5 Camilan Enak yang Bisa Dibuat dari Isi Kulkasmu

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Oktober 5, 2018

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bermalas-malasan sambil menyantap camilan enak. Meski inginnya begitu, terkadang kamu pun tak punya waktu untuk berbelanja demi kebutuhan makanan di hari libur. Agar lebih praktis dan hemat waktu, kamu bisa memasak camilan enak dengan memanfaatkan isi dari kulkasmu. Tentunya akan sedikit berbeda dari menu kebanyakan karena kamu memang hanya menggunakan bahan-bahan sisa dalam kulkas.

Satu aturan main yang biasa aku coba di rumah adalah yang satu ini. Biasakan selalu menyediakan tepung terigu, tepung beras, serta bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih agar memasak dadakan lebih mudah.

Bakwan Sayuran

Namanya juga bakwan sayuran, jadi bahannya tak selalu harus seperti yang dijual kebanyakan. Kamu bisa membuat bakwan sayuran dengan campuran jagung, buncis, wortel, bawang bombay, atau bahkan jamur. Iris tipis semua bahan, kemudian aduk bersama adonan tepung basah berbumbu Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam. Goreng hingga cokelat keemasan. Mudah, kan?

camilan enak
Bikin bakwan dengan sayuran versimu saja. Mudah! (Foto: Shutterstock)

Cimol, Cilok, atau Cireng

Yang kamu butuhkan hanya tepung tapioka, bawang putih, sedikit bawang daun dan tepung terigu. Cimol, cilok, atau cireng adalah camilan yang bahan-bahannya sangat sederhana. Kamu hanya perlu belajar teknik membuat adonannya agar mudah dibentuk. Jangan lupa sertakan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi ke dalam adonan tepung agar lebih sedap.

Jamur Goreng Tepung

Punya jamur sisa membuat mushroom cream soup, pasta, atau tumis sayuran? Celupkan jamur ke dalam adonan tepung terigu berbumbu Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam, goreng hingga cokelat keemasan. Untuk jamur kancing, kamu juga bisa melapisinya dengan tepung roti agar lebih garing.

camilan enak
Manfaatkan sisa jamur untuk diolah jadi camilan. (Foto: Shutterstock)

Mac n Cheese Praktis

Makaroni sisa membuat sup bisa kamu manfaatkan untuk membuat mac n cheese versi kamu. Kamu hanya tinggal merebus makaroni dengan susu dan Royco Kaldu Sapi untuk membuat rasanya creamy. Saat hampir matang, aduk rata makaroni bersama keju parut. Kamu bisa menggunakan keju apapun yang tersedia dalam kulkasmu, misalnya cheddar, parmesan, mozzarella, atau bahkan keju lembaran.

Tahu Sambal Kecap

Punya tahu yang menganggur di kulkas? Kamu bisa mengolahnya dengan dua cara, yakni dikukus atau digoreng. Jika tahu bertekstur lembut seperti tahu susu, lebih sedap jika disantap dengan cara dikukus. Untuk tahu goreng, cukup balur tahu dengan tepung maizena, goreng hingga garing. Nikmati dengan cocolan sambal kecap menggunakan Bango Kecap Manis atau Bango Kecap Pedas Gurih.

camilan enak
Dikukus atau digoreng, keduanya sedap dengan cocolan. (Foto: Shutterstock)
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.