10 Cetakan Kue dan Loyang Wajib Punya Untuk Lebaran| MAHI

10 Cetakan Kue dan Loyang Wajib Punya Untuk Persiapan Lebaran

Simpan ke bagian favorit

Valentina|April 22, 2022

Sudah mulai menyiapkan daftar cake dan kue kering yang ingin dibuat menjelang Lebaran? Sebelum membuat daftar belanja bahan kue, pastikan kamu sudah memiliki cetakan kue dan loyang yang tepat untuk hidangan manis pada Hari Raya nanti, ya! Buat yang belum menentukan pilihan, 10 rekomendasi loyang dan cetakan kue ini mungkin bisa menjadi inspirasi kamu untuk memilih variasi kue dan cake untuk Idul Fitri.

10 Pilihan Cetakan Kue dan Loyang Untuk Hari Raya

Dari berbagai macam cetakan kue yang bisa ditemukan di toko, kami punya 10 rekomendasi yang bisa kamu pilih. Sesuaikan dengan budget dan jenis cake yang akan kamu buat ya!

1. Loyang Tulban

Loyang tulban dengan hasil cake.
Loyang tulban atau cetakan kue dengan lubang di bagian tengahnya. (Foto: Shutterstock)

Loyang tulban adalah loyang bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Tujuannya adalah memberi suhu panas dari bagian tengah loyanga tengah sehingga cake lebih cepat matang merata. Marmer cake, bolu tape, chocolate cake, atau bolu keju bisa jadi pilihan tepat untuk dipanggang dalam loyang tulban ini.

2. Cetakan Cookies dan Biskuit 

Kue semprit, putri salju, kaastengels, atau lidah kucing adalah sederet kue kering yang khas dengan Lebaran. Bila suka memanggang kue kering buatan sendiri di rumah, sepertinya kamu butuh pencetak kue kering yang dapat mencetak kue kering sekaligus banyak untuk menghemat waktu. Bukan lagi dijual satuan, pencetak kue kering juga disediakan dalam ukuran 20 buah kue sekali cetak. Ada juga yang berbentuk pipa tekan dengan ujung berbentuk cetakan. Ini juga lebih praktis sehingga kamu tak perlu menggiling adonan sebelum dicetak.

3. Loyang Persegi

Terbagi dalam dua versi tinggi dan volume. Loyang persegi ukuran 20-24 cm dengan tinggi rata-rata 4 cm atau 7,5 cm adalah yang paling banyak dipakai oleh pencinta baking. Loyang jenis persegi dengan tinggi sekitar 4 cm biasanya banyak dipakai untuk brownies, kue tart, atau variasi cake lain yang volumenya cenderung pendek. Ukuran loyang lebih dalam atau lebih tinggi seperti 7 cm biasanya banyak digunakan sebagai loyang untuk lapis surabaya, bika ambon, tart, atau lapis legit.

4. Cetakan Nastar 

Ada banyak sekali variasi cetakan nastar menggemaskan yang bisa kamu pilih. Supaya berbeda dengan tahun sebelumnya, variasikan bentuk nastar dengan cetakan nastar kekinian yang banyak dijual di toko alat bahan kue. Ada yang berbentuk nanas, durian, ketupat, atau cetakan mooncake yang kini banyak digunakan sebagai cetakan kue kering isi selai nanas ini.

5. Loyang Sultan

Loyang sultan umum digunakan sebagai cetakan kue marmer.
Loyang sultan memiliki material antilengket dengan desain yang mewah. (Foto: Shutterstock)

Penampilan cake utuh yang cantik memang sangat penting buat kamu ingin memamerkan menjamu keluarga besar atau menjadikan cake sebagai hantaran untuk teman dan keluarga. Salah satu kelebihan dari loyang sultan selain bentuknya yang memberi kesan mewah adalah antilengket. Tak heran harga loyang dengan banyak variasi bentuk ini jauh lebih mahal ketimbang loyang cake biasa.

6. Loyang Persegi Panjang 30×10 cm

Juga sering disebut sebagai loyang kue brownies. Selain brownies, kamu juga bisa menggunakan jenis loyang ini untuk kue lainnya seperti cake tape, cake cokelat, atau bolu keju. Salah satu alasan mengapa memilih memanggang  brownies dalam loyang ini adalah karena sangat pas untuk ukuran kebanyakan oven rumahan, bahkan untuk satu rak bisa memanggang hingga 3 loyang persegi. Hemat bahan bakar, kan? Soal kemasan, cake ukuran persegi panjang ini juga memiliki banyak pilihan kemasan sehingga kamu tak akan kesusahan mencari kemasan cantik

7. Loyang Kue Kering

Sebelum membeli loyang jenis ini, jangan lupa untuk menyesuaikan panjang loyang dengan ukuran rak oven. Jika membeli online, seringkali penjual memberi info ukuran panjang bagian dalam dan bukan ukuran dari luarnya, sehingga loyang tidak muat saat akan dimasukkan ke dalam oven. Jadi, jangan lupa untuk selalu konfirmasi setiap ukuran loyang yang akan kamu beli, ya! Selain sebagai wadah untuk memanggang kue kering, loyang ini juga bisa dipakai untuk membuat bolu gulung.

8. Loaf Pan

Banana cake, chocolate cake, fruit cake, hingga aneka sobek isi adalah beberapa jenis cake dan roti yang bisa dibuat dalam loaf pan. Volumenya yang cukup dalam sehingga cocok untuk jenis cake yang teksturnya padat dan tinggi.

9. Loyang Pie

Cetakan kue untuk pie dan tart.
Cetakan pie atau tart untuk membuat apple pie, fruit tart, atau pineapple tart. (Foto: Shutterstock)

Buat yang ingin pilihan berbeda untuk Hari Raya, kamu juga bisa menyiapkan loyang pie untuk memanggang tart dan pie dengan cita rasa asin atau manis. Apple pie, chicken pie, tarte tatin, dan fruit tart adalah sederet hidangan populer yang bisa kamu praktikkan dalam loyang pie bentuk bulat ini.

10. Cetakan Kue Tradisional

Meski proses membuatnya cukup lama dan melelahkan, beberapa jenis kue jadul seperti kembang goyang, kue semprong, kue bawang, atau kue ketapang tetap jadi incaran saat ngumpul bersama keluarga besar. Kegiatan ngabuburit dengan membuat kue tradisional bersama seluruh anggota keluarga bahkan kerap menjadi sebuah tradisi setiap menyambut Hari Raya.

Dari sederet daftar di atas, sudah tahu cetakan kue dan jenis loyang mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu? Bukan tanpa alasan, menyiapkan hidangan kue dan hantaran sendiri tentu membuat kamu semakin ahli dalam membuat kue. Kamu pun jadi lebih irit dan segala sesuatu yang dibuat oleh hasil karya sendiri tentu terasa lebih spesial, kanYuk, mulai menyiapkan sendiri hidangan kue Lebaran untuk keluarga dan orang terdekat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.