Simak Langkah-Langkah Mudah Membuat Telur Mata Sapi

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Februari 20, 2019

Telur mata sapi sepertinya terlihat sederhana, tapi ternyata ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan dalam proses memasaknya. Namun tentu ini tidak serta merta menjadikannya sebuah resep yang menyulitkan. Yuk, kita simak langkah-langkah berikut ini agar hasilnya sempurna!

Telur mata sapi tersaji di atas dua piring.
Telur mata sapi yang selalu tampil cemerlang! (Foto: Shutterstock)

Gunakan wajan teflon atau wajan besi tempa

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melelehkan satu potong saja mentega atau margarin di atas api sedang. Putar-putar wajan agar lelehan mentega memenuhi seluruh penjuru dari wajan. Tidak lama, segera kita siapkan telur ayam segar untuk proses masak berikutnya.

Proses penggorengan telur mata sapi

Pecahkan telur dan perlahan jatuhkan ke atas permukaan wajan. Biarkan sejenak hingga putih telur mulai berbentuk, lalu kemudian bumbui dengan garam secukupnya. Selanjutnya, masak hingga putih telur semakin padat, namun kuning telur masih dalam keadaan terjaga.

Jangan gunakan spatula untuk mengaduk-ngaduknya saat membuat telur mata sapi. Bila mau, goyang-goyangkan wajan agar mentega atau margarin terlumuri pada seluruh bagian bawah telur. Sajikan!

Beragam hidangan telur lainnya

Sudah banyak berbagai cara mengolah telur yang pernah dibagikan di Masak Apa Hari Ini. Protein murah meriah dan bernutrisi ini memang sangat fleksibel diolah dalam bentuk apapun ataupun dipadukan dengan banyak sekali hidangan. Misalnya saja Cara Membuat Telur Balado, Sate Telur Gulung, hingga Cumi Bakar yang diisikan tahu dan telur.

Bagi yang hobi dengan olahan telur bergaya Barat, tentu tidak boleh ketinggalan dengan berbagai tips masak telur seperti soft boiled egg, scrambled eggs, hingga poached egg yang waktu itu sudah pernah tampil di MAHI.

Telur mata sapi tersaji dengan roti bakar.
Sarapan ringan dan bernutrisi dengan telur mata sapi, roti bakar dan salad. (Foto: Shutterstock)

Sudah semakin familiar tentu dengan istilah-istilahnya, bukan? Kesemuanya ini cocok dihidangkan sebagai bintang utama makan pagi ataupun brunch di akhir pekan. Padukan paling mudahnya dengan sosis, salad sederhana, serta tentunya roti bakar. Ingin bereksperimen dengan bahan-bahan lainnya? Padukan saja, pasti hasilnya cocok dengan olahan telur modern ini.

Kalau begitu, sekarang adalah waktunya yang tepat berbagi cara membuat telur mata sapi yang sangat terkenal ini. Pastikan hasilnya lebih maksimal dengan langkah-langkah simpel tadi. Selamat mencoba, sahabat MAHI!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.