Resep Sate Maranggi yang Legit dan Nikmat

Beragam keistimewaannya membuat Sate Maranggi bersaing ketat dengan kelezatan sate-sate lainnya dari seantero Nusantara. Ingin bisa membuatnya? Berikut Chef Panji bagi resepnya.

1jam
4 Porsi
Level chef panji
Chef Panji|Juni 6, 2018

Meski sepertinya Indonesia baru merdeka beberapa puluh tahun yang lalu, tapi sudah begitu banyak koleksi hidangan dari seluruh Nusantara yang mewarnai perbendaharaan kulinernya. Salah satu resep jadul yang tenar hingga keluar negeri adalah Sate Maranggi.

Berbeda dengan banyak resep lainnya, Sate Maranggi dikenal karena penggunaan daging sapinya. Sebelumnya, daging telah dimarinasi dengan berbagai bumbu sehingga hasil akhirnya relatif tidak membutuhkan bumbu cocolan tambahan. Tapi tentu sah-sah saja bila ada yang menginginkan tambahan sambal kecap pedas untuk rasa yang lebih menggigit, cabai rawit, ataupun acar. Tapi legit dan juicy-nya sate daging sapi maranggi ini bagi saya sudah lengkap adanya. Tambahkan satu porsi nasi yang ditaburi bawang goreng merah, wah rasanya sudah tidak ada yang menandingi makan hari ini dengan hidangan apapun lainnya.

Begitu banyak teori yang mengisahkan asal usul resep Sate Maranggi ini. Selain ada versi lainnya yang berasal dari Cianjur, konon juga yang pertama menciptakannya adalah seseorang bernama Mak Ranggi ratusan tahun yang lalu di Purwakarta. Dari legenda inilah nama sate ini berasal. Satu versi lainnya adalah akulturasi teknik kuliner Tiongkok yang diperkenalkan para pendatang di masa lampau. Teknik memarinasi daging dengan rasa yang kaya dan manis ini konon mirip dengan dendeng. Menarik, mengingat banyak versi sate lainnya di Indonesia yang lebih mengandalkan bumbu oles ketimbang proses marinasi.

Namun apapun ceritanya, Sate Maranggi adalah satu koleksi kuliner Indonesia yang sangat layak dilestarikan. Terlebih sebagai salah satu dari beberapa masakan khas Nusantara yang telah dikenal di mancanegara terlebih dahulu dibandingkan lainnya. Bagi para penggiat kuliner, inilah waktunya untuk bersemangat mencoba memasaknya dan mempromosikan kehebatannya ke seluruh penjuru dunia!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis Pedas
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis Pedas Gurih
Lihat produk
Royco Kaldu Rasa Sapi
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Sapi
Lihat produk

Bahan utama

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 1 sdt ketumbar butiran

Bahan pelengkap

Cara membuat

sate maranggi
1

Bungkus daging yang sudah dipotong dadu menggunakan semua daun pepaya. Lalu, diamkan selama 30 menit agar empuk.

sate maranggi
2

Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan lengkuas.

sate maranggi
3

Panaskan minyak dengan api sedang. Lalu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang.

sate maranggi
4

Campur daging dengan bumbu yang sudah ditumis, tambahkan air asam jawa, lada, Royco Kaldu Sapi, sedikit minyak dan gula merah. Aduk hingga tercampur rata, lalu diamkan 1 jam hingga bumbu meresap.

sate maranggi
5

Tusuk sate dengan tusukan sate.

sate maranggi
6

Bakar sate menggunakan grilling pan. Oleskan Kecap Bango Manis Pedas Gurih ke atas daging dan bakar terus hingga matang.

sate maranggi
7

Sajikan Sate Maranggi dengan taburan bawang merah dan ditemani sambal kecap.

Masakan berkualitas memang membutuhkan investasi waktu yang juga tidak sedikit, tapi hasilnya jelas akan membahagiakan seluruh keluarga! Semoga resep Sate Maranggi ini bisa membuatmu bersemangat menggali banyak kekayaan kuliner Nusantara lainnyaSelamat mencoba!