Cara Masak Pare Tidak Pahit dan Bebas Getir | MAHI

Cara Masak Pare Tidak Pahit Untuk Berbagai Variasi Masakan

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Mei 31, 2022

Pencinta hidangan paria atau pare mungkin ingin tahu cara masak pare tidak pahit agar tak ragu mempraktikkannya di rumah. Apalagi bagi kamu yang suka banget sama sayuran yang akrab diolah dengan cara ditumis dan dijadikan sebagai salah satu isi sepiring siomay ini.

Cara Masak Pare Tidak Pahit dan Bebas Getir

Seringkali diolah sebagai sayuran tumis, sayuran yang tumbuh merambat ini juga dipercaya dapat mengontrol gula darah. Bukan tanpa alasan, mengolah pare dengan cara diiris lalu ditumis bertujuan untuk mengurangi rasa pahit yang menempel pada sayuran yang juga populer dengan nama bitter gourd atau bitter melon ini.  Sup,aya semakin pede masak pare, yuk, simak beberapa tips ini!

Pilih pare yang muda. Pare yang muda ditandai dengan warna hijau pare yang lebih cerah atau tidak terlalu tua. Ketika dibuka, biji pare yang lebih tua cenderung berwarna oranye atau merah kekuningan.

Bersihkan bagian pare hingga bagian putihnya terkikis. Saat dibuka, setelah mengeluarkan bijinya, kikis bagian putihnya menggunakan bantuan sendok. Cara ini akan mengurangi rasa pahit dan getir dari paria.

Remas bersama garam hingga layu. Setelah biji pare dibuang dan diiris, taburi pare dengan garam. Remas hingga pare sedikit lembut, diamkan sekitar 10-15 menit. Cuci bersih atau blansir sebentar dalam air mendidih. Pare pun siap ditumis dengan bahan lain seperti teri, udang, atau tempe.

Pare yang sudah dibersihkan lalu diiris.
Kurangi rasa pahit dengan meremas pahe bersama garam. (Foto: Shutterstock)

Padukan dengan bahan lain yang rasanya cenderung asin. Sering melihat menu tumis pare teri atau tumis pare ikan asin, kedua masakan tersebut adalah perpaduan dari bahan yang rasanya kuat, yaitu pahit dan asin, namun ketika dipadukan rasanya jadi mantap. Kamu bisa menggunakan ikan teri, ikan asin, udang rebon, atau tumis dengan tambahan kecap ikan.

Isi dengan bahan lain untuk membuat rasa pahitnya berkurang. Untuk hidangan pare yang dikukus atau dalam potongan besar, taburi pare dengan garam garam setelah dipotong membentuk silinder dan dibuang bijinya. Kemudian sajikan dengan isian adonan ikan, adonan tahu, atau adonan daging ayam giling yang sudah dibumbui. Cara ini akrab pada hidangan siomay dan juga digunakan di dapur Cina.

Pare isi, masakan khas Kerala, India.
Isi pare dengan tumisan daging untuk menyiasati rasa pahitnya. (Foto: Shutterstock)

Rebus sebentar dengan garam, gula, dan cuka. Setelah pare dibersihkan, rebus sebentar dengan air rebusan yang sudah diberi garam, gula, dan cuka. Kombinasi asin, manis, dan asam akan membuat rasa pahit pare jauh berkurang. Setelah direbus, cuci bersih paria untuk menghilangkan sisa rasa cuka, garam, dan gula.

Goreng dengan adonan tepung. Selain ditumis, dikukus dengan isian, menggoreng sayuran yang juga disebut bittergourd ini juga

Yuk, coba beberapa tips cara masak pare tidak pahit ini untuk berbagai masakan kesukaan kamu! Misalnya tumis pare ikan teri, pare kukus dengan isian adonan siomay, atau gado-gado.

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.