Resep Teh Kopi Yuan Yang Khas Peranakan - MAHI

Resep Teh Kopi Yuan Yang, Minuman Jadul Khas Hong Kong

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi minuman menyegarkan untuk kamu coba sebagai pelepas dahaga - resep teh kopi yuan yang dari Hong Kong! Coba cek resepnya, yuk!

30mnt
2 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 12, 2022

Kopi dengan susu, atau teh dengan susu. Kedua paduan ini sepertinya sudah menjadi konsumsi banyak orang sehari-hari. Dari hanya seduhan sachet dengan campuran susu bubuk dan gula, hingga diracik secara serius dengan metode tertentu. Tapi tahukah kamu bahwa ada paduan unik yang disebut dengan teh kopi yuan yang? Untuk kamu yang baru pertama kali mendengar, minuman ini sebenarnya adalah kopi bubuk yang diseduh dengan susu, teh, dan gula. Penasaran untuk segera membuat jenis minuman yang nikmat ini? Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan kopi dari Hong Kong ini!

Asal Usul Resep Teh Kopi Yuan Yang

Sesuai dengan namanya, kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa warisan resep ini berasal dari Tiongkok atau lebih tepatnya dari kota Hong Kong. Popularitasnya sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia sejak lama, sehingga membuat namanya mengalami sedikit banyak perubahan. Maka jangan heran kalau minuman ini juga disebut dengan kata ‘yuenyueng’, ‘yinyong’, atau ‘yinyeung’, semuanya sama saja. Artinya sendiri berasal dari simbolisasi cinta dalam kebudayaan Tiongkok yang digambarkan oleh kehadiran burung jantan dan betina digambarkan berbeda secara fisik berbeda. Tak hanya itu, karena ada juga yang mengasosiasikannya dengan konsep yin yang. Kesemuanya mendeskripsikan perpaduan antara teh dan kopi, dua hal yang biasanya terpisah, dalam satu minuman.

Bicara soal minum teh kopi, rasanya kurang lengkap kalau tidak menikmatinya dengan makanan pendamping, bukan? Nah, kira-kira makanan apa saja yang cocok mendampingi minuman ini?

Padanan Makanan untuk Teh Kopi Yuan Yang

Perjalanan teh kopi yuan yang kini telah sampai ke Indonesia, dan ini berasal dari budaya ngeteh dan ngopi khas Peranakan dari kehadiran kedai-kedai yang disebut kopitiam. Di sini, kamu akan menemukan banyak istilah minuman kopi dan teh yang unik, misalnya saja kopi atau teh “O” yang berarti tidak menggunakan susu. Lalu ada juga teh atau kopi “C” yang menggunakan kental manis. Di antara sekian banyak menu tersebut terdapatlah teh kopi yuen yang. Selebihnya, tinggal melengkapinya dengan kehadiran makanan.

Di Singapura, biasanya teh atau kopi dinikmati sebagai menu sarapan hemat yang dipadukan dengan kaya toast atau roti bakar isi selai kaya berwarna hijau yang rasanya manis dan punya cita rasa pandan. Agar lebih nendang, ditambah juga tentunya dengan dua butir telur rebus yang dicampur dengan kecap asin serta merica. Sekilas, menu-menunya mirip dengan warung roti bakar pinggir jalan, bukan? Jadi tidak heran kalau teh kopi yuan yang bisa jadi cocok-cocok saja dipadukan dengan mie instan ataupun bubur ayam.

Selain teh kopi yuan yang, Masak Apa Hari Ini juga punya banyak resep-resep racikan teh lainnya yang bisa kamu coba di rumah. Untuk giliran selanjutnya kamu perlu mencoba aneka resep teh hangat dengan bermacam-macam bahan, hingga kreasi memperkaya tampilan kopi susu literan yang jadi favorit banyak orang. Selamat bermain di dapur!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 350 ml susu cair rendah lemak
  • 150 ml air panas
  • 1 sdt kopi bubuk instan
  • 3 sdm gula aren

Cara membuat

1

Aduk rata kopi bersama air panas hingga larut.

2

Panaskan susu di atas api kecil. Angkat. Masukkan gula dan SariWangi Teh Asli.

3

Seduh bersama SariWangi Teh Asli selama 2-3 menit. Keluarkan teh.

4

Aduk rata teh susu dan kopi. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.