Jenis Masakan


Resep Sate Rembiga, Kejutan Seru dari Nusa Tenggara Barat

Simpan ke bagian favorit

Sate Rembiga adalah buah dari tenarnya provinsi Nusa Tenggara Barat akan ternak sapinya. Rasanya yang manis, pedas dan gurih ini memang sangat istimewa. Ayo, kita coba memasaknya hari ini!

2jam
2 Porsi
Mudah
Chef Panji|Desember 27, 2018

Sate Rembiga hanyalah satu dari sekian banyak kekayaan kuliner Nusa Tenggara Barat, atau kita lebih mengenalnya dengan pulaunya yang terkenal yaitu Lombok. Selain Ayam Taliwang ataupun Ayam Pelalah, ternyata masih ada juga yang disebut dengan Sup Bebalung, Sayur Ares, Beberuk Terong, dan lain-lainnya. Ke depannya, Chef akan coba berbagi resepnya satu per satu, ya!

Nah, kembali ke Sate Rembiga, ini seolah mengingatkan kita pada Sate Maranggi khas Purwakarta. Memanfaatkan daging sapi yang sangat melimpah di NTB, Sate Rembiga merupakan percampuran banyak rempah dan juga rasa pedas yang mantap. Berbeda dengan Sate Maranggi yang mengandalkan rasa manis.

Agar mempermudah, gunakanlah daging sapi has dalam. Secara tradisionalnya, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu agar empuk dan kemudian barulah dimarinasi bersama bumbu-bumbu seperti cabai serta bawang. Setelah kita marinasi dengan baik, atau idealnya hingga dua jam, maka sate siap untuk dibakar. Menariknya, Sate Rembiga tidak mengandalkan bumbu cocolan berupa saus kacang ataupun kecap karena rasanya sendiri sudah begitu kaya. Padukanlah dengan nasi ataupun lontong untuk hidangan yang satu ini.

Pastinya tergiur bukan dengan hidangan yang satu ini? Yuk, kita coba masak bersama hari ini! Jangan lupa coba resep-resep sate lainnya, termasuk tentunya – Sate Maranggi.

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g daging sapi has dalam, potong dadu
  • ¼ sdt garam
  • 10 buah tusuk satai kambing

Bumbu halus

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 8 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 4 sdm air asam jawa
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 sdm minyak, untuk memanggang

Cara membuat

Membuat bumbu halus untuk sate rembiga.
1

Aduk rata bumbu halus, tambahkan garam dan Bango Kecap Manis.

Mengaduk rata bumbu halus bersama daging untuk sate rembiga.
2

Aduk rata bersama daging sapi. Diamkan dalam kulkas selama 1 jam hingga meresap.

Menusukkan sate rembiga.
3

Tusukkan daging ke dalam tusuk satai.

Sate rembiga tersaji.
4

Panaskan wajan pemanggang, panggang satai sambil sesekali
dibolak balik hingga matang. Angkat.

Sate rembiga tersaji.
5

Sajikan sate rembiga.

Seperti kuliner negeri tetangganya yaitu Bali, masakan khas Lombok memang mengandalkan rasa pedas yang cukup menantang. Maka dari itu, jangan lupa siapkan es jeruk ataupun es teh manis ketika menikmati hidangan yang satu ini. Selamat menikmati, guys!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.