6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost

Maddie|Mei 19, 2018

Namanya saja anak kost, pasti paling malas kalau sudah menyangkut urusan masak atau bersih-bersih. Tapi di bulan puasa ini justru anak kost harus belajar menyisihkan waktu untuk memasak menu sahur sendiri. Kenapa masak sendiri? Selain lebih hemat, kebersihan masakan sudah pasti terjaga. Berikut adalah 6 menu makan sahur yang cukup dimasak dengan microwave untuk kamu coba di bulan Ramadhan ini.

Potato soup

Ini adalah salah satu menu makan sahur yang lezat dan bikin kenyang lebih lama. Untuk sup kentang ini kamu membutuhkan: air, kentang, bawang bombay, keju cheddar, tepung maizena, air kaldu ayam, susu, garam dan lada secukupnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kentang dan air ke dalam mangkuk tahan panas berukuran sedang. Masukkan ke microwave selama 3-4 menit atau sampai kentang lunak. Tiriskan dan sisihkan.
  • Di dalam mangkuk berisi kentang, masukkan keju, bawang bombay dan tepung maizena. Masukkan air kaldu dan susu serta bumbui dengan garam dan merica. Masak dalam microwave selama 2 ½ – 3 menit. Sajikan selagi panas.

Coffee cup quiche

6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Kalau takut lapar, boleh kok menggunakan mangkuk agar porsinya lebih besar. (Foto: Shutterstock)

Ingin sahur dengan quiche tapi tidak punya kompor? Tidak masalah! Khusus menu makan sahur ini kamu hanya membutuhkan microwave dan bahan-bahan seperti: telur, baking powder, brokoli, daging ayam matang, bawang merah, keju parmesan parut, keju cheddar parut dan daun peterseli.

Untuk memasaknya cukup membutuhkan tiga langkah:

  • Masukkan telur ke dalam mangkuk besar. Tambah baking soda dan kocok sebentar hingga rata.
  • Masukan brokoli, bawang merah, keju parmesan, keju cheddar dan daun peterseli. Aduk hingga rata.
  • Masukkan campuran ke dalam mug kopi tahan panas. Taburi dengan keju cheddar parut.
  • Masak dalam microwave selama 2 ½ menit dan santap selagi panas.

Risotto jamur

6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Makan risotto di resto bisa habis puluhan ribu, kalau masak sendiri jauh lebih murah! (Foto: Shutterstock)

Risotto adalah masakan nasi khas Italia yang biasa ditemukan di restoran. Hidangan ini memiliki tekstur creamy yang begitu nikmat. Untuk menu ini kamu membutuhkan: mentega, daun bawang, bawang putih, beras jenis Arborio, air kaldu ayam, jamur kancing, keju parmesan parut dan daun peterseli.

Perlu empat langkah untuk memasak menu ini.

  • Campurkan mentega, daun bawang dan bawang putih ke dalam mangkuk tahan panas berukuran sedang. Tutup mangkuk dan masak dalam microwave selama 2 menit atau sampai daun bawang lunak.
  • Keluarkan mangkuk dari microwave lalu tambahkan beras. Aduk agar beras tercampur rata dengan mentega. Masak kembali dengan microwave dan kali ini tanpa penutup selama 1 menit.
  • Keluarkan dan masukkan 2 cangkir kaldu ayam. Masak kembali selama 7 menit dalam mode“High”, keluarkan dan masak lagi selama 5 menit dalam mode “Medium”.
  • Masukkan jamur dan sisa air kaldu. Tutup dan masak di microwave selama 7 menit dalam mode “Medium”. Keluarkan dan taburi dengan keju parmesan parut.

Salmon teriyaki

6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Tambah nasi, pas kenyangnya! (Foto: Shutterstock)

Awal bulan adalah saat yang tepat untuk memanjakan diri dengan masak ikan salmon! Salmon teriyaki ini gurih dan manis, cocok disantap sebagai menu makan sahur. Untuk menu ini kamu membutuhkan: fillet ikan salmon, soy sauce, air jeruk lemon, gula pasir, bawang putih, dan daun bawang.

Cara memasaknya:

  • Letakkan kulit salmon di sisi bawah pada wadah tahan panas. Masukkan semua bahan, kecuali daun bawang, dan tuangkan di atas ikan. Tutup dengan bungkus plastik dan rendam di suhu kamar selama 30 hingga 60 menit.
  • Langkah kedua, masih dengan terbungkus plastik ketat, masak ikan dalam microwave dengan mode “High” selama 7 menit. Keluarkan dan sajikan bersama nasi panas.

Garlic prawns

Ini dia lauk kesukaan aku, udang! Meski enak, kalau masak udang terkadang aku bingung ingin dimasak bagaimana. Beruntung aku menemukan resep satu ini. Untuk menu ini kamu membutuhkan: udang, minyak sayur, bawang putih, daun bawang, saus Tabasco, garam dan lada secukupnya.

Diperlukan empat langkah untuk membuat menu ini:

  • Kupas dan buang urat saraf udang. Masukkan udang ke dalam piring tahan panas.
  • Campurkan semua bahan lainnya dan tuangkan di atas udang.
  • Masak di dalam microwave selama 5 menit dengan mode “High”. Sajikan bersama nasi atau mie.

Veggies & couscous

6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Rasa Couscous ini mirip dengan nasi, tapi lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Menurut para ahli gizi, di bulan puasa penting mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya adalah couscous. Untuk resep ini kamu membutuhkan: kaldu ayam, wortel, paprika bubuk, bawang bombay bubuk, bawang putih bubuk, saus sambal, bayam, couscous, air buah lemon, tomat ceri, keju parmesan, ketumbar kering dan keju mozzarella parut.

Diperlukan tiga langkah untuk membuat menu ini:

  • Dalam satu mangkuk tahan panas berukuran sedang, aduk bersama kaldu, wortel, paprika bubuk, bawang bombay bubuk, bawang putih bubuk, dan saus sambal.
  • Masak dengan microwave dengan keadaan tertutup selama 2 hingga 3 menit.
  • Keluarkan mangkuk dari microwave. Masukkan bayam, couscous, dan jus lemon. Tutup dan masak kembali dengan mode “High” selama 1 hingga 1 1/2 menit. Angkat, masukkan tomat dan keju parmesan.

Bagaimana? Seru kan pastinya. Ayo dicoba ya resep-resep tadi di bulan puasa tahun ini!