5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Januari 10, 2019

Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya risotto. Masakan nasi khas Italia ini memiliki tekstur lembut dan varian yang begitu beragam. Namun apapun jenisnya, risotto sejatinya memiliki rasa yang memanjakan dan bersanding popularitasnya dengan pizza maupun pasta. Cara membuat risotto, namun, memiliki kekhasan tersendiri.

Cara membuat risotto dimulai dari pemilihan beras arborio.
Peruntukkan beras arborio adalah untuk masakan seperti risotto ataupun paella. Cocok dikarenakan teksturnya yang unik setelah dimasak. (Foto: Shutterstock)

Umumnya bahan-bahan untuk membuat risotto terdiri dari mentega tawar, minyak zaitun, bawang bombay, beras arborio, kaldu ayam, keju Parmesan, daun peterseli segar, dan garam. Setelah siap, berikut adalah beberapa teknik yang harus kamu pelajari terlebih dahulu agar sukses memasaknya. Yuk, kita simak bersama!

1. Tumis bawang terlebih dahulu

Gunakan wajan yang agak dalam untuk memasak risotto. Pertama, tumis bawang bombay dengan menggunakan mentega tawar dan juga minyak zaitun. Masak menggunakan api sedang hingga bawang mulai matang atau transparan. Pada tahap awal ini, bisa juga kita menambahkan jamur agar makanan lebih berwarna. Tambahkan pula sedikit bawang putih dan merica bila ingin.

Cara membuat risotto dimulai dari tumisan bawang dan beras.
Tambahkan nasi setelah menumis bawang beserta mentega. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya masukkan beras jenis arborio yang belum dimasak. Aduk-aduk hingga beras terbalut dengan tumisan bawang dan mentega secara merata. Dalam dua menit, aroma nasi akan berubah dan pastikan agar nasi tidak gosong.

2. Gunakan kaldu ayam secukupnya

Cara membuat risotto adalah menuangkan kaldu ayam ke dalam panci berisi nasi.
Kaldu ayam adalah elemen yang sangat penting dalam masakan risotto. (Foto: Shutterstock)

Setelah menyiapkan kaldu ayam di panci terpisah, biarkan tetap hangat selagi menyiapkan risotto. Setelah nasi dimasak selama dua menit, tuangkan sesendok sayur kaldu ayam dan aduk. Setelah kaldu mulai surut, tambahkan lagi sesendok sayur kaldu sambil terus diaduk.

3. Aduk risotto terus menerus

Kunci dari cara membuat risotto adalah kontinuitas mengaduk nasi selama proses pemasakan. Ketika kita terlalu lama membiarkannya, maka risotto akan menjadi gosong. Mengaduk dan menambahkan kaldu akan mencegah hal ini terjadi.

4. Perhatikan tekstur risotto

Ketika proses pengadukan dan menambahkan kaldu sudah tepat, maka tekstur risotto akan berubah menjadi lembut dan creamy. Hasil ini juga dikarenakan oleh pati dari dalam beras sudah keluar sepenuhnya. Lama waktu memasak risotto umumnya berkisar antara 20 hingga 30 menit. Tingkat kematangan yang kita inginkan adalah al dente atau sama dengan pasta pada umumnya – lembut di luar dan sedikit gigih di dalam.

Ketika kita menjumpai kasus dimana risotto belum berubah teksturnya seperti yang diinginkan, maka kita bisa menambahkan kaldu hingga 3 ataupun 4 kali. Hanya saja bila masih tetap demikian, maka tambahkanlah air panas ketimbang kaldu untuk kali berikutnya. Ini dapat terjadi karena adanya faktor kelembapan udara maupun tingkat ketinggian dimana kita memasak.

5. Sajikan segera

Segera setelah masak sesuai dengan yang semestinya, bubuhkan parutan keju Parmesan dan irisan daun peterseli. Sajikan segera selagi hangat karena tekstur akan berubah bila dibiarkan terlalu lama di wajan.

Cara membuat risotto selesai dan siap dihidangkan.
Risotto harus disajikan dan dinikmati segera agar tidak menggumpal. (Foto: Shutterstock)

Demikian satu resep dan cara membuat risotto yang sederhana dan tahapan memasaknya yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal. Berbagai variasi resep risotto pada dasarnya menggunakan langkah-langkah serupa. Maka penting bagi kita untuk secara khusus mengetahui kapan kita menambahkan kaldu dan kapan kita selesai memasak. Selanjutnya, semakin banyak kita berlatih tentu hasilnya akan semakin sempurna. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.