Jenis Masakan


Cara Mengasah Pisau Agar Memasak Semakin Mudah

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Juli 25, 2019

Sudahkah kamu mengetahui cara mengasah pisau yang baik dan benar? Masak masakan dengan pisau tumpul lebih membutuhkan waktu, tenaga ekstra, dan lebih beresiko. Selain tentunya proses memotong bahan makanan menjadi tidak rapi. Agar hal itu tidak terjadi, pastikan kamu mengetahui cara mengasah pisau dapur yang benar.

Sebelumnya, tim MAHI sudah berbagi tujuh jenis pisau yang memiliki fungsi berbeda. Jika kamu sudah memiliki berbagai jenis pisau, tentu kamu ingin agar pisau-pisau itu tetap tajam dan terawat. Semakin sering dipakai, ketajaman pisau tentu takkan sama seperti saat kita membelinya. Bagian bilah pisah tentu akan lebih tumpul dan butuh diasah agar kembali tajam.

Ada beberapa cara mengasah pisau yang bisa kamu pilih, mulai dari cara klasik hingga menggunakan alat modern. Berikut adalah ulasannya.

1. Menggunakan batu asah

Mengasah pisau dengan batu asah.
Batu asah populer sebagai salah satu cara mengasah pisau. (Foto: Shutterstock)

Cara mengasah pisau yang paling populer di Indonesia adalah dengan menggunakan batu asah. Biasanya, batu asah ini dijual di pasar tradisional. Batu asah berbentuk segi empat panjang dengan ketebalan 3-5 cm.

Cara mengasah pisau menggunakan alat ini cukup sederhana. Pertama, rendam dulu batu asah sebentar saja. Fungsinya adalah sebagai pelumas alami. Kemudian siapkan alas di bawah batu asah agar tidak licin dan bergeser saat kamu sedang mengasah. Kamu bisa memilih lap dapur sebagai alasnya dan asah pisau dapurmu secara perlahan dengan gerakan seperti mengoles mentega.

2. Menggunakan mug

Tidak punya batu asah di rumah? Kamu bisa memanfaatkan mug atau gelas berbahan keramik untuk mengasah pisau dapur. Caranya pun cukup sederhana. Pertama, gunakan bagian bawah mug, tepatnya pada garis ujung mug yang biasanya berbentuk melingkar dan terlihat kasar. Selain mug, kamu juga bisa menggunakan bagian belakang mangkuk.

Asah pisau pada bagian belakang mug yang kasar tersebut dengan posisi miring 15 derajat. Lakukan hingga pisau menjadi lebih tajam. Cara ini bisa kamu pilih di saat darurat, seperti misalnya saat sedang berlibur di penginapan.

3. Menggunakan alat asah otomatis

alat asah otomatis atau knife sharpener
Ada beragam macam alat asah otomatis yang bisa kamu coba. (Foto: Shutterstock)

Butuh cara yang lebih efektif dan cepat? Kini sudah tersedia berbagai jenis alat asah instan. Alat tersebut populer dengan nama knife sharpener atau knife grinder. Bentuknya cukup beragam. Pastikan kamu memilih produk dengan material berkualitas karena kini sudah banyak alat pengasah otomatis tiruan yang kualitasnya kurang bagus.

Alat asah instan biasanya menggunakan daya dari baterei atau listrik sehingga bisa bergerak secara otomatis. Beberapa produk juga menyediakan fungsi asah untuk alat lain seperti gunting dan obeng. Harganya bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Menggunakan honing steel

Sepintas, alat ini tidak seperti pengasah pisau. Bentuknya lebih mirip obeng, karena panjang dan memiliki gagang. Honing steel pun populer dengan sebutan sharpening steel, karena terbuat dari baja dan diperuntukkan untuk mengasah pisau.

Seorang chef mengasah pisau dengan honing steel
Alat asah yang satu ini kerap digunakan oleh chef. (Foto: Shutterstock)

Alat ini biasanya dipakai oleh para chef untuk mengasah pisau dapurnya. Tak hanya dibuat menggunakan bahan dasar baja, honing steel juga banyak yang terbuat dari keramik.

5. Memanggil tukang asah keliling

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan cara paling simple, yaitu memanggil tukang asah. Di beberapa daerah, ada banyak tukang asah keliling. Atau kamu juga bisa menemukan tukang asah yang biasanya menanti pelanggannya di pasar tradisional.

Biasanya tukang asah keliling menggunakan alat asah yang digerakkan secara manual. Karena mereka sudah terbiasa mengasah pisau, mereka melakukannya dengan relatif cepat. Kita hanya perlu membayar jasanya saja. Ini cara efektif untuk kamu yang tidak punya alat asah sendiri.


Dari kelima cara mengasah pisau di atas, cara mana yang menurutmu paling mudah? Jangan lupa untuk mempertimbangkan jenis dan kualitas pisaumu, ya! Jangan sampai, pisaumu rusak karena memilih cara mengasah yang salah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.