakteri dan jamur untuk berkembang. Masak Apa Hari Ini pernah membahas lebih jauh mengenai cara menjaga suhu kulkas untuk menjaga kesegaran isinya.

2. Mengawetkan bahan makanan dalam freezer

Tak hanya membekukan bahan makanan, freezer berfungsi untuk memperpanjang umur simpan bahan makanan segar ataupun olahan. Durasi penyimpanan sendiri bisa bertahan 3-6 bulan atau spesifik menurut bahan-bahannya. Beberapa jenis bahan mentah yang biasa dibekukan adalah seperti daging merah, ikan, seafood, dan daging ayam.

Begitu juga dengan produk olahan seperti sosis, bakso, smoked beef, nugget, hingga makanan berbalur tepung. Bukan hanya itu, freezer juga mampu mengawetkan makanan matang atau buah-buahan demi memperpanjang umur simpannya. Inilah contoh dan caranya:

  • Buah-buahan
Freezer kulkas sebagai tempat membekukan buah.
Bekukan buah-buahan di dalam freezer kulkas untuk membuat smoothie atau milkshake. (Foto: Shutterstock)

Beberapa jenis buah yang bisa kita bekukan adalah nanas, alpukat, pisang, dan stroberi. Buah-buahan dalam bentuk frozen atau beku biasanya dibutuhkan untuk membuat milkshake atau smoothie. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, sebaiknya kupas atau potong buah-buahan terlebih dahulu dan masukkan ke dalam wadah tertutup agar aroma buah tak terkontaminasi dengan bahan makanan lain. Dengan buah yang segar, kita bisa membuat macam-macam makanan, termasuk di antaranya salad buah.

  • Kaldu

Kaldu ayam atau sapi juga bisa kita awetkan di dalam freezer. Sebelum memasukkan ke dalamnya, pastikan kaldu berada dalam suhu ruang dan dalam keadaan tertutup. Kaldu yang kental dapat bertahan hingga enam bulan lamanya, jika freezer berada dalam suhu di bawah 18°C.

  • Sayuran

Tidak semua jenis sayuran bisa disimpan di freezer, terutama sayuran yang mengandung banyak air dan berwarna hijau seperti bayam, selada, dan kangkung. Sayuran berdaun tersebut akan lebih cepat layu dan basah jika dimasukkan ke dalam freezer.

Beberapa sayuran yang bisa dibekukan adalah wortel, jagung, kubis, kol, juga beberapa bumbu-bumbu halus siap pakai seperti rendang, opor, atau bumbu dasar. Sebaiknya, sayuran dikupas dan dipotong terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam freezer. Tempatkan dalam plastik bening kedap udara atau buang sebanyak mungkin udara dalam plastik. Tujuannya untuk meminimalisir kerusakan makanan.

3. Tip menyimpan bahan makanan dalam freezer

Agar freezer berfungsi dengan maksimal, kita bisa mengatur cara penyimpanan makanan sesuai dengan fungsi bagian-bagiannya. Berikut ulasannya.

  •  Memilih bahan makanan yang disimpan di pintu freezer

Bagian pintu freezer kulkas merupakan tempat yang memiliki suhu lebih rendah dibandingkan bagian lainnya. Untuk itu, usahakan untuk tidak menyimpan makanan yang perlu suhu sangat rendah seperti es krim, daging, atau bahan mentah lain. Pilih makanan yang bisa disimpan dalam suhu sekitar 0°C seperti camilan, nugget, kornet, atau bumbu.

  • Menggunakan wadah kecil
Food container di dalam freezer kulkas.
Penggunaan food container adalah pilihan tepat sebagai tempat membekukan sayuran. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan food container sangat disarankan karena memiliki beberapa fungsi, seperti untuk pengklasifikasian makanan hingga menjaga nutrisinya. Gunakan juga plastik klip atau zipper bag yang akan memudahkan kita dalam menyimpan makanan.

  • Memorsikan bahan makanan sebelum dibekukan

Simpan bahan makanan dalam freezer dalam kemasan sekali pakai. Misalnya kita punya 2 liter kaldu yang biasanya kita membutuhkan 500 ml kaldu untuk sekali masak. Pisahkan kaldu dalam empat bagian untuk memudahkan kita saat ingin menggunakan kaldu tersebut.

Kini tak bingung lagi, kan, bagaimana memaksimalkan fungsi freezer kulkas sebagai alat pengawet makanan tanpa bahan kimia. Yuk, berikutnya kita coba berbagai camilan enak yang bisa dibuat dari isi kulkas di rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.