Jenis Masakan


Ikuti Cara Masak 5 Hidangan Ini dengan Hanya Menggunakan Rice Cooker

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|April 29, 2019

Cara masak beberapa hidangan populer seperti semur, nasi kebuli, sup, bubur, bahkan nasi goreng sesungguhnya bisa dilakukan dengan hanya menggunakan rice cooker. Hidangan manis seperti cake pun kini bisa dimasak menggunakan rice cooker. Ingin tahu bagaimana cara memasak dalam rice cooker?

Beberapa rice cooker yang hadir dengan teknologi digital kini semakin memudahkan kamu yang ingin memasak tanpa menggunakan kompor.  Dilengkapi dengan fitur tambahan, kamu dapat memasak beberapa jenis masakan seperti nasi berbumbu, bubur dan variasinya, sup, hingga soto. Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena alat elektronik penanak nasi yang kamu punya pun bisa digunakan untuk memasak hidangan lain selain nasi.

1. Semur

Semur yang menggunakan bahan baku yang cenderung lama proses memasaknya seperti semur daging yang berasal dari Pontianak, daging kambing, iga, tentu akan lebih meringankan jika bisa dibiarkan matang dalam rice cooker. Dengan menggunakan alat ini, tak perlu mengontrol api sesekali demi mencegah terjadi masakan gosong. Untuk menghasilkan bumbu yang harum, tumis terlebih dahulu bumbu di atas wajan hingga harum, lalu aduk rata bersama daging. Pindahkan dan masak bersama air dan bahan lainnya dalam rice cooker hingga matang.

Cara masak sup dalam rice cooker.
Gunakan rice cooker untuk memasak sebagai pengganti kompor dan panci. (Foto: Shutterstock)

2. Cara masak nasi kebuli

Masukkan bumbu nasi kebuli bersama daging yang sudah ditumis bersama ke dalam rice cooker. Tambahkan air, aduk rata. Masak dalam rice cooker hingga matang. Resep yang sangat cocok untuk Ramadan tahun ini!

3. Bubur

Kamu bisa memasak bubur ayam atau bubur kacang hanya dengan rice cooker. Masukkan beras atau kacang-kacangan bersama air sesuai kebutuhan. Masak hingga menjadi bubur.

Memasak bubur ayam di rice cooker.
Mulai sekarang, kamu bisa memasak bubur dalam rice cooker. (Foto: Shutterstock)

4. Nasi goreng

Masak nasi seperti biasa dalam rice cooker. Aduk rata bersama Royco bumbu nasi goreng kesukaanmu seperti Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng Pedas, atau Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Cabe Hijau. Untuk bahan pelengkap seperti telur dadar juga bisa kamu masak secara terpisah dalam rice cooker dengan cara yang sama seperti di dalam wajan. Hanya saja sesudah memasukkan telur, tutup rice cooker dan biarkan hingga telur matang.

5. Sup atau Soto

Masukkan bahan mentah, air, dan bumbu yang telah ditumis hingga matang. Namun jika kamu ingin memaksimalkan fungsi rice cooker karena sedang kehabisan bahan bakar gas, kamu bisa memanaskan wadahnya, lalu tumis bumbu soto hingga harum. Kemudian masukkan semua bahan, dan masak hingga matang.

Untuk sup, masukkan bahan baku daging dan bumbu ke dalam rice cooker. Masak hingga hampir matang. Masukkan bahan sayuran, masak hingga sayuran matang.


Nah, mudah kan, cara masak menggunakan rice cooker? Ternyata alat dapur eletronik penanak nasi ini juga bisa berfungsi sebagai alat masak yang serbaguna.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.