Resep Bubur Ayam Kuning

Resep Bubur Ayam Kuning, Sarapan Pagi Paling Favorit

Simpan ke bagian favorit

Tak pernah bosan orang Indonesia dengan bubur ayam kuning untuk sarapan. Waktunya untuk kamu membuatnya di rumah. Yuk, cek resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Maddie|Agustus 24, 2021

Bubur Ayam Kuning merupakan menu khas untuk makan pagi orang Indonesia yang sangat legendaris. Meskipun banyak versi, tapi yang satu ini dipastikan merajai jalanan kota Jakarta sedari sinar mentari masih malu-malu bersinar. Rasanya beraktivitas kurang lengkap tanpa sebelumnya menikmati asupan penuh energi yang satu ini!

Tipe yang satu ini berkuah kuning karena terinspirasi dari bubur ayam yang berasal dari kisaran Pantura ataupun sekitar Jakarta. Misalnya saja bubur ayam Cirebon. Tentunya ini berbeda dengan versi Bandung yang tidak menggunakan kuah kuning sama sekali. Bila menggunakan kuah, biasanya bubur yang dimasak hanya dibumbui sedikit atau tidak sama sekali. Rasa gurih dan lezat itu datang dari kuahnya yang kaya bumbu. Selebihnya tentu sama, diberi taburan macam-macam topping sehingga semakin ramai cita rasanya.

Versi Bandung mirip dengan bubur yang datang dari kultur Peranakan. Bubur sebelumnya dimasak bersama bumbu-bumbu sehingga rasanya lebih gurih dan bersih. Apa yang datang berikutnya bisa jadi sama, bahkan ada juga yang menambahkan kuning telur mentah hingga semakin nikmat. Hanya saja, versi bubur Peranakan atau Chinese asli biasanya menggunakan topping yang jarang ada di sini. Setidaknya perbedaan yang paling dekat adalah cakwe yang tidak dipotong-potong. Rata-rata namun, penjual bubur di Indonesia akan menaburi cakwe yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu pada saat penyajian.

Cara buat bubur ayam kuning

Cara masak bubur ayam ini, pertama-tama masak beras bersama kaldu ayam yang sedap dan diberikan daun salam serta bumbu-bumbu. Berikutnya, tumis bumbu halus dan masak bersama kaldu serta ayam. Setelah ayam siap, maka cukup digoreng untuk kemudian disuwir-suwir. Ketika semuanya sudah matang, maka padukanlah menu yang lezat ini dalam satu mangkuk dan tata dengan cantik. Dijamin seisi rumah akan tergoda dibuatnya!

Jangan lupa menyajikan bubur ayam juga di kala ada yang sedang kurang sehat karena flu ataupun demam. Lembut dan mudah dicerna, bubur ayam adalah andalan di kala pemulihan.

Resep mudah bubur lainnya

Sudah ada beberapa resep mudah lainnya yang aku bagikan di Masak Apa Hari Ini untuk kamu coba di rumah nanti. Selain bubur ayam kuning, ada setidaknya dua jenis bubur lainnya yang akan memeriahkan waktu makan pagi kamu. Apa sajakah itu? Yuk, simak ceritanya berikut ini!

1. Bubur ayam Hainan

Untuk makan pagi ataupun saat pemulihan, bubur ayam Hainan hangat adalah pilihan yang cocok. Untuk tambahannya, cukup siapkan bawang daun ataupun bawang merah goreng. Bagi penggemar bubur khas Chinese ini, jangan lupa tambahkan cakwe. Meskipun hidangan sehat tanpa elemen gorengan pastinya lebih baik untukmu.

Satu tips agar memasak bubur lebih cepat di pagi hari adalah dengan merendam beras selama beberapa jam terlebih dahulu. Gunakan air kaldu supaya cita rasa bubur jadi lebih gurih dan sedap. Proses berikutnya adalah menyiapkan filet ayam tanpa kulit yang akan direbus bersama bumbu tumisan. Tambakan sedikit Royco Kaldu Ayam untuk kuahnya.

Setelahnya, ayam yang telah direbus tinggal dipotong-potong untuk disajikan sebagai topping yang menggoda. Masak bubur bersama kuahnya dan sajikan setelah mengental dan bumbu berpadu dengan baik.

Simak cara masak bubur ayam Hainan.

2. Bubur ayam bulgogi

Siapa yang mengira bulgogi khas Korea bisa berpadu cocok dengan bubur ayam lokal. Tambahkan berbagai kondimen maka hampir nyaris tidak ada bedanya. Perbedaannya adalah rasa manis gurih dari bulgogi yang akan menjadi harmoni dengan rasa gurih dari buburnya!

Simak cara buat bubur ayam Bulgogi.

Kamu masih ingin eksplor cara buat bubur ayam versi lainnya? Pastikan cek Instagram Masak Apa Hari Ini, dan dapatkan inspirasi lainnya yang menarik seputar dunia memasak. Jangan lupa follow dan like, ya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g daging ayam, rebus dengan 2 L air
  • 250 g beras, cuci bersih
  • 2 lembar daun salam
  • garam

Kuah

  • 1 L kaldu ayam
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • garam

Pelengkap

Cara membuat

1

Rebus beras dengan air kaldu dan daun salam, beri garam, aduk-aduk terus sampai pecah dan menjadi bubur.

2

Tumis bumbu halus, masukkan air kaldu dan ayam, rebus sampai air kaldu menyusut setengahnya. Ambil ayam, goreng sampai kering, suwir-suwir.

3

Taruh bubur dalam mangkok, beri pelengkap, siram dengan kuahnya. Bubuhkan Bango Kecap Manis sesuai selera.

Ingin coba resep lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.