Jenis Masakan


Inilah Trik Agar Resep Gulai di Hari Raya Tak Membuatmu Merasa Bersalah

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Juli 18, 2019

Resep gulai serba daging merupakan salah satu primadona di atas meja saji hari besar seperti Hari Raya atau hari istimewa di sebagian besar keluarga Indonesia. Racikan bumbu gulai medok dengan daging beserta lemaknya menyatu sempurna dengan lezat gurihnya santan kelapa, siapa pun tak bisa menahan godaan ini.

Demi mengurangi rasa bersalah pesta menu gulai di hari besar, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam mengolah resep yang identik dengan Hari Raya ini.

Pilih bagian daging dengan sedikit lemak

Variasikan resep gulai dengan aneka daging, ikan, dan seafood selain daging kambing.
Gunakan daging tanpa lemak untuk resep gulai yang lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Memilih bagian daging dengan sedikit atau tanpa lemak adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebelum memasak gulai. Untuk gulai daging merah, pilih daging sapi bagian has dalam atau tenderloin sebagai bahan utamanya. Selain tanpa lemak, daging ini juga lembut dan juga cepat matang dan empuk.

Sementara untuk daging kambing, gunakan potongan daging tanpa lemak. Jika kamu mendapat bagian daging sapi atau daging berlemak, kurangi bagian lemaknya dengan cara memotong atau menyisihkan bagian lemaknya menggunakan pisau tajam atau boning knife. Lain soal kalau kamu menggunakan daging ayam, buang kulitnya atau racik gulai hanya dengan menggunakan fillet dada ayam tanpa kulit.

Substitusi santan di resep gulai

Komposisi santan dalam gulai adalah salah satu faktor yang membuatmu merasa bersalah, kan? Untuk meminimalisir, substitusi sebagian atau seluruh komposisi santan dalam resep gulai dengan susu rendah lemak. Bahkan kamu bisa menggunakan susu yang terbuat dari bahan nabati, misalnya susu kedelai atau susu almond. Kalau tetap ingin menggunakan santan, pilih santan encer yang akan membuat cita rasa gulaimu juga jadi lebih ‘enteng’.

Dua kali proses pemasakan

Rebusan daging dengan lemak ini bisa dijadikan sebagai kaldu resep gulai.
Kurangi kadar lemak dalam daging dengan cara direbus untuk resep gulai hari raya. (Foto: Shutterstock)

Daging berlimpah tanpa bisa memilih biasanya hampir selalu terjadi di momen Hari Raya Idul Adha. Ini saatnya kamu menyiasati jika kedapatan daging penuh lemak yang didapat di hari kurban. Rebus terlebih dahulu daging hingga lemaknya keluar saat proses perebusan. Tiriskan daging, kemudian lakukan proses memasak sesuai dengan resepnya. Cara ini baik untuk mengolah daging kambing dan daging sapi yang mempunyai banyak lemak di bagian-bagian tertentu.

Gunakan rempah

Beberapa jenis bumbu dan rempah memiliki khasiat untuk mengurangi kolesterol, misalnya kunyit, jahe, kayu manis, dan bawang putih. Kamu bisa menyertakan komposisi atau menambahkan kadar rempah dan bumbu-bumbu berkhasiat ini ke dalam masakan gulai.

Tidak ada alasan lagi yang membuat kamu ragu untuk memasak aneka resep gulai untuk Hari Raya, kan?  Yuk, belanja bahan-bahannya untuk Idul Adha tahun!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.