5 Variasi Masak Ikan Tongkol untuk Pecinta Pedas Sejati

Wina|Juni 2, 2018

Indonesia dan kekayaan lautnya menawarkan puluhan hingga ratusan jenis kreasi masakan laut yang lezat. Salah satu yang banyak memiliki penggemar adalah ikan tongkol. Lezat ketika digoreng, digulai, ataupun dimasak menjadi sup — ikan tongkol begitu mudah dikreasikan. Berikut adalah 5 variasi masak ikan tongkol untuk pecinta pedas sejati dan bisa kamu coba di rumah.

Pampis Tongkol

Masak Ikan Tongkol
Pampis Tongkol paling nikmat disantap bersama nasi panas dan sayur berkuah. (Foto: Shutterstock)

Pampis Tongkol adalah masakan khas Manado yang memiliki rasa pedas dan gurih. Ikan tongkol yang disuwir-suwir ini dimasak dengan aneka bumbu khas Sulawesi Utara.

Untuk Pampis Tongkol ini kamu akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang putih, cabai rawit sesuai selera, daun jeruk, serai, kunyit, jahe, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, minyak sayur, dan garam.

Berikut adalah langkah-langkah membuatnya:

  1. Kukus ikan tongkol yang sudah dilumuri dengan Royco Kaldu Ayam dan air perasan jeruk nipis. Tiriskan dan suwir-suwir.
  2. Haluskan cabai, bawang putih, kunyit, garam dan jahe. Panaskan wajan bersama sedikit minyak lalu tumis hingga harum. Masukkan batang sereh dan daun jeruk yang sudah dimemarkan.
  3. Masukkan suwiran ikan tongkol. Aduk rata dan masak hingga matang. Sajikan bersama nasi hangat.

Semur Tongkol Lombok Ijo

Bingung mau masak apa untuk makan malam bersama keluarga? Coba Semur Tongkol Lombok Ijo yang pedas dan sedap ini yuk! Masakan pedas biasanya akan menambah selera makan dan sekeluarga harus siap dibuat ketagihan.

Untuk Semur Tongkol Lombok Ijo ini kamu akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, garam, merica, dan air.

Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Goreng tongkol yang sudah dibersihkan hingga setengah matang. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan cabai hijau bersama ikan tongkol dan sedikit air. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan Kecap Manis Bango dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam serta sedikit garam. Aduk dan masak hingga matang. 

Ikan Singgang

Masak Ikan Tongkol
Ingin lebih berwarna? Tambahkan sayur okra atau caisim. (Foto: Shutterstock)

Apa jadinya kalau ikan tongkol dimasak kuah? Untuk kamu yang bosan masak ikan tongkol dengan cara yang begitu-begitu saja, Ikan Singgang bisa menjadi pilihan menarik. Berasal dari Terengganu di Negeri Jiran, menu Ikan Singgang adalah sajian praktis yang mudah dibuat — bahkan untuk kamu yang baru belajar masak.

Bahan-bahan untuk Ikan Singgang adalah: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabai rawit sesuai selera, asam gelugur, garam, gula, dan air.

Berikut cara membuatnya:

  1. Isi panci dengan air. Tambahkan bawang putih, bawang merah, kunyit, dan lengkuas.
  2. Masukkan ikan tongkol, asam gelugur, cabai rawit, garam, dan gula secukupnya. Masak hingga matang. Sajikan selagi hangat.

Pindang Tongkol Bumbu Kuning

Masakan olahan ikan laut paling mantap dimasak dengan bumbu kuning yang Indonesia banget ini. Untuk Pindang Tongkol Bumbu Kuning ini bahan-bahannya adalah: ikan tongkol, cabai rawit, cabai merah, tomat, daun salam, serai, jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, bawang merah, air jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, dan air.

Berikut cara membuatnya:

  1. Tumis bumbu halus (bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri). Masak hingga harum.
  2. Masukkan irisan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan ikan tongkol bersama air perasan jeruk nipis dan tomat. Aduk rata kemudian tambahkan air matang dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan garam. Masak ikan tongkol hingga matang.

Tumis Tongkol Kecap

Masak Ikan Tongkol
Praktis dan mudah. Beri taburan daun bawang agar lebih cantik. (Foto: Shutterstock)

Tumis Tongkol Kecap adalah ‘senjata’ rahasia keluargaku yang doyan pedas. Selain rasanya begitu kaya, resep yang satu mudah untuk membuatnya.

Untuk resep ini kamu akan membutuhkan: ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit secukupnya, kemiri, tomat, jeruk nipis, Kecap Manis Bango, minyak sayur, dan garam.

Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Bersihkan ikan tongkol yang sudah dipotong. Setelah bersih, lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng setengah matang lalu sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri) hingga harum.
  3. Kemudian masukkan ikan tongkol, aduk sebentar hingga rata. Terakhir, tambahkan Kecap Manis Bango dan bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Angkat dan sajikan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.