Resep Bakso Solo Asli Buatan Sendiri

Ingin masak dengan tantangan baru? Bagaimana kalau membuat bakso dan kuahnya sendiri dari nol? Kali ini Chef Panji mau membagikan resep Bakso Solo asli yang ditanggung super enak!

1jam 30mnt
3 Porsi
Level chef panji
Chef Panji|April 20, 2018

Semerakyat-merakyatnya hidangan bakso, kita tidak bisa meremehkan nilai penting yang dibawanya. Untuk banyak usaha bakso yang serius, semuanya butuh persiapan dan kerja keras. Layaknya restoran ramen dari Jepang, bisnis ini juga membutuhkan ketelitian dan keseriusan dalam membuat kuahnya serta baksonya sendiri. Salah satu contohnya di sini adalah mereka yang serius menggeluti resep bakso Solo asli.

Mungkin banyak yang berpendapat kalau bakso lebih baik membeli saja. Memang benar praktis. Malah banyak bakso yang berkualitas dijual di pasaran. Tapi kalau masak bareng aku, yang semua kita buat haruslah homemade karena banyak alasan. Dengan membuat sendiri bakso dan kuahnya, kita mengetahui pilihan serta kualitas daging dan mengetahui cara membuat bakso serta kuahnya.

Lebih repot, pasti, tapi kita semua belajar masak dan berlomba-lomba ingin jadi yang terbaik. Mau dong sekali-sekali siapkan yang terbaik untuk keluarga sendiri?

Oke, kita mulai mulai masak yuk.

Pertama, daging sapi giling dan balungan kaki sapi adalah yang akan kita gunakan. Saat bersiap memasak, campur daging giling dengan es batu, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Kali ini kita menggunakan food processor agar adonan ini tercampur merata dan juga cepat. Setelah itu gunakan sendok makan, ambil adonan, dan mulai kita membentuk satu per satu menjadi bakso.

Nah inilah yang perlu kita apresiasi dari usaha bakso yang homemade. Proses pembuatan ini begitu rutin dan terdengar membosankan, apalagi kalau seharinya mereka menjual ratusan bahkan ribuan butir bakso. Tapi dengan belajar sendiri di rumah, kita sebetulnya menciptakan resep bakso kita sendiri dan pasti ada kebanggaannya. Ingat, practice makes perfect, jadi jangan khawatir kalau bentuknya tidak sempurna. Lama-lama bentuknya akan bagus dan hasil akhirnya sedap.

Tahap lainnya adalah membuat kaldu dengan menggunakan kaki sapi dan berbagai bumbu lainnya. Untuk yang satu ini bisa kita masak cukup lama agar kuah semakin sedap. Dengan demikian, resep Bakso Solo asli ini sudah jadi dan siap disantap untuk menemani kesibukanmu hari ini. Kurang masakan lainnya? Jangan segan coba resep-resep yang sudah Chef bagi juga ya!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk

Bahan bakso

  • 500 g daging sapi giling
  • 1 butir telur ayam
  • ¼ g bawang putih dihaluskan
  • 100 g tepung kanji
  • 50 g es batu
  • 1 sdt lada putih bubuk

Bahan kuah bakso

  • 1 buah balungan kaki sapi
  • ¼ kg bawang putih dihaluskan
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 3 L air, untuk kuah

Bahan pelengkap

Cara membuat

1

Campur daging sapi giling, es batu, telur dan bumbu. Haluskan menggunakan food processor.

2

Tambahkan tepung kanji sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tuang adonan ke dalam wadah.

3

Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat dan masukkan bakso ke dalam air yang sedang mendidih.

4

Biarkan hingga terapung (tandanya bakso sudah matang). Angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

5

Cara membuat kuah bakso: Masukkan semua bumbu, bahan kuah bakso masak dan rebus bersama balungan kaki sapi. Rebus agak lama hingga menjadi kaldu. Gunakan Royco Kaldu Sapi untuk menambah rasa gurih dan rempah-rempah.

6

Siapkan rebusan bihun di dalam mangkok. Tambahkan seledri, bawang goreng, bakso, serta kuahnya.

7

Hidangkan beserta saus tomat, sambal dan jangan lupa Kecap Manis Bango yang membuat bakso menjadi enak dan mantap.

Apakah proses pembuatan bakso solo ini cukup menantang buat kamu — bahkan jika dibandingkan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga lainnya? Kuharap pengalaman masak bareng kali ini cukup seru dan akan memotivasi kamu untuk lebih banyak berlatih lagi di dapur.


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/270/bakso-solo-asli/

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.