sate maranggi

Resep Sate Maranggi yang Empuk dan Anti Alot

Resep sate maranggi khas Purwakarta yang empuk dan bikin nagih. Menjelang Idul Adha 2024, yuk, coba masakan enak ini untuk ide olahan daging kurban.
sate maranggi
Tim MAHI | Mei 18, 2024

Untuk ide masakan Idul Adha 2024, masak sate maranggi, yuk? Daripada harus jauh-jauh ke Purwakarta, kamu juga bisa menyajikan sate manis dengan sambal rawit tomat ini di rumah.

Sate sapi khas Jawa Barat ini biasanya diolah dari daging sapi atau daging kambing. Jadi buat kamu yang kebetulan mendapat daging kurban berupa daging kambing, jangan lupa juga coba resepnya.

Cara Membuat Sate Maranggi Empuk dan Tidak Alot

Apakah daging sapi perlu dicuci lebih dulu? Atau apa rahasia resep sate sapi empuk? Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya sering muncul saat akan mengolah sate sapi. Supaya nggak bingung, yuk, simak tips di bawah ini!

  1. Potong-potong daging dengan ukuran seragam agar lebih mudah matang bersamaan.
  2. Setelah dipotong-potong, daging sapi tak perlu dicuci lebih dulu. Bungkus dengan daun pepaya selama 30 menit sehingga zat yang terkandung di dalamnya dapat mengempukkan daging.
  3. Selain pepaya, kamu juga dapat menggunakan nanas parut sebagai bahan pengempuk daging.
  4. Lumuri daging sapi bersama bumbu yang ada dalam resep sate maranggi empuk ini. Biarkan selama 1 jam supaya daging menyerap bumbu dengan baik.
  5. Bakar atau panggang sate hingga matang. Bila daging sudah mengeluarkan minyak atau mengilap, artinya sate sudah matang. Hindari memanggang sate terlalu lama supaya tekstur tidak kering dan jadi alot.
  6. Jangan lupa gunakan Bango Kecap Manis yang memang selalu jadi jodohnya sate. Bango akan membuat masakan tradisional terasa lebih otentik.

Yuk, jangan lupa praktikkan cara membuat sate maranggi empuk ini! Untuk resep dan cara membuat sate daging sapi lainnya coba juga resep sate klopo, sate rembiga, dan sate sapi bumbu ketumbar. Untuk resep enak lainnya, simak juga akun InstagramMasak Apa Hari Iniya!

 

Bahan

4
Porsi

Bahan:

500
g daging sapi
5
lembar daun pepaya
1
sdm gula merah
2
sdm air asam jawa
½
sdt lada bubuk
2
sdm minyak sayur

Bumbu halus

2
siung bawang putih
5
butir bawang merah
1
cm jahe
1
cm lengkuas
1
sdt ketumbar butiran

Bahan pelengkap

2
sdm bawang merah goreng

Cara membuat

sate maranggi
1

Bungkus daging yang sudah dipotong dadu menggunakan semua daun pepaya. Lalu, diamkan selama 30 menit agar empuk.

sate maranggi
2

Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan lengkuas.

sate maranggi
3

Panaskan minyak dengan api sedang. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang.

sate maranggi
4

Campur daging dengan bumbu yang sudah ditumis, tambahkan air asam jawa, lada, Royco Kaldu Sapi, sedikit minyak dan gula merah. Aduk hingga tercampur rata, lalu diamkan 1 jam hingga bumbu meresap.

sate maranggi
5

Tusuk sate dengan tusukan sate.

sate maranggi
6

Bakar sate menggunakan grilling pan. Oleskan Kecap Bango Manis Pedas Gurih ke atas daging dan bakar terus hingga matang.

Resep masakan Indonesia berupa sate maranggi siap tersaji.
7

Sajikan Sate Maranggi dengan taburan bawang merah dan ditemani sambal kecap.

Masakan berkualitas memang membutuhkan investasi waktu yang juga tidak sedikit, tapi hasilnya jelas akan membahagiakan seluruh keluarga! Semoga resep Sate Maranggi ini bisa membuatmu bersemangat menggali banyak kekayaan kuliner Nusantara lainnya. Cek juga Resep Sate Maranggi Purwakarta yang tidak kalah lezatnya. Selamat mencoba!

Produk

Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr