Resep Teh Talua Khas Minang untuk Sahur - MAHI

Resep Teh Talua Khas Minang, Ide Minuman Sahur Enak

Simpan ke bagian favorit

Bukan sekadar teh campur telur, ternyata teh talua punya sejarah panjang dan cocok dinikmati sehari-hari. Simak cara membuatnya, yuk!

15mnt
2 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 18, 2022

Teh talua, minuman klasik yang semakin dikenal kehadirannya berkat kedatangan warga Sumatra Barat ke seluruh penjuru Indonesia dan kekuatan kultur kulinernya. Dari lapau hingga rumah makan besar khas Minang, teh talua selalu tersedia di menu dan disajikan hangat. Bagi kamu yang penasaran ingin mencobanya, waktunya untuk menyeduh sendiri di rumah dengan resep yang satu ini.

Sejarah teh talua

Dahulunya, teh talua adalah minuman para elit di Minangkabau. Kerap disajikan saat pertemuan para bangsawan, pejabat, pedagang, serta perantau kaya di berbagai kediamannya. Minuman ini merupakan simbol prestise sehingga biasa disuguhkan pada tamu sebagai bentuk hormat. Pada dasarnya, masyarakat Minang memang terkenal akan adab dan budayanya yang istimewa saat menjamu tamu, acara resmi, lamaran, ataupun pernikahan.

Teh talua merupakan produk rakyat Minang di masa kolonial Belanda. Minuman ini dikenal berbuih bagian atasnya, sehingga menyerupai bir yang saat itu dinikmati para pendatang dari Eropa. Teh talua dan bir pletok merupakan interpretasi atas minuman tersebut, namun menggunakan bahan lokal dan tidak mengandung alkohol sama sekali. Karena kreativitas masyarakat masa lalu inilah Indonesia mengenal sajian-sajian legendaris seperti sosis Solo, bir pletok, dan tentunya yang satu ini.

Namun ceritanya tidak berhenti di situ, karena ada juga legenda lain yang menyebutkan bahwa teh talua diciptakan saat menara Jam Gadang tengah dibangun. Banyaknya putih telur yang digunakan sebagai bahan semen menjadikan warga menciptakan minuman teh talua dengan menggunakan kuning telur yang tersisa dan berlimpah. Menariknya, perkebunan teh di Sumatra Barat memang sudah bisa diakses hasilnya oleh warga pada paruh awal abad ke 20. Maka bukan kebetulan bila semua cerita ini bertautan pada linimasa yang bersamaan, meskipun cerita sebenarnya tidak pernah didokumentasikan secara detil.

Rahasia teh talua enak

Bicara soal membuat teh ini di rumah, kamu perlu mempersiapkan telur kampung dan alat pengocok khusus. Tradisionalnya, warga Minang menggunakan puluhan lidi yang diikat, namun sekarang kamu bisa menggunakan alat pengocok susu. Tujuannya adalah agar minuman menjadi berbuih. Sebagai pemanisnya, siapkan juga bubuk kayu manis. Warga Minang asli biasa juga menambahkan bubuk cokelat namun ini bersifat opsional. Terdengar makin menggiurkan untuk dicoba, bukan?

Selebihnya, kamu bisa ikuti resep di bawah ini soal bahan dan cara membuatnya. Selamat mencoba untuk menu sahur bertenaga di bulan Ramadan!

Bahan-bahan

SariWangi Teh Kurma Madu
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Kurma Madu
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 kuning telur ayam kampung
  • 600 ml air
  • ¼ sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdm kental manis

Cara membuat

teh talua seduh
1

Rebus air hingga mendidih. Angkat. Seduh Sariwangi Teh Kurma Madu selama 3 menit. Sisihkan.

teh talua kocok
2

Kocok kuning telur bersama gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan pucat. Sisihkan.

teh talua kental manis
3

Tuang Sariwangi Teh Kurma Madu ke dalam gelas saji yang sudah diisikan kental manis. Sendokkan telur kocok ke atasnya.

teh talua siap
4

Tambahkan susu kental manis dan bubuhi kayu manis bubuk ke atasnya. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.