Berapa Lamakah Semestinya Kita Menyimpan Daging di Kulkas?

Simpan ke bagian favorit

rianfarisa|Januari 4, 2019

Lama menyimpan daging di kulkas selalu menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang ingin memulai hobi memasak lebih serius. Pertanyaan ini terjadi dari masa ke masa, terlebih ketika baru berbelanja bulanan stok daging tengah berlebih. Padahal ada beberapa pengetahuan yang bisa kita ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dan untuk mencegah kita memasak terlalu cepat serta banyak.

Soal pengetahuan cara menyimpan makanan di kulkas sangatlah esensial demi menjaga kualitas serta kesehatan kita. Setidaknya ada 48 juta orang di dunia yang mengalami sakit karena keracunan makanan setiap tahunnya – baik itu karena makan di restoran ataupun di rumah, menurut laporan CDC (Centers for Disease Control and Prevention).

USDA atau Departemen Pertanian Amerika Serikat menyebutkan dua tipe bakteri dalam makanan yang menyebabkan ini. Bakteri patogen yang lebih bahaya biasanya berkembang biak karena makanan tidak dimasukkan ke kulkas dan ini sulit dideteksi dari tampilan, bau, bahkan rasanya. Sementara bakteri yang menyebabkan basi adalah kebalikannya karena akan terdeteksi dari tampilan, bau, serta rasanya. Inilah mengapa kita perlu menyimpan daging di dalam kulkas secara baik dan benar.

Menyimpan daging di kulkas

Menyimpan daging di kulkas dalam wadah plastik.
Wajib hukumnya menyimpan daging mentah di kulkas bila tidak segera akan dimasak. (Foto: Shutterstock)

Kunci dari penyimpanan daging adalah menggunakan freezer. Dengan menyimpannya di sini, berbagai mikroba seperti bakteri ataupun ragi menjadi mati suri. Meskipun tidak perlu selalu menutupnya rapat dalam kantung vakum, tetap saja sebaiknya kita menjaga kelembapan tetap ada dengan melakukannya. Ini diyakini akan tetap menjaga kelezatan daging nantinya.

Tentunya menyimpan terlalu lama juga tidak terlalu disarankan. Setelah dicairkan dan dimasak, bisa-bisa daging sudah tidak selezat semestinya dahulu. Pastikan menyiapkan wadah untuk tetesan dari daging saat proses pencairan. Ini dimaksudkan untuk menjaga sisi higienis dan menghindari agar tetesannya tidak mengkontaminasi makanan lain.

Berikut adalah beberapa jenis daging dan rekomendasi penyimpanannya menurut USDA:

1. Daging sapi

Menyimpan daging di kulkas seperti daging sapi berikut ini.
Daging sapi yang dibekukan bisa digunakan hingga beberapa bulan bahkan setahun ke depan! (Foto: Shutterstock)

Rupanya daging sapi yang belum dimasak dapat disimpan hingga berbulan-bulan. USDA menyarankan untuk menyimpan daging steak selama 6-12 bulan. Sementara untuk daging cincang hanya selama 3-4 bulan saja. Setelah dimasak, kita masih bisa menyimpan daging sapi selama 2-3 bulan namun tentunya kualitas akan menjadi turun.

2. Daging ayam

Menyimpan daging di kulkas dan mencairkannya di microwave.
Cairkan makanan yang dibekukan dengan cara yang benar. (Foto: Shutterstock)

Kalkun serta daging ayam dapat disimpan dalam freezer selama satu tahun penuh. Sementara bila sudah dipotong-potong maka masa waktunya akan berbeda-beda. Misalnya saja bagian dada, paha ataupun sayap bisa disimpan hingga 9 bulan. Lain halnya dengan daging ayam cincang yang hanya 3-4 bulan saja.

3. Seafood

Menyimpan daging di kulkas termasuk udang yang satu ini.
Udang dapat disimpan dalam freezer selama beberapa bulan. (Foto: Shutterstock)

Makanan boga bahari memiliki spesifikasi yang lebih detil urusan cara penyimpanannya. Misalkan saja ikan yang berlemak seperti salmon hanya bisa disimpan 2-3 bulan saja, sementara ikan yang tidak terlalu berlemak bisa disimpan sejauh 6-8 bulan.

Begitupun juga udang atau kerang yang bisa disimpan hingga setengah tahun, sementara daging ikan yang sudah dimasak hanya bertahan hingga 4-6 bulan. Yang paling pendek umurnya adalah ikan yang sudah diasapi dan ini hanya boleh disimpan selama 2 bulan saja sebelum kualitasnya sangat menurun.

Semoga informasi mengenai menyimpan daging di kulkas yang Tim MAHI bagi hari ini bermanfaat untuk yang tengah mendalami untuk memasak daging dan membeli stok lebih banyak dari biasanya. Pastikan untuk senantiasa menjaga kualitasnya dan deteksi lebih dini sekiranya daging sudah tidak bisa dikonsumsi lagi. Selain ini, jangan lupa membaca cara-cara menyimpan buah serta sayur agar tahan lama. Ingin mencari inspirasi lainnya? Kunjungi bagian resep dan artikel serta produk dari Masak Apa Hari Ini!

Selamat berbelanja!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.