Agar Bawang Goreng Renyah, Ikuti Caranya Berikut Ini!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|September 11, 2018

Bawang goreng adalah bahan pelengkap yang begitu penting. Bayangkan bubur ayam, nasi uduk, ataupun satai tanpa kehadiran bawang merah goreng. Ya, tentu masih bisa dinikmati namun begitu terasa kekurangannya tanpa kehadiran mereka. Bagi para penggemarnya, tentu kurang puas rasanya ketika menemukan kalau bawang goreng terasa gosong ataupun tidak renyah. Nah, berikut adalah tips singkat dari Chef agar bawang goreng renyah dapat tersaji dengan manisnya di atas meja makan rumah setiap harinya.

bawang goreng renyah
Rasanya kurang ketika bubur ayam tersaji tanpa kehadiran bawang goreng. (Foto: Shutterstock)

Pertama, bawang merah harus dipotong halus sesempurna mungkin. Bermodalkan potongan yang sama besarnya, maka hasil penggorengan akan lebih merata. Meskipun proses ini cukup memakan waktu, anggap saja ini sebagai sebuah latihan yang baik bagimu agar kecepatan serta ketepatan memotongmu semakin baik dari waktu ke waktu. Selalu ada sisi yang menguntungkan dari apa-apa yang dipelajari di dapur setiap harinya.

Kedua, taruh semua bawang merah yang telah dipotong dalam satu wadah dan tuangkan air panas ke dalamnya. Aduk hingga merata.

Ketiga, bumbui dengan garam secukupnya. Tujuannya tentu agar bawang goreng nanti memiliki rasa yang tidak hambar ataupun pahit. Kembali aduk agar merata dan tiriskan.

bawang goreng renyah
Bawang merah Indonesia dikenal dengan istilah shallot atau small onion. (Foto: Shutterstock)

Keempat, panaskan wajan dan minyak yang agak banyak. Goreng bawang hingga keemasan. Perhatikan perkembangan warnanya selama proses penggorengan agar bawang tidak menjadi gosong.

Selanjutnya, bawang goreng renyah siap disajikan sebagai taburan berbagai masakan kesukaanmu di rumah. Bahkan kalau kamu bepergian jauh dan meninggalkan rumah agak lama, pastikan membawa sebungkus agar tidak homesick – selain tentunya Bango Kecap Manis.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.