Resep Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning untuk MPASI - MAHI
Piring berisikan olahan resep pepes ikan kembung bumbu kuning.

Resep Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning untuk MPASI

Satu lagi ide segar untuk menu MPASI si kesayangan di rumah – resep pepes ikan kembung dengan bumbu kuning. Coba masak, yuk!
Piring berisikan olahan resep pepes ikan kembung bumbu kuning.
Rian Farisa | Jan 13, 2023

Memang pepes ikan kembung cocok untuk menu MPASI? Tentu saja! Berbeda dengan metode memasak lainnya, mengukus atau pepes lebih menjaga kandungan nutrisi pada makanan. Belum lagi kalau bicara soal proteinnya, si ikan kembung yang kaya gizi. Lalu, bumbu-bumbunya pun bersahabat cita rasanya untuk si kecil. Wah, banyak alasan untuk mengolahnya di rumah! Yuk, simak dulu yang berikut ini sebelum memasaknya! 

Mengapa Resep Pepes Ikan Kembung? 

Untuk penggiat makanan sehat, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik memasak yang satu ini. Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus adalah ciri khas pembeda makanan pepesan dibandingkan dengan kukusan lainnya. Ini dikarenakan banyak makanan kukusan yang hanya menggunakan alumunium foil sebagai pembungkusnya. Hasilnya tentu berbeda karena daun pisang menjadikan aromanya terasa segar dan menggugah selera. 

Resep pepes ikan kembung umumnya membutuhkan semacam bumbu halus yang dilumuri pada permukaan ikan, lalu ditutup rapat-rapat, dan dikukus. Tujuannya adalah agar bumbunya meresap sehingga rasanya makin sedap. Karena ditujukan sebagai menu MPASI, maka Masak Apa Hari Ini memilih menggunakan bumbu kuning yang terasa ringan dan menyegarkan, namun punya kedalaman rasa yang jadi kesukaan tua maupun muda. 

Lalu kalau bicara soal ikan kembung, wah, nggak kalah soal kandungan gizinya walau bersanding dengan ikan salmon. Selain sebagai sumber lemak tak jenuh omega-3, ikan kembung juga punya kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D. Lalu ada juga kekayaan mineralnya seperti zat besi, tembaga, selenium, dan yodium. 

Makin besar, deh, motivasinya untuk membuat hidangan yang satu ini, apalagi untuk kebaikan si junior dan tumbuh kembangnya! Lain waktu, kamu juga bisa mengolah resep serupa lainnya seperti resep pepes ayam bumbu kuning ataupun pepes tahu udang. Kalau ingin mencoba membuatnya untuk si kecil, perhatikan dahulu apakah ada bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi atau tidak. Selain itu, jangan pakai cabai merah atau cabai rawit dulu, ya! 

Jangan lupa, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like, ya! 

Bahan

4
Porsi
2
ekor (300 g) ikan kembung
½
sdm air jeruk nipis
2
lembar daun salam
1
batang serai, memarkan
2
cm lengkuas, memarkan
2
sdm minyak, untuk menumis
Daun pisang, untuk membungkus

Bumbu halus

6
butir bawang merah
3
siung bawang putih
4
butir kemiri, sangrai
2
cm kunyit
½
sdm ketumbar
½
sdt garam

Cara membuat

1

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis hingga ke bagian dalam rongga perut ikan. Diamkan selama 10 menit. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan Royco Kaldu Ayam Spesial, aduk rata. Angkat.

3

Panaskan daun pisang di atas api kecil selama 2 detik agar daunnya lentur. Sisihkan.

4

Lumuri ikan kembung dengan bumbu kuning tumis hingga bagian dalam rongga perutnya. Sisihkan.

5

Tumpuk 2 lembar daun pisang, beri 1 lembar daun salam dan 1 ekor ikan kembung ke atasnya. Lipat dan bungkus, lalu sematkan dengan tusuk gigi di kedua sisi ujungnya. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

6

Panaskan dandang, kukus ikan kembung hingga matang. Angkat dan sajikan.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Ayam Spesial
Royco Kaldu Ayam Spesial