Ragam Cara Masak Spaghetti Seperti Orang Italia

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juli 1, 2018

Di masa-masa liburan sekolah seperti ini, anak-anak pasti saja selalu minta dimasakkan santapan lezat setiap saat. Kesempatan yang baik untuk mengenalkan kalau makanan rumahan tidak kalah enak daripada makan di luar dan bahkan lebih higienis. Salah satu yang menjadi favorit anak-anak tentunya adalah pasta. Berikut Tim MAHI akan berbagi cara masak spaghetti yang tepat agar anak-anak semakin betah makan di rumah!

Cara Merebus Pasta

Sebelum kita menikmati spaghetti carbonara, bolognese, ataupun aglio e olio; pastikan untuk menyimak cara merebus pasta berikut ini untuk hasil maksimal:

  1. Siapkan panci besar dan isikan air. Bumbui air terlebih dahulu dengan sedikit garam.
  2. Didihkan air terlebih dahulu sebelum mulai merebus.
  3. Setelah mendidih, masukkan pasta ke dalam panci dan sebarkan agar tidak lengket satu sama lain. Pasta segar biasanya hanya membutuhkan dua sampai tiga menit saja untuk proses merebusnya, sementara pasta kemasan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  4. Rebus pasta hingga mencapai konsistensi al dente. Simak bagian setelah ini untuk penjelasan lebih detil.
  5. Setelah pasta matang, tiriskan, dan bumbui kembali dengan garam, lada hitam, dan opsional dengan sedikit minyak zaitun.
  6. Pasta kini siap untuk dimasak dengan berbagai cara.
  7. Jangan lupa menyimpan air sisa rebusan bila pasta akan segera dimasak. Fungsi air ini akan mengentalkan beragam olahan pasta dan menjadikannya hasilnya lebih sempurna.

Agar Pasta Al Dente

Al dente kurang lebih memiliki arti bahwa pasta sudah matang namun masih ada konsistensi yang agak padat, tapi tidak terlalu keras maupun terlalu lembek.

Untuk mencapai derajat ini cukup mengambil satu helai pasta setelah beberapa menit merebusnya. Gigit untuk mencari tahu bahwa teksturnya sudah benar. Indikator paling mudah adalah dengan melihat adanya titik putih kecil di tengah-tengah pasta sebagai tanda bahwa pasta telah mencapai derajat al dente.


Setelah mengetahui cara merebus pasta dengan baik, berikut Tim MAHI akan berbagi tiga resep singkat yang cocok dimasak dengan menggunakan pasta jenis spaghetti:

1. Cara Memasak Spaghetti Aglio e Olio

Cara masak spaghetti yang pertama datang dari resep legendaris yang begitu disukai banyak orang karena kesederhanaannya. Selain itu, resep ini begitu cepat dan mudah untuk dimasak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Spaghetti, bawang putih, daun peterseli, cabai kering (chili flakes), keju Parmesan atau Pecorino Romano, mentega, dan minyak zaitun.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan wajan dan minyak zaitun beserta beberapa siung bawang putih yang telah diiris tipis. Tambahkan cabai kering dan tumis di atas api sedang hingga bawang putih mulai keemasan. Kecilkan api.
  2. Masukkan spaghetti dan tuangkan sedikit sisa air rebusan pasta. Masak hingga spaghetti mulai menjadi menjadi creamy dan matikan api.
  3. Bubuhi sedikit tambahan minyak zaitun dan potongan daun peterseli segar. Opsional, tambahkan parutan keju Parmesan atau Pecorino Romano. Aduk rata dan sajikan.
  4. Saran: Untuk rasa yang lebih kaya, bisa juga tambahkan potongan anchovy ataupun beef bacon untuk ditumis bersama spaghetti.

2. Cara Memasak Spaghetti Bolognese

Cara masak spaghetti yang kedua ini adalah yang paling klasik karena menggunakan saus daging dan tomat khas kota Bologna di Italia. Masakannya akrab disebut sebagai spaghetti bolognese dan cocok diterapkan pada beberapa jenis pasta lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Spaghetti, daging sapi cincang, kaldu sapi, susu, puree tomat kalengan, seledri tangkai, wortel, bawang bombay, garam, lada hitam, mentega, dan minyak zaitun.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan panci yang diisikan minyak zaitun dan mentega di atas api sedang. Setelah panas, masukkan daging cincang dan bumbui dengan garam serta lada hitam. Masak hingga kecoklatan.
  2. Tambahkan potongan dadu bawang bombay, seledri tangkai, dan wortel. Aduk dan masak selama kurang lebih selama tiga menit.
  3. Tambahkan puree tomat beserta susu dan air kaldu sapi secukupnya. Aduk hingga rata.
  4. Koreksi rasa, masak hingga saus sedikit mengental. Saus bolognese siap digunakan.
  5. Tumis spaghetti bersama saus bolognese. Sajikan dengan parutan keju.

3. Cara Memasak Spaghetti Carbonara

Cara masak spaghetti yang satu ini minim bahan-bahan dan konsepnya begitu sederhana. Tapi uniknya, cara memasak yang satu ini lebih teknis, sehingga membutuhkan sedikit persiapan ekstra dan latihan agar sempurna.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Spaghettibeef bacon, bawang merah, keju Parmesan atau Pecorino Romano, telur, lada hitam, sisa air rebusan pasta, dan minyak zaitun.

Cara membuatnya:

  1. Pada mangkuk terpisah, aduk telur bersama parutan keju hingga rata.
  2. Potong-potong beef bacon dan masak di atas wajan dingin yang mulai dipanaskan api. Tambahkan satu butir bawang merah dan lada hitam. Masak hingga minyak mulai keluar dari beef bacon. Opsional, tambahkan sedikit minyak zaitun. Matikan api dan buang bawang merah.
  3. Dalam keadaan masih panas, masukkan spaghetti yang baru matang bersama air rebusan pasta secukupnya. Aduk rata.
  4. Setelah bercampur rata, tambahkan kocokan telur. Tambahkan lagi sedikit air rebusan pasta dan aduk hingga semua merata. Pastikan proses mengaduk ini dilakukan ketika kompor dalam keadaan mati sehingga telur tidak menjadi seperti scrambled egg.
  5. Setelah selesai, bubuhi spaghetti carbonara dengan lada hitam dan parutan keju. Sajikan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.