Resep Nasi Goreng Kembang Kol - Masak Apa Hari Ini?

Resep Nasi Goreng Kembang Kol, Pilihan Baru yang Lebih Sehat

Simpan ke bagian favorit

Resep nasi goreng kembang kol gurih adalah kreasi baru yang lebih sehat namun tetap nikmat. Langsung coba yuk resep praktis ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Maddie|Oktober 15, 2019

Resep nasi goreng kembang kol gurih bisa kamu coba di rumah untuk keluarga. Menu ini jadi pilihan yang lebih sehat namun tetap nikmat. Dicampur dengan sayuran dan telur, rasa manis dan gurihnya siap menggoyang lidahmu!

Cerita nasi goreng kembang kol

Siapa yang tidak suka dengan nasi goreng? Dengan bumbu dasar yang sama, kali ini kita mengganti nasi dengan kembang kol yang diparut. Tenang, tidak ada perbedaan rasa yang mencolok meski tekstur parutan kembang kol lebih halus. Untuk isiannya, kita gunakan jagung pipil dan kacang polos. Keduanya bukan hanya memberikan tekstur renyah, melainkan juga memberi rasa manis. Lalu campur dengan telur orak-arik yang terasa gurih.

Penggunaan kembang kol sebagai pengganti nasi ini memang tengah populer di belahan dunia lain. Khususnya menjadi populer karena dianggap sebagai pengganti yang sehat dan bisa merepresentasikan hadirnya nasi dalam sebuah hidangan. Meskipun teksturnya cukup berbeda, kembang kol dipilih karena berbentuk butiran hasil parutan pada sayurnya. Di Indonesia sendiri jelas mudah menemukan kembang kol dan aplikasinya rata-rata hanya dipakai pada sup ataupun tumisan sayur. Dengan resep ini, kamu bisa menggunakan kembang kol untuk satu hidangan baru yaitu “nasi goreng”.

Resep makanan rumahan unik lainnya

Selain nasi goreng kembang kol yang unik ini, kamu juga bisa mencoba panganan dari Masak Apa Hari Ini yang tak kalah istimewa. Yuk, simak tiga resep berikut ini!

1. Wajik

Biasanya pemanis dan pewarna menggunakan gula merah saja. Untuk resep makanan rumahan ini, aku tambahkan Bango Kecap Manis Light ke dalam adonannya. Untuk membuat wajik, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Rendam ketan terlebih dahulu sebelum dikukus agar lebih cepat lunak saat dikukus. Tambahkan daun pandan agar hasilnya wangi dan tidak langu.

Olesi loyang dan daun pisang dengan sedikit minyak secara merata agar tidak menempel saat dipotong dan tersaji. Tak hanya itu, lapisi pisau dengan plastik agar ketannya tak menempel pada pisau. Hasilnya, wajik tampil cantik dan hasil memasak bisa kamu nikmati sepenuhnya tanpa ada residu.

Resep lengkap wajik.

2. Kue cucur gurih

Kue khas Betawi ini terkenal di Indonesia hingga sejauh Malaysia, bahkan Thailand. Uniknya, kali ini kita tambahkan kecap agar camilan tradisional ini punya ciri khas baru saat dinikmati bersama keluarga di rumah.

Pertama, rebus dahulu gula merah, gula pasir, serta daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Masukkan larutan gula dengan gabungan tepung beras dan tepung terigu. Jangan lupa tambahkan sedikit Bango Kecap Manis Light di fase ini. Rasa dari kecap ini yang akan menjadikan kue cucur semakin menarik.

Resep lengkap kue cucur gurih.

3. Bubur merah putih

Resep bubur merah putih ini selalu hadir menyertai penyambutan kelahiran anak di keluarga Jawa. Adanya bubur dua warna dalam perayaan tersebut adalah sebagai ucapan syukur atas kelahiran anak dalam keluarga. Tersaji dalam wadah daun pisang berbentuk persegi, bubur merah dan bubur putih yang disajikan berdampingan. Ini berarti bahwa seorang bayi baru lahir hadir berkat bibit dari ayah (bubur putih) dan bibit ibu (bubur merah).

Meski sesungguhnya warnanya tidak merah namun kecokelatan, bubur ini sebetulnya hanya diberi cita rasa gula merah dan dimasak bersama santan. Bubur nasi dipilih karena padi merupakan produk pertanian yang sangat akrab dengan masyarakat Jawa. Bubur yang bertekstur halus ini melambangkan harapan bahwa nantinya kehidupan sang bayi akan berjalan mulus, manis, memiliki keberanian (merah) dan selalu berjalan di jalan kehidupan yang suci (putih).

Resep bubur merah putih.

Bagaimana dengan pilihan makanan hari ini? Unik dan menarik, bukan? Yuk, kita bergegas di dapur dan masak untuk santap di rumah saja!

Bahan-bahan

Bahan

  • 200 g kembang kol, potong bonggol, parut halus
  • 75 g jagung pipil
  • 75 g kacang polong
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 4 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.

2

Masukkan telur, kembang kol, jagung, dan kacang polong. Aduk rata.

3

Masukkana Bango Kecap Manis Light dan garam. Aduk rata.

4

Angkat dan sajikan.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Bango.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.