Tips Sukses Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Desember 29, 2018

Di tengah maraknya tren donat yang silih berganti, perkara cara membuat donat kentang tentunya selalu dicari-cari oleh para penggemarnya. Sama halnya seperti donat kampung, donat kentang juga digemari karena cita rasanya yang sederhana dengan tekstur yang empuk dan fluffy.

Proses dan cara membuat donat kentang sama halnya seperti donat biasa, hanya sebagian komposisi tepung terigu digantikan dengan kentang yang sudah dikukus dan ditumbuk halus. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan potato flakes siap pakai yang bisa kamu dapat di pasaran.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan ketika membuat donat kentang.

1. Perbandingan adonan kentang dengan tepung

Cara membuat donat yang empuk adalah dengan perbandingan tepung yang tepat.
Bentuk donat yang mengembang sempurna dan empuk adalah yang selalu dicari-cari. (Foto: Shutterstock)

Gunakan perbandingan kentang dengan komposisi 1:1/2 dan 1:2/3 dengan tepung terigu dalam adonan donat. Misal kamu bisa menggunakan perbandingan 500 g tepung terigu protein tinggi dengan 250 g kentang kukus yang sudah dihaluskan. Fungsi kentang halus dalam adonan adalah untuk memberi tekstur donat yang lebih empuk, padat, namun lembut.

2. Proses fermentasi yang pas

Dalam membuat adonan donat, beberapa resep menggunakan proses fermentasi berkali-kali. Fungsinya adalah untuk menghasilkan adonan donat yang lebih ringan. Kamu bisa menguji coba beberapa resep dengan proses fermentasi berbeda hingga mendapat tekstur donat yang sesuai dengan seleramu.

3. Gunakan minyak goreng padat

Cara membuat donat kentang dengan minyak goreng padat.
Contoh penggunaan minyak goreng padat untuk menggoreng donat. (Foto: Shutterstock)

Disebut juga deep frying fat, atau lemak padat yang biasa digunakan di industri makanan untuk menggoreng donat, ayam goreng, atau hidangan serba gorengan. Kelebihan dari minyak goreng padat ini adalah hasil gorengan tidak menyerap minyak dan lebih tahan panas dibanding minyak goreng biasa. Jika menggunakan minyak goreng biasa, kamu sebaiknya menggunakan minyak goreng yang masih baru agar cita rasa donat lebih enak dan wangi.

4. Perhatikan suhu minyak panas

Hindari menggoreng donat dengan suhu yang terlalu tinggi. Minyak yang terlalu panas akan membuat permukaan donat gelap atau cenderung gosong sementara  Temperatur yang tepat untuk menggoreng donat adalah 185° C sampai 190° C. Dengan suhu ini, kamu dapat menggoreng donat sekitar 2 menit.

Nah, semoga dengan empat langkah ini, kamu akan lebih bisa menguasai cara membuat donat kentang dengan tekstur yang tepat dan juga sesuai seleramu. Pastikan juga untuk selalu cek beberapa tips sukses lainnya dari Masak Apa Hari Ini seperti cara membuat adonan pempek anti gagal, cara membuat nasi goreng kekinian, hingga membuat daging BBQ yang sedap. Jangan lupa mampir juga ke bagian resep untuk merencanakan agenda memasakmu di akhir pekan ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.