Tips Masak Telur dengan Beragam Gaya Modern

Wina|Mei 6, 2018

Menikmati telur sudah menjadi kebiasaan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Orang Indonesia sendiri biasanya makan beragam menu telur sepanjang hari — dari mulai nasi uduk buat sarapan di pagi hari, nasi rames di siang hari, hingga nasi goreng di malam hari. Pastinya ada dong ragam cara mengolahnya secara modern? Berikut aku bagi tips masak telur yang dijamin bakal bikin kamu lebih gaul.

Teman-teman, bosan gak sih kalau setiap harinya hanya menemukan telur dadar ataupun telur ceplok saja? Tapi itulah yang orang Indonesia biasa nikmati sehari-harinya. Gaya lainnya seperti telur rebus dinikmati ketika bersantap siomay Bandung atau yang setengah matang untuk gaya makan pagi Singapura dengan roti bakar srikaya dan kopi tarik.

Bagiku, mendalami berbagai cara mengolah telur menjadi misi pribadi. Selain memasak itu seru, keahlian mengolah telur akan membuat makanan sehari-hari kita semakin bervariasi. Bekalnya hanya cukup rasa penasaran dan satu keranjang berisi telur segar, teman-teman!

Apa sajakah jenis-jenis olahan telur kekinian itu? Mari kita bahas bersama di tips masak telur berikut ini.

1. Soft boiled eggs

tips masak telur
Tidak hanya dengan ramen, soft boiled egg juga cocok dengan pasta! (Foto: Shutterstock)

Lain dengan telur yang direbus hingga matang penuh, olahan satu ini biasa disamakan telur setengah matang. Hanya saja cara membuatnya mungkin banyak yang masih bertanya-tanya. Apakah hanya semudah memotong setengah waktu dari memasak telur rebus?

Jawabannya memang kurang lebih begitu. Tapi kadang memang ada kalanya kita terlambat mengangkatnya sehingga kuning telur menjadi agak padat ataupun terlalu cepat sehingga tekstur telur lebih rapuh dari semestinya.

Triknya agar kita mendapatkan telur setengah matang yang pas adalah dengan mendidihkan air dulu di dalam panci. Setelahnya kecilkan api dan rebus telur kurang lebih sekitar 5 sampai 6 menit. Gunakan timer agar lebih akurat ketimbang terus memandangi jam dinding. Dijamin telur akan tampil menggoda seperti ketika menikmati ramen!

Oya, ada satu tips masak telur dari para ahli: Kalau kamu ingin membelah dua telur dengan sempurna, gunakan benang yang biasa dipakai memasak.

2. Scrambled eggs

tips masak telur
Telur orak-arik selalu cocok dinikmati dengan padanan beragam jenis sarapan. (Foto: Shutterstock)

Mungkin kita sudah tidak asing dengan istilah telur orak-arik tapi buatku, kebanyakan di antaranya terasa kering dan kurang berkesan. Semestinya ada cara lain yang membuat telur orak-arik lebih menarik, mengingat olahan seperti ini cocok sekali untuk dipadukan dengan berbagai jenis sarapan.

Salah satu yang aku paling suka adalah gaya mengolahnya dari Chef Gordon Ramsay. Selain karena caranya yang unik, scrambled egg miliknya kaya dengan rasa, creamy, dan tampil sangat cantik. Secara teknik memang cukup sulit tapi aku sarankan kamu untuk tetap mencobanya dan berlatih terus.

Pertama panaskan panci kecil dan mentega. Masukkan beberapa telur ke dalamnya dan mulai masak selama 20 detik. Ingat, jangan pernah berhenti mengaduk agar mendapatkan tekstur yang kita inginkan.

Selanjutnya tarik panci dari kompor dan aduk selama 20 detik, setelahnya kembalikan lagi di atas kompor. Aduk hingga telur mulai berbentuk namun masih tetap dalam keadaan lembek. Tarik kembali keluar dan tambahkan krim segar. Aduk dan kembalikan ke kompor.

Terakhir baru tambahkan lada hitam. Setelah mulai menggumpal dan berbentuk cantik, telur orak-arik siap disajikan dengan ditaburi daun kucai cincang.

3. Poached eggs

Secara teknik tradisional, poached egg adalah salah satu olahan yang tersulit dan rentan gagal. Tapi ada satu cara yang diinspirasi oleh Chef Jamie Oliver agar menaklukkan olahan telur yang satu ini. Bahkan dengan cara ini, poached egg tetap berbentuk bundar, bersih dari putih telur yang mengekor, dan kuning telurnya tetap mengalir sempurna. Ah, bikin ngiler deh pokoknya!

Caranya adalah dengan menyiapkan mangkuk kecil dan plastik khusus makanan yang disebut dengan cling film atau cling wrap. Robek plastik dengan ukuran persegi agak besar dan menutupi mangkuknya. Kemudian olesi plastik di bagian mangkuknya dengan minyak zaitun dan pecahkan telur di atasnya. Ikat plastik yang berisi telur dengan rapat.

Setelah air mendidih di panci, kecilkan api. Setelah air tidak begitu berbuih lagi, masukkan plastik berisi telur tersebut dan tunggu selama tiga menit. Selepasnya, ambil telur dan cukup potong plastiknya. Poached egg akan tersaji sempurna!

Bagaimana? Sudah siap melangkah dari sekadar telur goreng atau omelet? Yuk kita coba bersama tips masak telur di atas dan jadikan sarapan hari ini lebih istimewa!