5 Olahan Daging Kambing untuk Idul Adha - MAHI

5 Olahan Daging Kambing untuk Merayakan Idul Adha di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juli 2, 2022

Ragam olahan daging kambing khas Indonesia selalu dianggap sebagai makanan yang spesial untuk dinikmati, terlebih lagi di saat hari raya besar, contohnya seperti Idul Adha, begitu. Di momen hari raya ini, bisanya banyak tersaji aneka hidangan yang sangat dinanti yang tidak biasa dinikmati sehari-harinya. Ditambah lagi momen kebersamaan dengan keluarga terasa erat dan hangat. Inilah yang menjadikan sajian-sajian tersebut terasa lebih spesial.

Jadi, daging kambing enaknya dimasak apa, ya? Masak Apa Hari Ini sudah menyiapkan aneka olahan daging kambing untuk kamu coba! Tak harus selalu tongseng dan sate kambing, yuk, disimak apa saja menu lezat lainnya!

1. Resep Tengkleng Kambing, Olahan Daging Kambing Paling Istimewa

Hasil masak resep tengkleng kambing disajikan.
Tradisionalnya menggunakan jeroan, namun kali ini kamu bisa membuatnya dengan daging iga. (Foto: MAHI)

Inilah resep yang paling Masak Apa Hari Ini rekomendasikan kamu untuk coba di rumah! Idul Adha bakalan berbeda tanpa kehadiran resep tengkleng kambing yang selalu menggoda hati. Saat memasak minyak samin dengan aneka bumbu serta rempah, siap-siap, deh, jadi lapar. Maklum, wanginya yang menyeruak ke seluruh penjuru rumah memang menggoda selera makan. Rasanya tak sabar menanti masakan ini akhirnya matang!

Setelah bumbu halus matang, masukkan daging iga kambing, Royco Kaldu SapiBango Kecap Manis, dan air. Masak hingga mendidih dan tengkleng kambing khas kota Solo ini bisa kamu persembahkan sebagai hidangan terbaik tahun ini!

2. Resep Nasi Mandi Kambing, Masak Daging Kambing Lebih Seru

Rasanya, kok, ada yang kurang, ya, kalau tidak ada menu yang bergaya Timur Tengah saat hari raya. Ibaratnya, tak lengkap kalau tidak ada nasi kenduri atau nasi kebuli di acara-acara khusus. Apalagi jaman sekarang makin banyak orang Indonesia yang menggemari berbagai masakan dari jazirah Arab. Nah, jawabannya berari nasi mandi khas Yaman yang ternyata bisa dibuat dengan cara yang cukup praktis, lho. Tak perlu lagi pesan-pesan online atau khusus datang ke restoran, kamu bisa, kok, membuat nasi mandi kambing sendiri di rumah!

Langsung saja cek cara membuatnya di video berikut ini!

3. Resep Sop Kaki Kambing, Siap-Siap Jadi Rebutan

Resep yang satu ini khusus dipersembahkan Masak Apa Hari Ini buat kamu-kamu yang sedang mengurangi makanan bersantan atau yang terlampau gurih-gurih. Sedikit membutuhkan waktu lama, menggunakan susu sebagai pengganti santan, dan menggunakan kuah rebusan kedua untuk kaldu sopnya, tapi hasilnya? Hmmm… Wangi, rasanya meresap, dan tak kalah lezatnya! Tambahkan bawang goreng, emping, daun bawang dan seledri, bawaannya pasti ingin tambah terus. Sop kaki kambing memang mantap!

Tapi daripada rebutan atau kehabisan, lebih baik kamu siapkan olahan daging kambing lainnya yaitu…

4. Resep Oseng Bumbu Rica, Cara Memasak Daging Kambing Mudah

Mangkuk berisi oseng daging kambing bumbu rica.
Meriahkan kebersamaan Idul Adha tahun ini dengan berbagi resep yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Selain tengkleng ataupun sop kambing, maka perlu ada satu resep tumisan yang akan melengkapi aneka masakan Idul Adha. Apa, ya, kira-kira yang praktis tapi masih merupakan olahan daging kambing. Nah, jawabannya adalah resep oseng daging kambing dengan bumbu rica! Kemudian, bisa jadi juga, kan, ada di antara kamu yang tidak terlalu ingin makanan bersantan? Jadikan masakan ini sebagai win-win solution untuk para fans daging kambing di rumah! Bonusnya, tak harus hadir saat hari raya saja, resep ini juga pas banget untuk hidangan sehari-hari.

Masih kurang? Berarti harus coba yang berikut ini!

5. Resep Kambing Bakar Madu, Menu Bakaran Istimewa

Di luar dugaan, memasak kambing bakar madu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kalau kamu penggemar menu makan malam ayam bakar madu warungan yang selalu menggugah selera itu, nah, menu yang satu ini tidak jauh-jauh, kok, cara mengolahnya. Untuk dagingnya kamu bisa menggunakan iga agar semakin nikmat, tapi kali ini, kamu juga bisa menggunakan apapun daging kambing yang kamu punya. Selain daging yang empuk dan berkualitas, olahan bumbunya adalah kunci kedua kesuksesan masakan ini. Masak dahulu bumbu halus dengan margarin, lalu tambahkan saus, kecap manis, dan madu.

Seperti pada menu bakaran lainnya seperti roast beef contohnya, daging perlu dimasak dahulu permukaannya bersama bumbu. Kemudian, baru proses bakar-bakaran dimulai. Mumpung sedang kumpul keluarga saat Idul Adha dan level niatan memasak lagi tinggi-tingginya, seru-seruan BBQ bareng bakal jadi pengalaman yang menyenangkan. Lengkapi dengan menu-menu bakaran lainnya juga, ya!

Selain lima resep rekomendasi dari Masak Apa Hari Ini, apakah kamu punya juga menu-menu favorit lainnya saat Idul Adha? Yang jelas, yuk, jadikan juga momen Idul Adha ini tak hanya sebagai sarana kumpul keluarga, namun juga sebagai momen untuk berbagi. Alangkah senangnya bila mereka yang membutuhkan juga bisa menikmati hidangan-hidangan spesial yang sudah kamu masak di rumah sebelumnya. Bagi mereka, mungkin jauh akan memudahkan ketimbang harus memasak dari nol.

Semoga ragam masakan daging kambing untuk Idul Adha tahun ini berkesan untuk kamu dan keluarga, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.