5 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Terjaga Kualitasnya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Mei 22, 2019

Siapa yang masih suka asal soal cara menyimpan daging sapi di kulkas? Menyimpan daging sapi di freezer memang bisa membuatnya lebih tahan lama. Akan tetapi, jika cara penyimpanannya salah, bakteri akan tumbuh tak terkendali dan membahayakan kesehatan. Jangan sampai keluarga tercinta jatuh sakit hanya karena kita salah dalam soal tata cara penyimpanannya.

Selain mencegah pertumbuhan bakteri, menyimpan daging sapi di kulkas dengan benar dapat membantu menjaga kualitas daging. Jika kualitasnya terjaga, rasa masakan daging yang telah diolah tentu lebih nikmat.

Yuk, simak cara menyimpan daging sapi di freezer berikut ini!

1. Tidak mencuci daging

Cara menyimpan daging setelah membelinya dari tukang daging.
Setelah membelinya dari tukang daging, jangan lantas langsung mencucinya! (Foto: Shutterstock)

Banyak yang salah kaprah dengan cara penyimpanan bahan makanan di kulkas, terutama daging sapi. Mencuci daging sebelum memasukkannya ke freezer, akan membuat bakteri masuk ke dalam pori-pori daging. Lebih baik, daging dicuci hanya sesaat sebelum diolah. Jangan lupa bahwa suhu rendah sejatinya akan menekan pertumbuhan bakteri. Mencucinya malah akan menambah populasinya pada daging meski akan didinginkan kemudian.

2. Membungkus daging dengan ekstra

Daging yang dibeli di supermarket biasanya sudah terbungkus plastic wrapping. Untuk memberi perlindungan ekstra, kita bisa membungkus dengan wrapping tambahan menjadi double layer. Selain melindungi daging, langkah kedua ini bisa melindungi makanan lain yang ada di dalam freezer.  Namun, pastikan daging tidak dibungkus kantong plastik hitam ya. Karena kandungan karbonnya bisa berakibat buruk untuk kesehatan.

3. Memberikan catatan tanggal

Cara menyimpan daging sapi dengan mempertimbangkan tanggal kadaluarsa.
Label dengan tanggal kadaluarsa adalah rekomendasi bagus untuk diperhatikan soal kapan kita harus mengolah dagingnya. (Foto: Shutterstock)

Seringkali kita lupa waktu menyimpan daging. Nah, kita bisa akali dengan menambahkan notes atau catatan kecil di atas daging berisi tanggal daging dibeli dan masuk ke dalam freezer. First in, first out! Tapi penanggalan bisa jadi hanyalah sebuah indikator rekomendasi. Percayakan di lini akhir yaitu indra penciuman kita untuk dapat menentukan apakah daging masih segar ataupun tidak.

4. Cara menyimpan daging sapi di kulkas

Sebelum memasukkan daging ke freezer, sebaiknya kita simpan dulu daging di dalam kulkas bagian bawah selama kurang lebih 4-5 jam saja. Tujuannya agar daging tidak mengalami perubahan suhu yang drastis, sehingga kualitasnya lebih terjaga.

5. Atur suhu freezer yang tepat

Cek kembali suhu freezer di rumahmu. Pastikan suhunya sudah di bawah -18 derajat celcius. Pada suhu ini, mikroba seperti bakteri dan jamur akan mati sehingga kualitas daging lebih terjaga. Perhatikan juga agar kita tidak membekukan kembali daging yang sebelumnya telah dibekukan namun tidak jadi diolah. Pastikan untuk mengolahnya terlebih dahulu sebelum kembali untuk didinginkan atau dibekukan.

Jika sudah menerapkan lima cara menyimpan daging sapi di atas, berapa lama ya amannya untuk dikonsumsi? Jawabannya adalah sekitar 4-12 bulan. Daging sapi juga bisa kita potong-potong dulu sesuai jenis masakanmu, sebelum dibungkus dan dimasukkan ke dalam kulkas. Gampang kan?

Pelajari juga berbagai kiat menyimpan makanan lainnya seperti cara menyimpan buah serta cara menyimpan sayur agar segar lebih lama.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.