Resep Kembang Kol Panggang Creamy untuk Sahur - MAHI

Resep Kembang Kol Panggang Creamy, Menu Panggangan Sehat untuk Sahur

Simpan ke bagian favorit

Resep kembang kol panggang creamy dengan daging ayam ini bisa jadi menu hangat bergizi saat sahur di bulan Ramadan. Coba cara membuat, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 27, 2022

Ada saja masa-masanya kamu mungkin tidak sedang berselera menyantap menu nasi di kala sahur tiba. “Terlalu berat”, bisa menjadi alasan di balik keenggananmu. Atau mungkin saja saat buka puasa malam sebelumnya kamu terlalu kenyang. Betul, ada kalanya kamu ingin mencoba yang baru dan lebih ringan, namun tetap terasa berisi dan mengenyangkan. Resep kembang kol yang dipanggang dengan ayam dan bertekstur creamy ini bisa jadi jawabannya!

Keunggulan resep panggangan

Santap sahur dengan resep panggangan mungkin bukan hal yang terlalu familiar di Indonesia. Padahal menu panggangan relatif lebih sehat dari misalnya menu yang digoreng untuk sahur. Nasi goreng adalah menu yang mudah dan menyenangkan, tapi keberadaan minyak belum tentu jadi berita baik untuk sebagian kalangan. Begitupun dengan pendampingnya yang bisa jadi merupakan makanan yang digoreng. Menu panggangan relatif lebih sehat karena cukup minim minyak dan proses pemanggangan tidak mengurangi begitu banyak nutrisi bila dibandingkan dengan gorengan.

Kembang kol sudah lama digunakan sebagai pengganti nasi di kalangan vegetarian. Rupanya sayuran yang satu ini juga cocok sebagai bahan utama untuk dipanggang. Dipadukan dengan ayam, maka kandungan gizinya sudah komplet dan bisa dinikmati siapa saja dari anak-anak hingga dewasa.

Resep kembang kol panggang

Untuk membuat resep kembang kol panggang ini, pertama-tama kita siapkan dahulu tumisan daging ayam yang dibumbui garam dan merica serta bawang putih dan bawang bombay. Sisihkan terlebih dahulu dan panaskan oven terlebih dahulu. Sembari menunggu oven menjadi panas, masak dahulu susu cair bersama Royco Sup Krim Ayam hingga mengental. Lanjutkan dengan menambahkan pala dan keju serta tumisan ayam dan kembang kol yang sudah diblansir sebelumnya.

Tuangkan paduan ayam dan kembang kol dalam pinggan tahan panas dan bubuhkan tambahan keju parmesan dulu sebelum dipanggang. Proses pemanggangan cukup berlangsung selama 20 menitan saja. Sajikan selagi hangat!

Proses membuat resep kembang kol panggang ini bisa kamu lakukan dalam sekejap di pagi hari, atau sudah dipersiapkan matang sejak semalam sebelumnya. Apabila demikian, kamu cukup menghangatkannya saja saat sahur tanpa harus menunggu lama. Praktis, lezat, dan bergizi, jadikan resep kembang kol panggang yang creamy ini sebagai menu favorit baru di rumah!

Bahan-bahan

  • 700 g kembang kol, siangi, blansir
  • 250 g filet dada ayam tanpa kulit, potong kotak 3 cm
  • 5 sdm keju parmesan parut
  • 80 g keju cheddar parut
  • 700 ml susu cair
  • 50 g bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 2 sdm mentega, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging ayam, tumis hingga kaku. Tambahkan garam dan merica, aduk rata. Masak hingga setengah matang. Angkat. Sisihkan.

2

Panaskan oven pada suhu 200° C.

3

Hangatkan susu cair, masukkan Royco Sup Krim Ayam dan masak sambil diaduk hingga mengental. Tambahkan pala bubuk, keju cheddar, dan 1 sdm keju parmesan, aduk rata. Angkat. Masukkan tumisan daging ayam dan kembang kol, aduk rata.

4

Siapkan pinggan tahan panas. Tuang campuran kembang kol, taburi dengan sisa keju parmesan. Panggang selama 20-25 menit. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.