Jenis Masakan


Mengapa Pisau Dapur Memiliki Bentuk Beragam? Ternyata Inilah Berbagai Fungsinya!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Juli 3, 2019

Pisau dapur punya beragam jenis bentuk dan ukuran demi memudahkan penggunanya. Dengan hadirnya inovasi peralatan dapur, desain pisau pun dibuat dibuat sesuai dengan fungsinya. Tentu ada tujuan dari dari perbedaan bentuk dan fungsi masing-masing pisau, yaitu agar proses memotong lebih cepat, rapi, dan lebih nyaman untuk penggunanya.

Berikut ini ada sebagian dari jenis pisau dan kegunaannya yang perlu kamu tahu. Yuk, kita intip satu persatu!

1. Chef’s knife

Seorang wanita mengiris cabai dan sayuran dengan pisau dapur.
Chef’s knife adalah pisau dapur yang paling fleksibel. (Foto: Shutterstock)

Pisau dapur yang satu ini jadi yang paling populer dibanding pisau lainnya. Bentuknya sangat familiar dan multiguna. Ukurannya panjangnya sekitar 15-30 cm. Pisau ini juga kerap disebut classic knife karena sudah digunakan sejak dulu.

Kenapa disebut Chef’s knife? Alasannya adalah pisau ini bisa dipakai untuk memotong banyak makanan, mulai dari daging hingga sayuran. Bentuk bilah pisau yang lebar di bagian bawahnya sangat nyaman untuk proses mengiris, mencincang, atau memotong dalam ukuran besar.

2. Bread knife

Pisau lainnya yang tak kalah familiar adalah bread knife. Untuk memotong roti atau cake yang bertekstur lembut, pisau dapur ini dianggap yang paling cocok. Bentuk gerigi pada bilah pisaunya menjaga potongan roti atau cake tetap rapi dan tak mudah hancur saat dipotong. Salah satu tips menggunakan pisau ini adalah hindari menekan pisau saat memotong agar roti tidak gepeng. Panjang pisau roti ini biasanya berkisar 12 ,5 cm – 30 cm. Pisau ini juga tidak setajam pisau dapur lainnya.

Bolehkah memotong makanan lain dengan pisau ini? Jawabannya boleh, asalkan teksturnya tidak keras dan cenderung mudah dipotong. Misalnya untuk buah yang sudah dikupas seperti nanas, melon, semangka, atau tomat utuh.

3. Cleaver

Pisau berukuran besar ini sering kita temukan di dapur restoran Cina dan pedagang daging. Cleaver berfungsi untuk memotong daging dan tulang yang bertekstur tebal dan keras. Memotong ayam utuh jadi beberapa bagian juga jadi lebih mudah dengan pisau dapur ini.

Ukuran yang tersebar di pasaran cukup bervariasi, mulai dari panjang hingga ketebalannya. Biasanya panjangnya berkisar 20 cm.

4. Paring knife

Pisau dapur memotong apel
Paring knife mempermudah kita untuk memotong buah. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya ada paring knife yang memiliki bentuk lebih kecil dari chef’s knife. Sesuai dengan bentuknya yang mungil, pisau ini berfungsi untuk mengupas bahan makanan seperti mengupas buah-buahan seperti apel, pear, kulit jeruk, . Memiliki ujung yang cukup runcing, pisau ini juga bisa digunakan untuk membuat garnish. Ukurannya lebih pendek dari chef’s knife yaitu sekitar 7-10 cm saja.

5. Boning knife

Pisau dapur untuk fillet ikan.
Boning knife akan mempermudahmu memisahkan daging dengan kulit dan tulang. (Foto: Shutterstock)

Butuh pisau yang lebih runcing? Pilih boning knife yang berfungsi untuk memudahkan proses memotong daging atau memisahkan daging dari tulang. Pisau ini sangat akrab digunakan pada ikan, daging merah (memotong daging dari tulang iga), dan daging ayam. Boning knife memiliki beberapa ukuran yang berbeda tergantung dari kebutuhan si pemakai.

6. Cheese knife

Memotong daging dan memotong keju tentu memerlukan pisau yang berbeda karena keju punya tekstur yang berbeda dengan bahan lainnya. Beberapa jenis keju seperti semi hard cheese, semi soft cheese, dan soft cheese (brie, camembert, dan feta) memiliki tekstur yang lunak dan sulit “dijinakkan” oleh pisau biasa.

Pisau dapur untuk memotong keju.
Inilah satu jenis pisau yang terbilang sangat khusus secara fungsinya. (Foto: Shutterstock)

Bentuk dari cheese knife sendiri sangatlah unik karena memiliki bagian-bagian bolong di badannya. Fungsinya adalah untuk menjaga tekstur keju agar tidak hancur saat dipotong.

7. Mincing knife

Pisau dapur untuk mencincang herba.
Bentuknya yang melingkar menjadikannya disebut mezzaluna dalam bahasa Italia. (Foto: Shutterstock)

Bentuk pisau dapur yang satu ini juga berbeda dari pisau lainnya. Ada dua gagang yang bisa kamu gunakan untuk kedua tanganmu. Fungsinya adalah untuk mencincang makanan jadi bagian yang sangat kecil. Mincing knife biasa digunakan untuk mencincang daun rempah segar atau kering, hingga daging ataupun sayuran.

Demikian tujuh bentuk pisau dengan fungsinya yang berbeda-beda. Jika ingin proses memasak di dapur jadi lebih mudah, tak ada salahnya kamu punya beberapa jenis pisau sekaligus. Selamat berkreasi di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.