5 Olahan Ikan Salmon dengan Bumbu Khas Asia

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juli 31, 2018

Meski terbilang baru naik daun di Indonesia, sekarang ikan salmon begitu mudah ditemukan dimana-mana. Ikan yang merupakan kebanggaan negeri Norwegia ini rupanya cocok juga diolah dengan gaya kuliner Asia. Berikut adalah 5 resep singkat olahan ikan salmon yang perlu dicoba di rumah!

1. Rice Burger Salmon

olahan ikan salmon
Satu formula pengganti burger pada umumnya. (Foto: Shutterstock)

Burger daging sapi ataupun ayam bisa jadi sudah terlalu akrab di lidah kita. Maka burger nasi dengan salmon asap cocok sebagai penggantinya dan nikmat disantap sebagai makan siang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: salmon asap, nasi sushi, daun basil, peterseli, minyak zaitun, selada, garam, air perasan lemon, kacang pinus, biji wijen, garam, dan lada.

Cara membuatnya:

  1. Sangrai kacang pinus hingga matang, lalu masukkan ke dalam food processor. Tambahkan daun basil, peterseli, dan minyak zaitun lalu haluskan. Aduk dan tambahkan garam, lada dan air perasan lemon. Haluskan beberapa detik kemudian sisihkan adonan kacang.
  2. Masak nasi sushi hingga pulen lalu bentuk nasi menjadi dua bagian roti burger. Ulangi hingga nasi habis.
  3. Oleskan adonan kacang ke bagian nasi (bisa bawah atau atas), lalu susun salmon asap dan selada. Taburi bagian atas nasi dengan biji wijen yang sudah disangrai.

2. Soy Ginger Salmon

Kombinasi dari jahe, kecap asin, dan cabai bubuk menjadikan olahan ikan salmon yang satu ini mempunyai cita rasa yang sangat khas. Siap-siap belanja salmon dulu di supermarket ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet ikan salmon dengan kulitnya, kecap asin, bawang putih, parutan jahe, madu, cabai bubuk, minyak zaitun, bawang daun, garam, dan lada.

Cara membuatnya:

  1. Letakkan rak di bagian tengah oven dan panaskan oven dengan suhu sekitar 200C.
  2. Dalam panci sedang; masak kecap, bawang putih, dan jahe dengan sedikit minyak zaitun. Masak di atas api sedang, lalu angkat dari api dan tambahkan madu serta bubuk cabai.
  3. Olesi salmon dengan minyak zaitun hingga merata. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam wajan (sebaiknya menggunakan wajan besi, karena akan dimasukkan ke dalam oven). Masak di atas api selama 3 menit.
  4. Menggunakan spatula, balik salmon sehingga sisi kulitnya menghadap ke bawah. Masukkan wajan ke dalam oven dan masak selama 6 menit. Keluarkan dari oven, tutup dengan aluminum foil dan istirahatkan selama 4 hingga 5 menit. Sajikan dengan taburan daun bawang.

3. Miso Salmon

olahan ikan salmon
Dimasak beserta sup miso? Tentu bisa! (Foto: Shutterstock)

Menyeruput miso salmon saat cuaca sedang dingin-dinginnya akan membuat tubuh hangat dan rasa lapar mereda. Olahan ikan salmon yang satu ini tepat bagi yang menyukai hidangan berkuah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet ikan salmon, kecap asin, gula aren bubuk, air perasan lemon, jahe yang dimemarkan, tahu putih, daun bawang, pasta miso, jamur shiitake, rumput laut lembaran, dan biji wijen yang sudah disangrai.

Cara membuatnya:

  1. Aduk kecap asin, gula aren, dan air perasan lemon di dalam mangkuk sedang. Masukkan dan rendam semua sisi hingga rata. Rendam dalam suhu kamar selama 10 menit.
  2. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam wajan yang sudah disiapkan dan masak hingga matang. Matikan api dan tiriskan. Ketika cukup dingin, potong salmon dengan garpu.
  3. Di dalam panci; masukkan air, tahu, kecap asin, jahe, dan daun bawang. Masak hingga mendidih. Masukkan miso dan pastikan agar larut dengan baik. Tambahkan jamur dan masak hingga melunak.
  4. Isi sup miso ke dalam mangkuk lalu isi dengan potongan ikan salmon. Sajikan

4. Salmon Steak Wasabi

Wasabi dikenal akan rasa pedasnya yang menyengat hidung. Apa jadinya bila kalau salmon panggang disajikan bersama saus wasabi yang dicampur dengan mayones? Seru tentunya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet ikan salmon, garam, lada, minyak zaitun, mayones, daun ketumbar, bawang putih, pasta wasabi, air perasan lemon, gula, dan bawang daun,

Cara membuatnya:

  1. Panaskan oven dengan suhu sekitar 200C. Letakkan salmon dengan kulitnya menghadap bawah ke dalam loyang atau wadah tahan panas. Taburi dengan 1 sendok teh garam, merica dan minyak zaitun. ‘
  2. Panggang hingga salmon matang.
  3. Sementara itu dalam food processor; masukkan mayones, daun ketumbar, bawang putih, jahe, pasta wasabi, air perasan lemon, gula, dan garam. Haluskan.
  4. Sajikan salmon di atas piring dan siram atasnya dengan saus wasabi. Taburi dengan daun ketumbar yang sudah dicincang halus.

5. Steamed Salmon with Fish Sauce

olahan ikan salmon
Dengan gaya dim sum juga ternyata salmon cocok! (Foto: Shutterstock)

Olahan ikan salmon berikutnya dipengaruhi kuliner Tionghoa yang tepat disantap saat makan malam bersama keluarga. Apalagi ketika digabungkan dengan berbagai macam dim sum lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Fillet ikan salmon, daun bawang, daun ketumbar, garam, lada dan bumbu rendaman (air perasan jeruk, kecap asin, cuka beras, madu, parutan jahe, bawang putih yang sudah dihaluskan dan bubuk cabai).

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua bahan rendaman ke dalam kantung plastik dan kocok dengan rata. Masukkan fillet ikan salmon, diamkan di dalam kulkas selama 2 jam.
  2. Keluarkan salmon dari bahan rendaman.
  3. Masukkan ikan ke dalam kukusan bambu bersama bumbu rendaman serta bubuhkan sedikit garam dan lada. Taburi dengan daun bawang dang masak hingga matang
  4. Sajikan dengan daun ketumbar.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.