Jenis Masakan


5 Cara Membuat Salad Buah yang Menarik untuk Buka Puasa Penuh Semangat

Simpan ke bagian favorit

Maddie|April 26, 2019

Biasanya cara membuat salad buah dicari-cari oleh mereka yang sedang berfokus pada gaya hidup sehat. Namun bukan hanya soal itu, di bulan Ramadan nanti salad buah bisa menjadi pilihan berbuka puasa yang menyenangkan. Bayangkan rasa asam dan manis yang menyegarkan berpadu di antara warna warninya. Kesemuanya datang dalam variasi yang berbeda-beda.

Ingin tahu cara membuat salad buah yang menarik dan berbagai trik lainnya? Jadikan Iftar saat Ramadan semakin seru dengan kehadiran salad buah yang ciamik penampilannya!

1. Cara membuat salad buah tetap segar

Isilah waktu ngabuburit dengan mempersiapkan berbagai buah-buahan potong. Setelah dipotong, masukkan buah dalam wadah tertutup atau dilapisi dengan cling wrap. Jangan malas memisahkan berbagai buah yang berbeda agar rasanya tidak bercampur dan warnanya tetap segar. Ingat bahwa beberapa jenis buah biasanya berubah warnanya setelah dipotong, contohnya seperti buah apel. Maka dari itu kamu bisa merendamnya terlebih dahulu di dalam air yang diimbuhi dengan air buah lemon. Simpan dalam kulkas hingga waktunya untuk disajikan.

2. Sajikan menggunakan wadah kulit buahnya

Cara membuat salad buah naga.
Gunakan kulit buah naga sebagai wadah salad buahmu. (Foto: Shutterstock)

Buah-buahan berkulit tebal bisa diberdayakan sebagai wadah untuk salad buah agar tampil semakin berwarna. Beberapa yang populer adalah semangka, nanas, melon, hingga buah naga. Berbagai buah potong yang sudah kamu persiapkan tadi hanya perlu ditata dengan rapi dan menarik di atas wadah “organik” ini. Jadikan macam-macam hidangan saat buka puasa semakin memikat!

3. Tampilkan dengan kombinasi warna yang menarik

Bicara soal cara membuat salad buah, tentu yang perlu ditonjolkan adalah pilihan buah yang tepat serta kombinasinya agar memiliki warna menarik. Untuk menjaga konsistensi, sebaiknya kamu memilih buah-buahan yang teksturnya lebih padat dan bukan yang terlalu matang. Pilihlah berbagai buah-buahan yang memiliki warna terang, dipotong-potong seukuran bite size dan tidak mengandung biji. Variasikanlah sesuai dengan kreativitasmu!

4. Gunakan saus hanya saat sebelum disajikan

Cara membuat salad buah dengan saus.
Dengan topping saus, maka rasa salad buah akan semakin berwarna. (Foto: Shutterstock)

Apapun saus yang sudah kamu siapkan untuk salad buah yang akan disajikan untuk Iftar nanti, pastikan untuk menuangkannya sesaat sebelum disajikan. Bila kamu terburu-buru menyiramkannya saat waktu berbuka puasa masih jauh, maka buah potong akan menjadi layu. Tuangkan sebelum akan dinikmati dan isilah dengan batch baru bila yang lama sudah habis. Setelahnya, siram kembali dengan sausnya agar selalu tampil segar saat disajikan.

5. Jangan lupa tambahkan topping

Cara membuat salad buah menggunakan topping.
Tambahkan topping pada salad buahmu agar lebih menarik. (Foto: Shutterstock)

Salad buah lekat cocok menggunakan topping untuk menjadikan rasanya semakin beragam. Misalnya saja menggunakan parutan keju untuk memberikan sedikit rasa asin gurih pada salad buah manis. Menarik, lho! Selain itu, kamu juga bisa menggunakan topping lainnya seperti almond flake ataupun dessicated coconut yang kekinian dan sedang hype di kalangan vegan dan penganut gaya hidup sehat!


Satu hal terakhir yang tidak boleh dilupakan dari cara membuat salad buah adalah untuk memilih bahan-bahan yang segar. Gunakan jenis buah-buahan yang sedang musim untuk mendapatkan rasa terbaik. Terlebih lagi di bulan Ramadan, tentu keluargamu akan senang bila rasanya enak dan juga menyehatkan. Cobalah dari berbagai inspirasi salad buah seru yang sudah tampil di Masak Apa Hari Ini untuk memulainya. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.