Cara Buat Telur Separuh Masak Ini Akan Jadikan Masakanmu Tampil Lebih Menggiurkan

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|November 23, 2018

Cara buat telur separuh masak atau soft-boiled egg menjadi satu hal yang dicari-cari penggemar masakan kekinian. Bagaimana tidak? Telur yang sejatinya merupakan protein paling murah ini bisa tampil dengan begitu eloknya. Selain rasanya yang lezat, soft-boiled egg bisa dipadu padankan dengan begitu banyak resep.

Awalnya, telur separuh masak ini merupakan elemen vital dari masakan ramen khas Jepang ataupun beragam masakan brunch dari Barat. Bayangkan telur yang bagian putihnya sudah matang namun kuningnya masih separuh leleh. Sungguh tersaji menggiurkan dan mengundang selera!

tampilan telur hasil cara buat telur separuh masak
Secara penampilan saja sudah menggoda, bukan? (Foto: Shutterstock)

Itulah mengapa perlu bagi kita-kita yang hobi di dapur agar mengetahui cara buat telur separuh masak ini. Yuk, kita simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan panci berisi air dan didihkan dengan menggunakan api sedang.
  2. Setelah mendidih, perlahan masukkan telur satu per satu dengan menggunakan sendok berongga. Masak hanya selama 6 1/2 menit, tidak lebih dan tidak kurang.
  3. Siapkan semangkuk berisikan air es atau dipenuhi es batu. Setelah mencapai 6 1/2 menit, segera pindahkan telur ke dalam mangkuk ini. Biarkan selama dua menit agar telur berhenti menjadi masak dan kulit mudah untuk dikelupas.
  4. Setelah dua menit, perlahan kelupas kulit telur hingga bersih. Telur bisa dinikmati segera atau dimasukkan ke dalam kulkas bila ingin dinikmati di lain waktu.

Cara buat telur separuh masak khas Jepang

cara buat telur separuh masak cocok dengan masakan Jepang
Ini adalah contoh penggunaan soft-boiled egg pada masakan fusion Jepang-Italia (Foto: Shutterstock)

Orang Barat biasa juga menyebut telur jenis ini sebagai jammy soft-boiled egg. Dalam keadaan polos dan tidak dibumbui, maka telur ini cocok untuk diterapkan pada berbagai masakan. Contohnya adalah salad, laksa, bubur ayam, ataupun nasi goreng.

Khusus untuk ramen, disarankan sekali untuk membumbui telurnya terlebih dahulu. Orang Jepang menyebutnya sebagai ajitsuke tamago atau ajitama. Dengan membumbuinya, rasa telur menjadi lebih sedap dan cocok dengan cita rasa masakan Jepang – khususnya ramen.

Inilah langkah-langkah yang membedakannya:

  1. Siapkan kecap asin khas Jepang yang halal, serta campuran antara perasan lemon dan gula sebagai pengganti mirin.
  2. Campurkan semuanya bersama air di dalam kantung plastik yang bisa dirapatkan. Tes rasa terlebih dahulu agar pas. Sisihkan.
  3. Langkah berikutnya mirip dengan cara membuat telur separuh masak yang disebutkan di atas.
  4. Setelah kulit telur selesai dikelupas, masukkan telur ke dalam kantung plastik agar saling berkenalan dengan bumbu-bumbu yang sudah menghuni di dalam sebelumnya.
  5. Biarkan telur dimarinasi selama setidaknya semalam di dalam kulkas.
  6. Setelah siap, keluarkan telur dan buang bumbu marinasi. Potong dua agar tampil cantik tertata bersama masakan. Gunakan benang agar potongan rapi dan tidak merusak bagian kuningnya yang masih leleh.

Sekarang sudah tidak penasaran lagi dong dengan cara buat telur separuh masak yang tampil menggoda ini? Dijamin deh setelah ini malah ketagihan untuk membuatnya setiap hari di rumah. Pelajari juga teknik-teknik memasak telur yang kekinian lainnya, ataupun resep-resep keren seperti Kerak Telor, Pizza Mie Cabe Hijau serta Fu Yung Hai Bumbu Rujak.

Yuk, segera kita berbelanja dan mulai memasak seru di dapur hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.