Resep Keripik Bawang Bumbu Pedas untuk Lebaran - MAHI

Resep Keripik Bawang Bumbu Pedas, Suguhan Enak Saat Kumpul Lebaran

Simpan ke bagian favorit

Untuk kamu yang mencari resep camilan saat kumpul keluarga Lebaran, ayo coba yang satu ini! Resep keripik bawang dengan bumbu pedas bikin nagih!

1jam
6 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|April 29, 2022

Sulit membayangkan Lebaran tanpa kehadiran berbagai makanan khasnya. Dari camilan hingga makanan berat, Idul Fitri punya segala kekhasannya. Khusus untuk menu camilan, semua bakal merasa kehilangan bila aneka kue Lebaran tidak menghiasi meja ruang tamu. Begitupun juga camilan yang satu ini dan wajib kamu coba buat tahun ini – resep keripik bawang!

Mengolah resep keripik bawang

Seperti halnya membuat kulit pangsit ataupun pasta, kamu perlu membuat adonannya terlebih dahulu. Gunakan paduan tepung terigu, tepung sagu, merica, garam, serta bubuhan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng dan Royco Kaldu Ayam. Aduk rata dan lengkapi adonan dengan tambahan keju, margarin, telur, dan daun seledri. Aduk kesemuanya hingga adonan kalis dan siap untuk diolah lebih lanjut.

Gunakan rolling pin untuk pastry agar adonan menjadi rata dan terus giling hingga semakin tipis. Kemudian potong-potong membentuk belah ketupat dan kumpulkan dalam wadah berisi tepung terigu. Proses terakhirnya adalah menggoreng adonan yang telah dipotong-potong tersebut sedikit demi sedikit. Setelah matang dan renyah, angkat kemudian tiriskan. Sajikan saat olahan resep keripik bawang pedas sudah tidak panas lagi.

Koleksi keripik lainnya dari Masak Apa Hari Ini

Untuk melengkapi keceriaan, kamu juga bisa menyiapkan aneka jenis keripik lainnya. Dari yang sangat lokal hingga dengan sentuhan internasional, Masak Apa Hari Ini punya solusinya untuk kamu. Misalnya kamu bisa mencoba keripik singkong dengan salsa tomat dan saus guacamole a la Mexico. Singkong menjadi pengganti nachos yang biasa terdapat pada masakan Mexico atau Tex-Mex. Inilah snack internasional dengan sentuhan kearifan lokal.

Kemudian ada juga keripik tempe yang ternyata mudah untuk dibuat. Hanya dengan berbekal sedikit bahan saja, kamu bisa menciptakan camilan cepat yang bisa disuguhkan kapan saja untuk para tamu. Terakhir, ada juga keripik bayam yang selalu jadi favorit karena kerenyahannya. Pelajari cara membuatnya dengan menonton video resepnyaya!

Terakhir, pastikan untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Seru!

Bahan-bahan

  • 450 g tepung terigu
  • 3 sdm tepung sagu
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt garam
  • 100 g keju parmesan/edam, parut
  • 2 batang seledri, cincang halus
  • 75 g margarin, lelehkan
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 150 ml air es
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Ayak bersama tepung terigu dan tepung sagu. Masukkan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng, Royco Kaldu Ayam, merica, dan garam, aduk rata.

2

Tambahkan sisa semua bahan kecuali minyak, aduk hingga menjadi adonan yang kalis.

3

Ambil sebagian adonan, gilas menggunakan rolling pin atau alat penggiling pasta/ mie. Giling hingga setebal 0,3 cm dan potong-potong membentuk belah ketupat ukuran 4 cm. Letakkan di atas wadah datar yang sudah ditaburi tepung terigu.

4

Panaskan minyak, goreng secara bertahap atau sedikit demi sedikit keripik hingga matang dan garing. Angkat dan tiriskan. Biarkan hingga tidak panas. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.