Resep Thai Basil Chicken yang Enak dan Lezat - MAHI
Piring berisikan olahan resep thai basil chicken.

Resep Thai Basil Chicken, Wangi dan Lezatnya Bikin Nggak Nahan

Nikmat dan wanginya thai basil chicken dengan nasi hangat dan telur mata sapi sungguh tidak tertahankan! Coba resepnya berikut ini, yuk!
Piring berisikan olahan resep thai basil chicken.
Rian Farisa | Jan 17, 2023

Mau tahu one dish meal favoritnya orang Thai saat lapar tengah melanda? Selain pad thai, jawabannya adalah pad krapow alias thai basil chicken. Paduan bahannya bakal bikin siapapun tergoda, apalagi saat aroma thai basil menggelora dan mewangikan seisi ruangan. Rasanya seporsi nasi pun takkan cukup. Seperti apakah hidangan ini rupanya? Simak yang berikut ini dulu, deh!

Istimewanya Resep Thai Chicken Basil

Ibarat nasi uduk dengan berbagai pelengkapnya, thai chicken basil juga memiliki banyak variasi yang bisa kamu olah di rumah. Tapi untuk hari ini, coba dulu versi aslinya, ya!

Sesuai namanya, kamu perlu mencari dulu yang namanya thai basil. Berbeda dengan daun kemangi lokal, ukuran thai basil lebih besar dan pinggirannya seperti bergerigi. Inipun mesti kamu bedakan juga dengan daun basil yang biasa digunakan pada masakan Barat. Daun basil khas Barat ukurannya lebih lebar lagi dan halus permukaannya. Bila menemukan ketiganya di pasar, kamu akan dapat dengan mudah membedakan bentuk dan baunya. Kabar baiknya, kamu bisa dengan mudah juga membelinya melalui toko online dengan harga terjangkau.

Selebihnya kamu hanya perlu menyiapkan bahan yang sudah dipotong-potong dan tumis dalam waktu sekejap saja, serta lengkapi dengan telur ceplok alias telur mata sapi. Pastikan selain thai basil, bahan-bahan lainnya yang wajib hadir sesuai tradisinya adalah bawang putih, kecap ikan, saus tiram, gula pasir, dan tentunya cabai rawit. Lengkapi juga dengan kacang panjang agar sajiannya makin berisi. Selanjutnya, langsung saja coba resepnya di bawah ini, ya!

Bicara modifikasi resep thai basil chicken ini, kamu tidak perlu ragu untuk mencoba jenis protein atau sayuran lainnya. Saat ini pad krapow bisa diolah dengan sayuran seperti wortel, bawang bombay, jamur, rebung, bahkan asparagus. Soal proteinnya, kamu juga bisa menggantikan ayam dengan daging sapi cincang, ataupun bakso, udang, dan aneka seafood lainnya.

Selamat mencoba! Jangan lupa, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan likeya!

Bahan

4
Porsi
500
g daging ayam cincang
100
g kacang panjang, potong 1,5 cm
50
g bawang bombay, cincang
1
sdm kecap ikan
50
ml air
½
sdt gula pasir
40
g daun thai basil
3
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu tumis

6
siung bawang putih, cincang
8
buah cabai rawit merah, haluskan
1
sdt garam

Pelengkap

4
butir telur, buat telur mata sapi

Cara membuat

1

Panaskan minyak, masukkan bumbu tumis. Aduk hingga bawang putih kecokelatan.

2

Masukkan daging ayam, aduk rata. Tumis sambil terus diaduk.

3

Masukkan Royco Saus Tiram, kecap ikan, air, dan gula pasir. Aduk terus hingga daging ayam tidak menyatu.

4

Masukkan kacang panjang dan bawang bombay. Masak hingga kacang panjang hampir matang.

5

Tambahkan daun basil, aduk hingga layu. Angkat.

6

Sajikan bersama nasi hangat dan telur mata sapi.

Bahan-bahan

Royco Saus Tiram
Royco Saus Tiram